Sponsors Link

4 Perbedaan Mental Illness Dan Mental Disorder Sebagai Bagian Dari Gangguan Psikologi

Sponsors Link

Dalam kaitannya dengan kondisi kesehatan tubuh manusia, ada dua bentuk kondisi yang harusnya diperhatikan yakni kesehatan rohani dan kesehatan jasmani. Kesehatan jasmani berkaitan dengan kondisi fisik manusia sedangkan kesehatan rohani berkaitan dengan kondisi psikisnya. Terkait dengan dua hal tersebut tentu juga ada kondisi yang disebut dengan gangguan kesehatan baik itu gangguan kesehatan pada fisik seseorang maupun gangguan kesehatan terhadap psikologis seseorang.

ads

Ada dua bentuk gangguan kesehatan psikologis yang sering didengar yakni mental illness dan mental disorder sebagai bagian dari macam macam gangguan jiwa. Kedua bentuk gangguan mental seseorang tersebut kerap disalah artikan sebagai keadaan yang sama namun seharusnya ada perbedaan dari dua gangguan tersebut yang dapat dibedakan. Untuk memahaminya lebih jauh, berikut beberapa penjelasan mengenai perbedaan mental illness dan mental disorder yang dapat dipahami dalam ulasan di bawah ini.

  1. Perbedaan secara definisi

Perbedaan dari kondisi mental illness dan mental disorder yang pertama dapat diberikan melalui penjelasan terkait definisinya. Secara definisi, mental illness adalah kumpulan dari beberapa penyakit dan gangguan kejiwaan yang dapat memberikan pengaruh pada pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang. Sedangkan definisi untuk mental disorder atau yang juga disebut sebagai kondisi kelainan jiwa menurut wikipedia adalah pola psikologis atau perilaku yang pada umumnya terkait dengan stres atau kelainan jiwa yang tidak dianggap sebagai bagian dari perkembangan normal manusia.

  1. Mental illness merupakan bagian dari mental disorder

Mental illness merupakan bagian dari mental disorder atau gangguan jiwa yang perlu diperhatikan karena dapat menyebabkan kondisi yang berbahaya bagi penderitanya. Mental illness merupakan gangguan jiwa atau mental yang dapat dikatakan paling berbahaya. Kondisi mental illness tersebut dapat disebabkan oleh beberapa keadaan diantaranya seperti kondisi depresi yang berkepanjangan, stress, tekanan yang dalam terhadap kesehatan mental, hingga sikap traumatik akan kehilangan sesuatu atau seseorang.

  1. Mental illness banyak terjadi pada remaja

Sebagian bagian dari mental disorder atau gangguan jiwa dan mental, mental illness ternyata lebih banyak dialami oleh remaja dibandingkan orang tua. Gejala gangguan mental pada remaja ini diperkirakan karena kedewasaan psikologis yang belum terlalu baik pada saat remaja dan tingginya resiko mengalami depresi akibat tekanan aktivitas sekolah atau bentuk pendidikan lainnya serta tekanan dalam pergaulan termasuk percintaan. Kondisi gangguan kejiwaan lainnya dapat terjadi pada usia yang berbeda bahkan seseorang yang mengalami gangguan jiwa atau mental illness bisa jadi dialami sejak kecil.

  1. Gangguan kejiwaan psikotik pada mental illness

Gangguan kejiwaan atau mental disorder ternyata dapat disebabkan oleh karena pengaruh tekanan pada psikologis dan karena pengaruh non psikologis terutama yang menyerang bagian otak. Kondisi gangguan mental yang disebut mental illness merupakan gangguan kejiwaan yang disebabkan oleh karena penyebab psikotik karena adanya tekanan pada kondisi psikologis seseorang dan tidak disebabkan oleh karena kondisi non psikotik.

Itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan mental illness dan mental disorder yang perlu dipahami dengan baik. Kedua hal tersebut merupakan kondisi gangguan pada psikologis yang sebenarnya saling berhubungan dimana mental illness adalah bagian dari kondisi gangguan mental atau mental disorder dalam klasifikasi gangguan mental yang disebabkan oleh karena penyebab psikotik. Gangguan psikologis yang dijelaskan diatas membutuhkan terapi untuk kesehatan mental.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Gangguan Psikologi