Sponsors Link

Sejarah Perkembangan Psikologi Klinis

Sponsors Link

Di dalam ilmu psikologi, kita mengenal beberapa cabang ilmu yang memang biasanya dipelajari untuk kehidupan di tengah masyarakat. Salah satunya adalah teori dalam psikologi klinis. Sebenarnya apa sih psikologi klinis itu? Untuk sebagian orang mungkin masih cukup awam dengan salah satu cabang ilmu psikologi yang satu ini karena memang untuk sejarahnya sendiri masuk ke dalam beberapa periode. Nah, untuk pengertiannya sendiri psikologi klinis merupakan salah satu cabang – cabang psikologi atau ilmu studi yang didalamnya lebih fokus untuk mempelajari pemahaman dan juga mengatasi berbagai masalah- masalah psikologis.

ads

Ilmu psikologi klinis juga dapat meningkatkan kemampuan dalam melakukan penyesuaian diri dan juga melakukan pengembangan kapasitas pribadi diri seseorang. Dalam hal ini psikologi memang melibatkan banyak pilihan dan juga konteks, sehingga membuat kita jauh lebih paham mengenai aspek apa saja yang terdapat di dalamnya, misalnya emosi, kognitif dan juga masalah perilaku seseorang. Secara artian juga salah satu ilmu yang ada di dalam psikologi ini membahas mengenai apakah orang tersebut masuk ke dalam abnormal apakah tidak, sehingga teori dalam psikologi abnormal bisa lebih kita ketahui. Psikologi klinis ini memiliki sejarah perkembangan yang dibagi- bagi menjadi beberapa periode, diantaranya:

Sejarah psikologi klinis yang masuk di tahun awal atau periode I

• Untuk yang pertama psikologi dimulai sejak awal pengetahuan ketika abad X1X dan terjadi di benua Amerika dan juga benua eropa.

• Pada saat awal mulanya pendirian laboratorium pertama dilakukan di lepzig pada tahun 1879 dan didirikan oleh Wilhem Wundt.

• Pengukuran dan juga data statistik karakteristik manusia dilakukan oleh Franci Falton di inggris.

• Sigmud Freud yang melakukan praktek dan juga tengah menerbitkan the eterpretation of dreams.

• Witmer pada awalnya merintis jurnal “psychological clinic ketika tahun 1907.

• Ketika awal abad ke 20 terdapat periode reformasi yang dapat menggairahkan pada adanya rencana dan juga alat- alat didalam bidang psikologi.

• Diantara tahun 1900 sampai dengan tahun 1920 ada banyak alat yang ditemukan untuk melakukan pengukuran karakteristik baru, khususnya untuk tes intelegensi. Tes army alpha dan juga tes binet.

Sejarah Psikologi Perkembangan Psikologi Periode II atau Biasa Disebut Waktu Konsolidasi

• Ketika awal abad kedua ada masa diantara perang dunia yang dapat memberikan perkembangan masalah bidang psikologi dan juga adanya perkembangan dari standar psikologi.

• Pengembangan adanya masalah anak dan juga berbagai teori yang dipelajari untuk berbagai orang dewasa, dimana dengan dilakukannya bimbingan yang mencirikan treatment team dan juga terdiri dari psikiater, pekerja sosial dan juga banyak psikologi.

• Para orang yang berpengaruh dalam dunia psikologis, salah satunya psikologi memiliki tugas untuk bisa memberikan tes pada orang- orang, khususnya anak- anak, sehingga dalam melakukan wawancara nya pun bisa berhubungan dengan sekolah.

• Saat tahun 1030 terdapat berbagai kelompok yang memiliki layanan konseling di bagian kampus.

• Adanya perang dunia ke 11 juga melibatkan pekerjaan dalam rumah sakit pada personal dan juga orang veteran militer, sehingga adanya luas jaringan yang tidak hanya dibatasi oleh bantuan pendidikan saja.

• Munculnya teknik assessment antara MMPI TAT, SVIB dan juga tes bercak dalam psikologi.

Pertumbuhan yang Mulai Pesat atau Psikologi Klinis Peridoe Ke III

• Saat dimulainya perkembangan ilmu psikologi klinis. Ada dua sampai dengan 3 decade ketika Perang dunia ke II dimana dalam psikologi profesi ini yang membuat seseorang jauh lebih mandiri.

• Dalam melakukan penetapan standar juga saat tahun 1952 dilakukan penerbitan DSM 1 atau diagnostic and statistic manual of mental disorder ada Negara perkembangan ICD.


• Pada tahun 1950 sampai dengan tahun 1960 dilakukan psikoterapi yang di dalamnya menjadi sebuah kegiatan yang jauh lebih menarik apabila kita bandingkan dengan penanganan atau penyembuhan penyakit gangguan mental.

• Kemudian ilmu psikologi sudah mulai berkembang dan juga ditemukanlah obat y psikiater untuk macam- macam gangguan jiwa.

• Pencapaian tertinggi dapat terlihat dari adanya pencapaian yang baik, salah satunya dalam melakukan perubahan dan pola latihan pendidikan, pada bagian standar psikologi klinis dan juga pembentukan komite APA dalam penangganannya.

Percampuran Perkembangan atau Sejarah Ketika Perkembangan Psikologi Klinis Untuk Periode IV

• Pada awal kemungkinan muncul sebuah kebutuhan dalam penyembuhan kesehatan mental pada orang amerika dan juga menjadikannya sebagai salah satu masalah nasional, dalam peluang yang lebih baik dan juga didasari oleh kesehatan mental.

• Beberapa psikologi memiliki komitmen untuk mendapatkan isu dalam penanganan yang menggunakan cara individual, namun dalam masalah isu kesehatan masyarakat juga dilakukan pencegahan terbaik apalagi ketika munculnya ilmu psikologi komunitas ketika akhir tahun 1860.

• Pada tahun 1070 psikologi klinis juga lebih diakui berbagai perusahaan asuransi sudah mengakuinya sebagai sebuah layanan kesehatan yang lebih mandiri di benua amerika

• Adanya perubahan yang terjadi pada jalur dan juga gelar dalam psikologi klinis.


Perkembangan Mutahir dan Juga Masa Depan atau Sejarah Psikologi Klinis Period Ke V

• Munculnya perkembangan dari kajian lintas disiplin dalam psikologi klinis dengan harapan kemunculan disiplin ilmu yang lainnya, salah satunya adanya ilmu kedokteran.

• Riset tengah dilakukan dengan kemunculan teori yang terus berkembang dengan pesat, serta neuroimaging dan juga penelitian yang dilakukan untuk mengetahui genetik manusia.

• Kemunculan dari penggunaan tes dan juga interpretasi dengan banyaknya tes dan sudah menggunakan mesin atau computer, psikologi di internet dan juga teknik yang menggunakan brain imaging.
Setelah abad ke 21 kemunculan psikologi klinis ini memang sudah mengalami banyak sekali kemajuan yang sangat pesat, bahkan setelah 100 tahun dan perkembangannya sudah dilakukan pengujian yang masih belum juga sempurna.

Ada banyak hal- hal yang terjadi juga sebelumnya salah satunya juga dalam melatih siswa yang sudah disediakan dalam ahli klinis. Dalam penyetingannya juga diberikan banyak teori dan juga perawatan dalam sebuah gangguan psikologis. Ketahui pula cara mengobati gangguan jiwa yang dialami oleh seseorang serta baca juga jenis gangguan mental yang tidak dapat disembuhkan.

Sponsors Link
, , , , , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Klinis