Sponsors Link

13 Perubahan Sifat Wanita Saat Haid

Sponsors Link

Perubahan fisologis wanita biasanya terjadi ketika sedang mengalami PMS ( pra menstruasi syndrom) hormon ini secara fluktuatif berubah-rubah tanpa sinyal dan terjadi secara tiba-tiba, sehingga membuat kaum wanita menjadi sangat sulit dimengerti. Secara fluktuasi hormon estrogen dan progesteron sangat berkaitan erat dengan PMS, jenis emosi yang dimilikinya pun berbeda-beda, inilah mungkin membuat kaum wanita menjadi sensitif dengan beberapa perubahan yang terjadi dan berdampak pada beberapa gejala seperti kelelahan, peningkatan kecemasan, emosional yang tinggi dan perubahan lainnya.

ads

Wanita memang mahluk yang sulit untuk dimengerti, bahkan bukan hanya dalam kondisi haid saja, dalam kondisi normal seperti biasa pun perasannya sangat sulit ditebak. Ternyata bukan hanya pria, malah terkadang wanita sendiri juga tidak mengerti mengenai perasaan yang sulit dia representasikan. Haid atau menstrusi terjadi setiap satu bulan sekali, dan dalam kondisi ini banyak sekali terdapat perubahan secara fisik mau pun mental.
Berikut 13 perubahan yang terjadi pada saat wanita mengalami haid:

1. Kurangnya nafsu makan.

Ketika seorang wanita sedang haid/ mengalami menstruasi, terkadang perubahan suasana hati yang tidak menentu membuatnya merasa ingin bemalas-malasan, bahkan tak jarang hilangnya nafsu makan juga terjadi pada sebagian wanita yang sedang haid.

2. Mood swing

Tidak usah heran menghadapi Perubahan suasana hati yang terjadi pada wanita yang sedang haid, memang ada beberapa karakteristik gangguan mood yang terjadi, seakan- akan dia sangat sulit untuk megontrol perasaannya saat itu, bisa saja perasaan bahagia yang sedang dialaminya langsung berubah seketika menjadi perasaan sedih dan mellow. Bahkan hal yang membuatnya tidak nyaman bisa merubah mood nya saat itu juga. Jadi sebaiknya maklumi saja perubahan sifat yang terjadi pada wanita ketika sedang haid ini.

3. Mudah Emosi

Ada yang bilang emosi wanita yang sedang haid bisa lebih galak daripada singa di hutan. Sebenarnya ada beberapa cara mengendalikan emosi wanita yang efektif, namun apabila ini berkaitan dengan perubahan sifat saat pms rasanya akan kurang efektif.   karena rasa sulit mengontrol emosi yang berlebihan terkadang terjadi pada wanita yang sedang haid. Sehingga Sebaiknya hindari perbincangan yang membuat wanita mudah emosi, karena bukan memperbaiki keadaan malah semakin memperburuk keadaan, wanita bisa saja tiba-tiba marah terhadap sesuatu yang tidak jelas, bahkan itu dilakukannya secara tidak sadar.

4. Malas melakukan kegiatan

Terkadang sebagian wanita yang sedang mengalami haid/ menstruasi, merasa tidak nyaman dengan rasa keram perut yang terjadi, ini terjadi pada beberapa kasus dan berakibat menganggu kegiatan sehari-hari yang biasa dilakukannya, sulitnya melakukan kegiatan harian yang biasa ia lakukan menjadi penyebab rasa mals itu muncul dan membutuhkan istirahat yang lebih dalam kondisi seperti ini.

Sponsors Link

5. Supersensitif 

Manusia umumnya macam-macam sifat manusia dibagi menjadi beberapa bagian salah satunya yang sulit dipahami adalah perasaan sensitif seseorang. Wanita yang sedang mengalami menstruasi biasanya menjadi sangat supersensitif dari seperti biasanya. Sebaiknya berhati-hati dalam berucap ketika berbicara dengan wanita yang sedang haid, karena salah sedikit bisa saja itu sangat menyinggung perasaannya. Bicaralah secara baik dan halus sehingga tidak menyinggung hal-hal yang ada pada dirinya.

Apabila wanita sudah terlihat sensitif sebaiknya tahan untuk membuat lelucon konyol mengenai PMS, karena itu akan membuat wanita menjadi lebih menakutkan bagi sebagian kaum pria di sekelilingnya.

6. Memiliki nafsu makan yang berlebih

Saat wanita berada pada masa menstruasi atau haid hormon estrogen di dalam tubuhnya menjadi menurun, ada beberapa wanita yang sedang mengalami menstruasi menjadi semakin rakus, rasanya semua makanan ingin dimakannya. Memang belum ada penelitian secara kredibel mengenai hal ini, akan tetapi hampir semua wanita yang sedang haid mengalaminya.

7. Posesif

Perubahan yang umumnya terjadi saat wanita sedang haid adalah menjadi lebih posesif pada pasangan, lebih baik maklumi saja apabila anda melihat pasangan anda lebih posesif dari biasanya, karena ini sifatnya hanya sementara saja, sifatnya yang posesif akan kembali normal seiring dengan selesai masa menstruasinya.

8. Selalu butuh obat pereda nyeri

Untuk kamu kaum wanita yang sedang mengalami menstruasi pasti selalu merasakan rasa keram perut yang tertahankan, akibatnya selalu mencari obat pereda nyeri saat haid, sebaiknya berhenti melakukan hal ini karena akan membuat rahim anda menjadi kering, sebaiknya konsultasikan hal ini kepada dokter untuk memeriksakan hal ini.

9. Merasa selalu ingin diperhatikan

Untuk yang sudah memiliki pasangan pasti akan melihat perbedaan yang terjadi pada pasangannya, yang biasanya cuek kini terlihat haus akan perhatian, maklumi saja perubahan sifat yang terjadi, karena hal ini sifatnya hanya sementara saja.

ads

10. Mudah tersinggung

Memang rasanya sangat menjengkelkan menghadapi sesorang yang mudah sekali tersinggung, bahkan pembicaraan apapun akan membuatnya salah paham, nah… sebaiknya kurangi pembicaraan yang akan menyinggung perasaannya, berhati-hati dengan perubahan sifat wanita yg satu ini ketika sedang haid, karena bisa saja perbincangan yang tidak nyaman membuatnya tersinggung.

11. Merasa selalu ingin menang sendiri

Wanita adalah mahluk yang selalu memakai perasaan dibandingkan dengan logika nya, sedangkan pria merupakan mahluk yang selalu mengedepankan logika dibandingkan perasaanya, untuk persoalan ini sebaiknya pria lebih mengalah terhadap pasangannya yang sedang mengalami perubahan sifat saat sedang haid, karena apabila pasangan tidak memahami mengenaiperubahan yang terjadi saat wanita sedang haid tidak akan memecahkan masalah yang ada malah semakin memperburuk keadaan. karena wanita yang sedang haid selalu ingin pasangannya lebih mengerti dengan keadaannya dan merasa segala sesuatu yang ia lakukan sudah benar.

12. Menjadi melankolis

Perasaan sedih bisa saja menimpa seseorang ketika sedang menghadapi situasi atau keadaan yang membuatnya ingin meneteskan air mata, perasaan yang membuat para wanita ingin menyendiri dan membutuhkan waktu sehingga bisa berfikir positiv kembali, namun ada kalanya sifat yang biasa disebut malankolis ini tiba-tiba muncul tanpa alasan, hal ini ternyata bisa terjadi saat wanita sedang haid.

13. Suka tidak nyambung.

Terkadang ketika sedang mengalami masa haid/menstrusi tidak sedikit beberapa wanita diikuti juga dengan anemia, sehingga jika sedang berada di luar rumah rasanya selalu berat bila melakukan aktivitas. Bahkan terkadang malah tidak nyambung ketika diajak berdiskusi.

Demikian penjelasan terkait apa saja perubahan sifat wanita saat haid yang bisa dikenali agar mudah membaca emosi wanita secara benar dan memahaminya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Klinis