Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Mental Illness Yang Benar

Sponsors Link

Kesehatan tubuh manusia dibagi menjadi dua yakni kesehatan fisik atau jasmani dan kesehatan psikis atau rohani. Berkaitan dengan kesehatan tersebut, setiap orang tentu dapat mengalami kondisi gangguan kesehatan baik itu kesehatan fisik maupun kesehatan psikologis. Terkait kesehatan psikologis, ada beberapa bentuk gangguan psikologis remaja maupun usia lainnya yang dapat terjadi pada seseorang dengan kondisi penyebab dan efek atau dampaknya tertentu.

ads

Salah satu bentuk gangguan psikologis tersebut adalah kondisi yang disebut mental illness sebagai bagian dari macam macam gangguan jiwa dan mental. Kondisi mental illness secara definisi merupakan kumpulan atau beberapa gejala yang muncul berkaitan dengan kondisi gangguan psikologis yang dapat memberikan pengaruh pada pikiran, perasaan, perilaku seseorang. Kondisi mental ilness menjadi salah satu bentuk gangguan psikologis yang berbahaya bagi seseorang. Untuk menghindari bahaya tersebut, berikut beberapa penjelasan mengenai cara mengatasi mental illness dalam ulasan di bawah ini.

  1. Menjaga kondisi kesehatan penderitanya

Langkah awal yang dapat dilakukan untuk mengatasi mental illness adalah dengan mengusahakan agar kondisi kesehatan yang dimiliki oleh penderita gangguan mental tersebut tetap terjaga dengan baik. Kesehatan fisik yang terganggu dapat menyebabkan pengaruh yang buruk bagi penderita gangguan mental tersebut. Kesehatan yang terjadi dapat membantu menghindari munculnya gejala gangguan mental pada remaja.

  1. Memberikan ruang untuk berbagi

Untuk dapat mengatasi seseorang yang mengalami kondisi mental illness tersebut maka perlu adanya orang lain yang dapat memberikan ruang untuk berbagi cerita seluas luasnya pada penderita mental illness. Dengan aktivitas berbagi cerita tersebut setidaknya akan membantu dalam mengurangi beban pikiran yang dirasakan oleh penderita mental illness tersebut.

  1. Menjaga agar dapat selalu memiliki sikap yang gembira

Seseorang yang mengalami mental illness membutuhkan pendamping yang tepat baik itu teman temannya maupun keluarga dekat seperti orang tua dan saudara untuk dapat menjauhkannya dari berbagai hal yang bisa menyebabkan munculnya rasa depresi. Pendamping harus mampu menjaga agar penderita mental illness tidak mengalami kondisi sedih dan tetap merasakan kegembiraan secara terus menerus.

  1. Memahami gangguan yang dimiliki oleh penderita

Cara mengatasi mental illness lainnya adalah dengan memahami gangguan mental tersebut sebagai bagian dari psikis penderitanya. Dengan begitu, ketika seseorang mengalami gejala gangguan mental illness tersebut maka orang lain yang berada di sekitarnya harus mampu menjaganya agar tidak melakukan hal yang berbahaya bukan malah menjauhinya. Dengan sikap tersebut maka dapat menjadikan seorang penderita mental illness lebih merasa dihargai.

  1. Perlakukan secara normal

Selain beberapa hal yang disebutkan diatas, cara lain yang paling penting dalam mengatasi penderita mental illness lainnya adalah dengan memperlakukannya secara normal bukan memberi perlakuan khusus yang keterlaluan dan dapat menyebabkanya merasa tersingkirkan karena sikap berlebihan tersebut. Kondisi tersebut akan menjadi stimulus untuk karakteristik kesehatan mental yang sehat agar selalu terjaga.

  1. Berkonsultasi dengan psikolog

Melakukan aktivitas konsultasi dengan seorang psikolog merupakan hal yang harusnya dilakukan dalam upaya menangani kondisi mental illness. Psikolog tentu akan lebih memahami apa yang sedang terjadi pada penderita mental illness tersebut dan hal hal apa saja yang akan dilakukan dalam kaitannya untuk mengatasi kondisi gangguan mental tersebut.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara mengatasi mental illness yang perlu diperhatikan dengan baik sebagai salah satu gangguan mental yang berbahaya ketika dibiarkan saja.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Gangguan Psikologi