Sponsors Link

6 Alasan Mengapa Emosi Perlu Dikendalikan Menurut Psikologi

Sponsors Link

Memiliki temperamental tinggi bisa menimbulkan masalah pada kejiwaan dan respon orang di sekitar Anda. Emosi yang tidak bisa di kontrol dapat menyebabkan berbagai reaksi psikis dan fisik yang berdampak kepada penyakit. Contoh riwayat darah tinggi, dengan emosi yang naik justru akan membuat kondisi darah tinggi semakin meningkat dan akhirnya timbullah stres. Contoh hubungan antara kecerdasan emosional dan spiritual.

ads

Karena itu sangat penting untuk mengatasi emosi di saat kondisi memuncak, hal ini untuk mencegah terjadinya situasi yang tidak baik bagi diri Anda. Berikut ini ketahuilah alasan mengapa emosi perlu dikendalikan seperti contoh di bawah ini:

1. Menghindari Berbagai Penyakit

Salah satu dampak emosi yang tidak terkendali adalah dapat menyebabkan penyakit datang kepada diri Anda. Seperti darah tinggi, sesak nafas, jantung berdebar, keringat dingin dan asam lambung meningkat.

Apabila kondisi emosi Anda tidak bisa dikontrol maka bisa jadi penyakit yang ada dalam diri Anda semakin serius dan berdampak pada kondisi lainnya. Ketahui hubungan kecerdasan emosional dengan penyesuaian diri.

Baca juga :

2. Meningkatkan Kecerdasan Emosional

Selanjutnya yang menjadi alasan mengapa emosi perlu dikendalikan adalah dimana pengendalian emosi mampu meningkatkan kecerdasan emosi diri. Dengan membiasakan diri dalam mengontrol emosi dan juga dalam mengendalikan emosi, maka kecerdasan seseorang bisa mengingkat. Dimana kecerdasan emosional sendiri merupakan kemampuan seseorang dalam mengenali, mengelola dan mengendalikan emosi yang ia miliki.

3. Menjauhkan dari Hal Buruk

Banyak orang telah mengetahui berbagai hal buruk atau kemungkinan buruk yang akan terjadi akibat dari ketidakmampuan untuk mengontrol emosi dalam diri. Karena bisa jadi seringnya melakukan tindakan yang membuatnya emosi akibat dari lingkungan sekitar juga yang mempengaruhinya atau faktor lain.

Karena dari itu jangan biarkan berbagai hal atau kemungkinan buruk terjadi pada diri Anda karena kurangnya mengontrol emosi.  Berikut jenis jenis emosi yang mengganggu kesehatan mental.

4. Pikiran dan Hati Lebih Tenang

Alasan mengapa emosi perlu dikendalikan lainnya adalah membuat pikiran dan jiwa Anda jauh lebih tenang. Emosi yang meningkat tentu saja dapat membuat perasaan Anda menjadi kalut, cemas, panik dan tidak bahagia.

Karena itu hindari dan cegah emosi Anda dengan melakukan kegiatan yang Anda sukai, atau pada saat emosi segeralah mencuci muka agar emosi bisa dikendalikan.

Baca juga :

5. Menghindari Pertikaian

Pentingnya mengontrol emosi juga menghindari diri dari pertikaian, pertengkaran, cek cok dan sebagainya. Karena umumnya orang yang sudah emosi pasti akan gelap mata dalam artian lupa segalanya. Saat emosi juga orang akan sulit mengontrol sehingga ia tidak tahu apa yang sudah ia lakukan.

Mereka akan sadar setelah kejadian emosi mereda, tentu saja apabila sampai membahayakan orang lain hal tersebut tidak bisa didiamkan begitu saja. Simak hubungan kecerdasan emosi dengan pengendalian diri dalam Psikologi.

6. Mencegah Menyakiti Perasaan Orang Lain

Penting juga dalam mengendalikan emosi adalah menghindari dari menyakiti perasaan orang lain. Emosi bisa ditunjukkan dari lisan dan tindakan, apabila emosi dari lisan tentu saja bisa menyebabkan orang lain menjadi marah dan juga kecewa.

Karena itu timbul adanya pertikaian atau cek cok mulut. Sebaiknya lampiaskan kemarahan Anda dengan tindakan lain yang tidak melibatkan orang lain.

Demikianlah beberapa contoh dan penjelasan alasan mengapa emosi perlu dikendalikan. Semoga bisa dijadikan sebagai manfaat juga ilmu dalam mengendalikan emosi yang bisa berdampak buruk.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi