Sponsors Link

12 Sifat Dasar Manusia dalam Psikologi Perkembangan

Sponsors Link

Ada beragam sifat pada seseorang yang bisa diamati secara langsung ya sobat, tentunya sifat tersebut dapat berkembang sesuai kondisi atau pengaruh yang ada dalam lingkungannya, nah sobat, agar lebih memahami apa saja sifat tersebut, simak selengkapnya dalam ulasan berikut, 12 Sifat Dasar Manusia dalam Psikologi Perkembangan.

ads

1. Sifat Dasar Supel

Individu yang memiliki sifat dasar Supel memiliki ciri khas pembawaan yang menarik, tenang, agresif, dan selalu bergembira. Penampilannya meyakinkan dan mengesankan sehingga  disenangi dan dipercaya oleh sobat sobat dekatnya. Individu yang lahir dalam sifat dasar supel (Baca juga mengenai cara mengetahui sifat seseorang)

pun tergolong murah rezeki dan selalu menolong individu yang sedang susah. Sifat dasar supel pun senang berkumpul kumpul dengan sobat sobatnya. Namun terkadang individu sifat dasar supel adalah mudah merasa cemas, gelisah, mudah tersinggung, sering bertingkah aneh, dan pun boros. (Baca juga mengenai makna hujan dalam psikologi)

2. Sifat Dasar Tenang

Individu yang memiliki sifat dasar Tenang adalah individu yang tenang, sabar, teliti, dan agak pemalu. Dalam bertindak selalu memikirkan dan mempertimbangkan dengan baik dan matang sehingga selalu terhindar dari bahaya. Individu sifat dasar tenang pun pekerja keras, (Baca juga mengenai pengaruh warna pada psikologi anak)

tidak cepat putus asa, teguh pendirian, dan selalu bersemangat. Selain itu individu sifat dasar tenang pun  begitu sopan, mau introspeksi, dan pandai mengatur keuangan dan waktu. Namun terkadang adalah lambat dalam mengambil tindakan dan keputusan, suka menyendiri dan suka menyombongkan diri. (Baca juga mengenai makna warna hitam dalam simbolisme psikologis)

3. Sifat Dasar Pemimpin

Individu yang memiliki sifat dasar pemimpin memiliki ciri khas bakat pemimpin, pekerja keras, bijaksana, dan selalu berpikir sebelum bertindak. Individu sifat dasar pemimpin pun memiliki ciri khas pendirian yang teguh, mau mengoreksi diri, murah hati, dan dermawan. Namun terkadang adalah karena selalu ingin memimpin sehingga menjadi tukang perintah. Kalau perlu, individu yang menghalanginya ditantang atau diajak bertengkar. (Baca juga mengenai dasar dasar biologis perilaku)

4. Sifat Dasar Sombong

Individu yang memiliki sifat dasar sombong memiliki ciri khas selera yang tinggi, gemar hidup berkelompok dan bermasyarakat, dan memiliki ciri khas kemampuan dalam berdagang, khususnya barang barang antik. Individu sifat dasar sombong pun selalu memperhitungkan segala tindakannya,

pandai mengatur keuangan, pandai menyembunyikan perasaan, memiliki ciri khas pembawaan yang tenang, dan  begitu memegang teguh janjinya. Namun terkadang adalah cerewet, cengeng, mudah mengobarkan perselisihan, suka gosip, dan hanya mau bergaul dengan individu individu yang berderajat tinggi.

5. Sifat Dasar Semangat

Individu yang memiliki sifat dasar semangat memiliki ciri khas semangat dan daya tahan hidup yang tinggi, rajin, dan cerdik. Individu sifat dasar semangat pun adalah individu yang idealis, tidak pernah berhenti belajar, dan pantang dihina. Rela mengorbankan diri membela apa yang dianggapnya benar. Namun terkadang adalah suka bergunjing, suka memuji diri sendiri, besar mulut, dan keras kepala.


6. Sifat Dasar Menarik dan Anggun

Individu yang memiliki sifat dasar menarik memiliki ciri khas pembawaan yang menarik, anggun, suka akan keindahan, dan memiliki ciri khas selera humor yang tinggi. Individu sifat dasar menarik pun pandai mengatur waktu,  pandai berfilsafat, bijaksana, teguh pendirian, intuisinya tajam, dan pendapatnya selalu masuk akal. Namun terkadang adalah agak pelit, dalam memberikan pertolongan selalu dengan perhitungan. Tidak langsung memberi uang tetapi memberi pekerjaan yang bisa menghasilkan uang.

7. Sifat Dasar Cerdas

Individu yang memiliki sifat dasar cerdas selalu kelihatan hebat dan menarik, suka berpakaian rapi, dan suka pergi ke pesta. Individu sifat dasar cerdas pun cerdik, suka seni, selalu tampil riang, cepat tanggap , dan suka berspekulasi. Selain itu pun pekerja keras dan tidak kenal lelah. Namun terkadang adalah sifatnya yang egois, selalu memaksakan kehendak, tidak sabaran, dan keras kepala.

8. Sifat Dasar Penyuka Seni

Individu yang memiliki sifat dasar penyuka seni menyukai keindahan dan seni, berbudi pekerti sehingga disenangi dalam pergaulan. Individu sifat dasar penyuka seni pun murah hati, dermawan, danrela berkorban. Selain itu pun tekun beribadah, bahkan cenderung fanatik. Namun terkadang adalah kurang bisa mengendalikan diri, lamban dalam bertindak, pesimis, dan selalu ragu ragu.

9. Sifat Dasar Banyak Akal

Individu yang memiliki sifat dasar banyak akal tentu memiliki ciri khas banyak akal, penuh semangat, cerdas, pandai bergaul dan pandai melawak. Individu sifat dasar banyak akal pun termasuk individu yang bijaksana, jujur, dan ulet dalam menghadapi hidup. Namun terkadang adalah seringkali memaksakan pendapatnya dan agak sombong. Kadang pun kurang menjaga sopan santun, sehingga sering menjengkelkan individu lain.

10. Sifat Dasar Teguh

Individu yang memiliki sifat dasar teguh gaya bicaranya selalu penuh perasaan, jujur, cerdas, dan teguh dalam pendirian. Individu sifat dasar teguh pun selalu yakin pada diri sendiri dan tahu apa yang harus dilakukan. Tidak suka keributan, suka berpetualang dan pekerja keras.

Namun terkadang adalah kalau berbicara kadang tidak dipikirkan lebih dahulu, sembrono, galak, kolot, dan sering berbuat yang tidak tidak. Individu dengan sifat dasar teguh umumnya memiliki bakat dan kemampuannya adalah dokter, polisi, tentara, koki, dan bintang film.

11. Sifat Dasar Wibawa

Individu yang memiliki sifat dasar wibawa memiliki ciri khas wibawa dan cenderung dihormati individu. Setia dan romantis dengan lawan jenisnya. Kalau menginginkan sesuatu menggunakan segala cara untuk meraihnya. Namun terkadangqadalah sifatnya yang egois dan mementingkan diri sendiri, keras kepala, pemberang, dan senang menyakiti individu lain.

12. Sifat Dasar Pemberani

Individu yang memiliki sifat dasar pemberani jelas memiliki ciri khas sifat pemberani, suka menolong, dan selalu menepati janji. Individu sifat dasar pemberani pun cerdas, suka terus terang, dapat dipercaya, dan mau bekerja apa saja, serta tidak mudah putus asa. Namun terkadang adalah  begitu materialistis.

Nah sobat, tentu sekarang dapat diamati secara langsung sifat dasar manusia dalam psikologi perkembangan apakah yang paling tepat atau paling mendekati dengan diri sendiri serta dapat menjadi instropeksi apa saja kelebihan dan kekurangannya sehingga bisa mengarahkan perilaku ke hal hal yang terbaik dan positif.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga menjadi wawasan berkualitas, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi