Sponsors Link

10 Manfaat Hipnotis Menurut Psikologi

Sponsors Link

Hipnotis bisa berperan di hampir semua bidang kehidupan yang melibatkan pikiran manusia. Hipnotis merupakan sebuah keilmuan yang memanfaatkan mental dan potensi terpendam dalam diri manusia yang dikenal sebagai alam bawah sadar. Seperti keyakinan, semangat, keinginan, hati nurani, imajinasi, pengalaman inderawi, ingatan – ingatan, dan potensi lainnya.

ads

Pemanfaatan hipnotis di masa lalu memang menggunakan cara – cara yang dianggap mistis seperti penggunaan kemenyan, air berkah, doa dan mantra, dan beragam ritual lain yang biasa dilakukan dalam kegiatan perdukunan. Baca juga mengenai : cara menghilangkan panik yang berlebihan

Di zaman modern, tepatnya di masa keilmuan psikologi muncul. Manfaat Ilmu Hipnotis yang diperoleh dari kegiatan yang sangat 100% ilmiah dan bukan klenik. Karena manfaat hipnotis ini bisa dipelajari oleh siapapun tanpa ada persyaratan dan ritual – ritual apapun. Serta tidak memanfaatkan kekuatan alam gaib. Berikut ini adalah 10 Manfaat Hipnotis Menurut Psikologi : Baca juga mengenai : pentingnya kesadaran jiwa bagi kesehatan

1. Untuk kesehatan

Medical Hipnotis adalah penggunaan hipnotis untuk kepentingan medis, terutama oleh dokter ahli bedah dan dokter gigi untuk menciptakan efek anasthesia tanpa menggunakan obat bius. Baca juga mengenai : tanda alam bawah sadar pria tertarik pada wanita

John Elliotson (1791-1868) menggunakan hipnotis untuk melakukan pembedahan tanpa rasa sakit. Pada masa itu belum ditemukan anastesi (obat bius) sehingga ia menggunakan hipnotis untuk menimbulkan efek anasthesi. Baca juga mengenai : tingkatan kesadaran dalam psikologi

Dr. Sigmund Freud (1856-1939) seorang Psikolog asal Austria menggunakan hipnotis sebagai alat psikologis penyembuhan gejala neurosis. Baca juga mengenai : fakta tentang ingatan manusia menurut psikologi

Pencabutan gigi pertama menggunakan hipnotis berhasil dilakukan pertama kali th 1823. Proses melahirkan menggunakan hipnotis (hypnobirthing) juga dilakukan pertama kali tiga tahun berikutnya. Selama Perang Dunia I dan II hipnotis sangat banyak membantu dalam perawatan dan pengobatan korban perang, terutama para prajurit.

2. Menampilkan kemampuan seseorang

Manfaat lain dari hipnotis adalah sebagai pertunjukan, hiburan, public speaking, dan juga presentasi. Dinamakan Stage Hipnotis karena awalnya hanya diperankan diatas panggung. Beberapa acara TV yang menampilkan seseorang dengan kemampuan hipnotis tentu sudah sangat akrab dimata kita.

Stage Hipnotis umumnya dilakukan secara massal, yaitu dengan cara menghipnotis banyak orang dalam waktu bersamaan, terkadang hingga mencapai ratusan orang atau lebih. Karena itulah kemampuan hipnotis juga dapat digunakan ketika seseorang melakukan public speaking ataupun presentasi.

3. Untuk keamanan atau di bidang kepolisian

Dalam penyelidikan kepolisian, hipnotis biasanya digunakan untuk menggali informasi dari para saksi. Sebuah kejadian traumatis seperti dalam kasus kejahatan yang menakutkan cenderung membuat pikiran bawah sadar menyembunyikan ingatan yang lengkap tentang kejadian tersebut agar tidak dapat diingat oleh pikiran sadar.

Tujuan pikiran sadar menyembunyikan informasi itu sesungguhnya untuk kebaikan diri sendiri, karena apabila ingatan itu muncul, maka trauma dan rasa takut akan muncul tanpa sebab. Dengan bantuan hipnotis, para korban atau saksi akan bisa mengingat dengan jelas dalam kondisi pikiran yang tenang.

4. Mengetahi fenomena

Metaphysical Hipnotis adalah aplikasi hipnotis dalam meneliti berbagai fenomena metafisik seperti Out of Body Travel, Clairvoyance, Clairaudience, komunikasi dengan inner-self, meditasi, mengakses kekuatan superconscious dan eksperimen-eksperimen metafisika lainnya.


5. Menyembuhkan gangguan mental

Hipnotis atau Clinical Hipnotis merupakan aplikasi hipnotis dalam menyembuhkan gangguan mental dan meringankan gangguan fisik. Hipnotis telah terbukti secara medis mampu mengatasi berbagai macam gangguan psikologis maupun fisik. Hipnotis tidak seperti cara penyembuhan lain yang mengobati gejala (simptom) atau akibat yang muncul, namun berurusan langsung dengan penyebabnya. Dengan menghilangkan penyebabnya maka secara otomatis akibat yang ditimbulkan akan lenyap atau sembuh.

6. Menangani emosi

Penanganan masalah mental dan emosi juga bisa disembuhkan dengan pendekatan hipnotis. Hipnotis dapat menyembuhkan masalah pada pikiran manusia dalam waktu yang jauh lebih cepat dan bersifat permanen.

7. Mengelola pikiran bawah sadar

Keadaan terhipnotis merupakan kondisi alamiah yang kita temukan dari setiap orang. Contohnya adalah, saat kita nonton tv atau kita mengendarai mobil atau motor, kita menjadi fokus mengamati jalan, dan fokus ini adalah kondisi hipnotis. Jadi bisa diartikan keadaan hipnotis adalah suatu kondisi dimana perhatian kita terpusat kepada diri kita.

Dan terkadang saat mengendarai sebuah kendaraan di jalan yang sering kita lewati, perjalanan menjadi terasa lebih dekat dibanding saat pertama kali. Mengapa ? Saat pertama kali melewati jalan tersebut, kondisi sadarlah yang berperan. Sedangkan saat sudah sering itu merupakan kondisi terhipnosis sehingga tidak perlu berpikir keras untuk menelusuri jalan yang sudah sering kita lewati. Sehingga tanpa disadari pula kita sudah sampai pada tujuan.

 8. Sebagai hiburan

Anda sudah pernah melihat tayangan hipnotis di televisi ? Di dalam penayangannnya, Hipnotis dijadikan sebagai konsumsi hiburan. Hipnotis dengan manfaat seperti ini sering disebut sebagai acara hipnotis bertujuan untuk Show dan memunculkan decak kagum dan perasaan terhibur serta tertawa.

9. Meminta orang lain melakukan kebaikan

Hipnotis bila diterapkan dalam komunikasi persuasi anda akan banyak sekali manfaatnya. Karena dengan teknik Hypnotic Language Pattern (Pola Bahasa yang Menghipnotis) kita bisa mempengaruhi orang lain untuk membeli, melakukan apa yang kita perintahkan, memiliki kesan yang mendalam pada kita, dan beragam hal lainnya. Termasuk pada pemanfaatan memunculkan pengaruh dan karisma anda dalam berbicara.

10. Manfat lainnya

Beberapa manfaat lain dalam penerapan Hipnotis antara lain adalah :

  • Menghilangkan kebiasaan buruk 
  • Menghilangkan kecanduan, rasa lapar, dsb
  • Meningkatkan fokus dan konsentrasi
  • Menyembuhkan amnesia
  • Menghilangkan pikiran negatif, trauma, dsb
  • Menghilangkan stress
  • Menyembuhkan Schizophrenia
  • Rasa kurang berdaya, tidak percaya diri, merasa kurang mampu dan takut melakukan sesuatu seringkali dialami sebagian besar orang, mungkin termasuk anda. Dengan teknik hipnotis hal ini dengan mudah diatasi.
  • Melalui teknik pengelolaan mental dan menelusuri potensi terpendam, anda akan mampu mengelola mental block yang menghambat keberhasilan anda menjadi sebuah empowerment terhadap tujuan hidup anda agar lebih baik lagi.
  • Teknik Hipnotis pun digunakan oleh para pekerja sosial dan Self Helper dalam mengatasi bencana seperti bantuan Trauma Healing, Mengatasi kesedihan, Sebagai Konselor, Psikolog, Psikiater dan profesi lainnya.
  • Dengan memanfaatkan emosi dan pengalaman secara mental, teknik hipnotis sangat membantu untuk mengembalikan seseorang pada kondisi terbaiknya dengan cara yang lebih mudah dan lebih cepat.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi