Sponsors Link

13 Pentingnya kecerdasan emosi bagi wanita

Sponsors Link

Kecerdasan Emosional atau yang biasa disebut Emotional quotient memang sangat perlu dimiliki oleh semua orang. Khususnya bagi seorang wanita. Wanita yang cerdas tentunya bisa memiliki keturunan yang cerdas pula.  Pentingnya kecerdasan emosi bagi wanita akan sangat mempengaruhi kualitas dari keturunan yang dimiliki. Hal tersebut juga bisa berhubungan dengan caranya merawat keluarga, mendidik anak- anaknya dan juga mengatur rumah tangganya, hal tersebut tentu bukanlah perihal yang mudah untuk dilakukan, karena membutuhkan skill tertentu.

ads

Kecerdasan emosi tentu akan berhubungan secara langsung dengan otak. Meskipun hal tersebut selalu dianggap tidak penting namun sebagai seorang wanita tentunya memang dituntut memiliki kecerdasan emosi yang baik. Hal tersebut juga akan mempengaruhi intensitas dari peranan wanita dalam hal tanggung jawab terhadap perannya. Hal ini juga yang bisa mencerminkan bahwa wanita memiliki peranan ganda di dalam keluarga.

Wanita memang dituntut memiliki agar selalu berpusat lebih mementingkan kebutuhan orang lain, dalam hal ini tentunya berhubungan dengan keluarga. Sehingga wanita juga diharuskan mementingkan pemenuhan kebutuhan keluarganya dibandingkan dengan orang lain. Dari adanya harapan tersebut maka pentingnya kecerdasan emosi bagi wanita dapat memberikan pengaruh yang baik. Diantaranya:

1. Menjaga keharmonisan keluarga
Sebagai seorang wanita, khususnya seorang ibu dan juga istri dalam sebuah keluarga sangatlah penting memiliki sebuah kecerdasan emosi. Dimana sebuah kecerdasan emosi bisa menjadi stimulasi bagi perkembangan kehidupan keluarga. Salah satunya emosi anak dan juga personil keluarga lainnya. dengan adanya kecerdasan emosi dari ibu tentunya psikologis keluarga pun akan terjaga dengan baik. Dan hal tersebut tentunya akan mempengaruhi dari kualitas keharmonisan dan juga kehidupan keseharian anggota keluarga.

2. Menjaga kualitas kepribadian diri
Wanita yang baik, tentunya perlu memiliki kecerdasan emosi yang baik pula. Dalam hal ini seorang wanita tersebut mampu mengontrol diri dan juga kehormatan yang dimilikinya. Dalam psikologi kepribadian, tentunya hal- hal yang berkaitan dengan menjaga keutuhan dan kualitas diri dipandang sebagai sesuatu yang sangat penting. Sehingga dalam hal ini akan sangat berhubungan dengan caranya menjaga emosi yang dimilikinya.


3. Dapat menjaga psikologi anak
Jika kita hubungkan secara spesifik, wanita atau ibu yang memiliki kecerdasan emosi dengan baik, tentunya akan menjaga anak- anaknya dan keluarganya dalam keadaan psikologis yang baik pula. Anak- anak akan tumbuh menjadi pribadi yang baik dan juga memiliki kecerdasan emosi sebaik yang ditunjukkan oleh orang tuanya, dalam hal ini adalah ibunya sendiri. Anak- anak yang dibesarkan oleh ibu yang kurang memiliki kecerdasan emosi yang baik nantinya akan tumbuh menjadi anak- anak yang sulit diatur dan juga mengontrol emosinya.

Baca juga :


4. Mampu mengendalikan diri dengan baik

Seorang wanita memang membutuhkan kecerdasan emosi yang baik, karena hal tersebut akan mempengaruhi dari caranya untuk mengendalikan diri. Karena seorang wanita yang selalu melakukan sesuatu dengan gegabah atau terburu- buru nantinya akan sulit mengendalikan dirinya. Hal ini juga dapat kita ekspresikan melalui cara dirinya mengatur berbagai tindakan dan juga emosi yang dimilikinya.

5. Memiliki rasa empati
Pentingnya kecerdasan emosi bagi wanita adalah nantinya bisa memiliki rasa saling mengerti dan juga memahami untuk sebuah reaksi emosional yang dimiliki oleh orang lain. Hal tersebut juga tentunya dapat didukung dengan diri seorang wanita tersebut yang memiliki keadaan terhadap dirinya sendiri. Misalnya saja yang selalu mengantisipasi kebutuhan orang lain terlebih dahulu.

6. Memiliki motivasi diri yang baik.

Minat belajar tentunya akan berhubungan dengan sebuah motivasi seseorang. Dengan adanya kecerdasan emosi yang baik tentunya hal tersebut akan mempengaruhi dati minat belajar agar bisa memperbaiki kehidupan dirinya sendiri, misalnya saja dengan inisiatif, dan juga untuk bisa melakukan komitmen dengan diri sendiri.

7. Memiliki penerimaan yang baik di lingkungan sosial

Dalam hal lingkungan sosial tentunya akan sangat mempengaruhi dari kehidupan sosial di masyarakat. Misalnya, hal tersebut akan sangat berhubungan dengan psikis seseorang. Dan akan memiliki dampak dalam psikologis sosial seseorang tersebut. dengan memiliki kecerdasan emosi yang baik juga bisa membuat suasana kondusif dalam sebuah aspek emosi yang dimiliki oleh anak.


8. Dapat mengelola suasana hati dengan baik.
Suasana hati yang baik tentunya akan berkaitan dengan kondisi yang tenang dan hal itu pun akan mempengaruhi dari segala suasana. Dapat menghilangkan rasa gelisah yang ada dan juga mampu mengatasi segala macam rasa kesedihan yang dimiliki. Bahkan cara untuk menenangkan diri pun akan berkaitan dengan suasana hati serta mengontrol emosi dengan baik. Sehingga seorang wanita yang memiliki kecerdasan emosi tentunya bisa membuat suasana hati dirinya dan juga orang lain menjadi jauh terasa lebih baik lagi.

Baca juga :

9. Mampu mendorong dan mengendalikan hati
Seorang wanita yang memiliki kecerdasan emosi yang baik, tentunya memiliki karakteristik emosi dan juga rasa kesenangan yang akan mempengaruhi dirinya ke arah yang jauh lebih baik. Atau yang biasa dikenal dengan caranya menahan diri. Wanita tentu saja harus memiliki hal tersebut karena isa membuatnya jauh lebih memiliki rasa sabar dan juga menjadikan dirinya penuh perhitungan dalam mengontrol emosi.

10. Mengatasi rasa stress dan juga depresi
Seorang wanita yang memiliki kecerdasan emosi yang baik juga tentunya akan bisa mengatasi rasa stress yang dimilikinya. Seperti kita ketahui, stress merupakan sebuah tekanan hidup, dan biasanya tekanan hidup dan depresi ini sangat rentan dialami wanita. Nah, untuk wanita yang memiliki kecerdasan emosi tentunya bisa mengatasi rasa stress dan juga depresi tersebut dengan sangat baik.

11. Mampu memahami emosi dirinya sendiri
Terkadang ada juga beberapa kasus dimana seseorang yang tidak bisa mengontrol dan juga memahami emosi yang dimilikinya. Nah, untuk para wanita yang memiliki kecerdasan emosi dengan baik, tentunya mereka mampu memahami rasa emosi yang dimilikinya. Hal ini tentu akan berhubungan dengan dirinya yang bisa memahami orang lain juga. Hal inilah yang membuat wanita memang perlu memiliki yang namanya kecerdasan emosi, karena akan berkaitan dengan caranya sendiri mengontrol hal tersebut.

Untuk poin penting lainnya yang berkaitan dengan kecerdasan emosi wanita diantaranya:
• Mampu membina hubungan sosial dengan orang lain
• Dapat memberikan motivasi pada orang lain dan juga dirinya sendiri.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Kecerdasan Manusia