Sponsors Link

4 Perbedaan Bipolar Dan Kepribadian Ganda Yang Sering Disamakan

Sponsors Link

Kesehatan Psikologis yang dimiliki seseorang tentu berbeda beda satu sama lain dan ada resiko gangguan sama halnya dengan permasalahan kesehatan. Ganggauan psikologis tentu tidak secara langsung akan menyebabkan seseorang mengalami kondisi penurunan fisik namun hanya akan menyebabkan adanya kondisi psikologis yang dapat dikatakan tidak normal. Sama halnya dengan penyakit kesehatan, ada berbagai macam macam gangguan jiwa yang berkaitan dengan psikologis yang berbeda satu sama lain.

ads

Diantara beberapa gangguan psikologis remaja maupun usia lainnya tersebut, kondisi bipolar dan kepribadian ganda kerap kali menjadi istilah untuk keadaan psikologis seseorang yang cukup familiar diketahui oleh banyak orang. Kondisi bipolar dan kepribadian ganda kerap menjadi keadaan yang disamakan karena pemahaman yang kurang terhadap keduannya. Untuk lebih memahaminya, berikut perbedaan bipolar dan kepribadian ganda yang perlu diperhatikan dalam ulasan di bawah ini.

  1. Perbedaan secara definsi

Perbedaan pertama bipolar dan kepribadian ganda dapat dipahami yang pertama secara definsi. Bipolar merupakan keadaan gangguan mental yang menyerang kondisi psikologis seseorang dengan ciri adanya perubahan sikap secara drastis dari yang awalnya reaktif atau episode mania menjadi kondisi depresi. Sedangkan kepribadian ganda dapat dijelaskan sebagai kondisi dimana seseorang memiliki kepribadian lebih dari satu di dalam dirinya. Definisi dan pengertian gangguan tersebut juga menjadi perbedaan bipolar dan borderline.

  1. Jumlah identitas diri

Pada kepribadian ganda sesuai dengan definisi dan keadaan yang selama ini dipahami, seseorang dapat memiliki identitas diri lebih dari satu yang berbeda satu sama lain. Sedangkan kondisi bipolar, seseorang tetap hanya akan memiliki satu identitas diri saja namun dapat mengalami perubahan perilaku yang ekstrem dan tidak berkaitan dengan identitas dirinya.

  1. Perubahan sikap yang berbeda

Dalam kepribadian ganda, seseorang memang dapat juga mengalami kondisi perubahan sikap secara drastis dari yang sebelumnya. Perubahan sikap pada seseorang yang memiliki kondisi kepribadian ganda tersebut berbeda dengan kondisi bipolar karena terjadi secara acak. Kondisi bipolar kerap memiliki pola yang sama yakni pertama tama akan mengami episode mania atau kondisi dimana seseorang akan sangat reaktif dan sangat senang sekali kemudia masuk ke episode depresi dimana lebih banyak dihantui kesedihan. Ciri ciri  bipolar disorder pastinya juga berbeda dengan kepribadian ganda.

  1. Pengobatan yang berbeda

Perbedaan bipolar dan kepribadian ganda lainnya terletak pada bentuk pengobatan yang diberikan. Gangguan bipolar memang tidak dapat disembuhkan namun bisa dicegah agar penderitanya tidak masuk ke dalam episode mania yang kemudian diteruskan ke episode depresi. Pengobatan bipolar secara medis biasanya mengharuskan untuk mengkonsumsi obat obatan tertentu.

Berbeda dengan bipolar, penderita kepribadian ganda kerap tidak membutuhkan pengobatan medis sehingga ketika seseorang yang awalnya didiagnosis mengalami gangguan bipolar kemudian ternyata memiliki keperibadian ganda maka pengobatan yang sudah diberikan untuk mengatasi kondisi bipolar tersebut harus dihentikan. Hal ini dikarenakan kondisi kepribadian ganda merupakan bentuk identitas yang sudah melekat dan tidak mungkin akan diaasi melalui pengobatan medis.

Itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan bipolar dan kepribadian ganda yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap orang mengingat keduanya kerap disamakan karena adanya kondisi perubahan perilaku dan sikap yang berlangsung secara mendadak. Pemahaman perbedaan ini juga sangat penting dalam proses pengobatan gangguan bipolar.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Gangguan Psikologi