Sponsors Link

13 Peranan Psikologi Klinis Dalam Masyarakat

Sponsors Link

Seperti kita ketahui psikologi klinis memiliki kaitan erat dengan jiwa manusia sehingga dapat memberikan pengaruh yang cukup besar dalam merubah individu dari yang awalnya terkena gangguaan dalam hal ini masalah gangguan jiwa pada manusia modern dan kini menjadi sehat kembali kejiwaannya, dari hal tersebut tentunya dibutuhkan psikolog klinis yang profesional di dalam bidangnya,

ads

Pada masyarakat sendiri psikologi klinis adalah sebuah terapan dalam menentukan kapasitas dan juga karakteristik dalam tingkah laku seorang individu dalam penggunaan metode asesment, analisa , observasi dan juga pengujian fisik riwayat keberadannya di dalam masyarakat, hal tersebut juga dapat memberikan contoh agar individu dapat lebih menyesuaikan diri dengan cepat.

Dalam hal ini banyak bidang yang terkait di dalamnya seperti psikologi konflik dan juga pato psikologi yang memiliki kesulitan contohnya saja sebuah konflik, ketegangan dan juga hal yang dapat mengganggu keseimbangan di dalam dirinya.

Misalnya kasus sederhana yang bisa kita temukan di lingkungan kita, ada seorang mahasiswa yang memiliki beban tanggung jawab dalam menyelesaikan tugasnya secara berulang-ulang dengan jangka waktu yang sangat panjang, secara tidak langsung hal tersebut dapat menimbulkan konflik dan kecemasan yang berlebihan di dalam dirinya, sehingga terjadilah sakit pada jiwanya.

Kasus yang seperti ini sangat sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari, dimana seorang mahasiswa mendapatkan tekanan psikologis, dan saat itu juga dia menceritakan hal tersebut kepada kerabatnya dekatnya agar mendapatkan solusi dan jalan keluar yang baik

Kasus sederhana diatas sudah bisa disebut pencerminan penerapan psikologi klinis dalam masyarakat. Sehingga secara garis besar dapat ditarik kesimpulan bahwa psikologi klinis merupakan proses dalam mempelajari orang-orang yang memiliki gangguan kejiwaan kemudian kita memberikan solusi dimana membuat individu tersebut kembali kepada kehidupan normalnya dan menjauh dari penyakit depresinya. Berikut dapat juga dijelaskan 13 peranan psikologi klinis dalam masyarakat diantaranya:

  1. Sebagai bahan penelitian

Hal ini tentunya diperlukan peranan psikolog dalam penegrjannya dari berbagai macam riset investigasi dalam mengkaji keefktivan dari pendekatan terapi atau konsultasi, dari penyebab trsebut diakibatkan dari kesalahan fungsi psikologis dan cara pengerjaan asessmen yang berbeda

  1. Konsultasi

Tentunya dalam melakukan konsultasi tidak hanya dapat dilakukan perorangan saja namun bisa juga dilakukan secara kelompok masyarakat, misalnya saja dalam suatu lingkungan penduduk akan mengkonsultasikan mengenai kemanan di lingkungan sekitar.

Sponsors Link

  1. Sebagai teknik observasi psikodiagnostik dan evaluasi

Yaitu dengan cara melakukan evaluasi terhadap lingkungan yang ada di sekitar dan hal ini juga sangat baik dilakukan dalam perkembangan kehidupan bermasyarakat dimana dapat menjauhkan gangguan kepribadian dalam psikologi klinis

  1. Mengajar

Misalnya di suatu lingkungan terdapat seorang individu yang memiliki ilmu lebih, tentu dapat membagi ilmu nya tersebut pada lingkungan masyarakat sekitar, agar terjalin hubungan erat antara satu individu dengan individu lainnya.

ads

  1. Administrasi

Dalam melakukan administrasi ini dilakukan oleh seorang yang sudah kompeten di bidangnya contohnya saja seorang psikologis klinis dalam posisi manajerial sehingga akan menghasikan kinerja yang maksimal.

  1. Intervensi atau terapi konseling

Istilah yang umum digunakan di masyarakat adalah psikoterapi sehingga akan mendapatkan gambaran dalam membangun hubungan baik diantara pasien dengan terapis, cara pertama yang akan membuatnya nyaman untuk menuju cara atau tahapan selanjutnya,  dan sudah dipastikan akan berjalan dengan lancar nantinya, hal ini juga dapat membantu pasien  dalam mengeksplore mengenai dirinya, dari mulai terapis dan juga pasien melakukan kerja sama dalam pemecahan masalah.

Dimana seorang terapis mmeberikan sebuah stimulus dengan harapan pasien dapat memecahkan masalahnya sendiri tanpa harus bergantung pada orang lain  dan dapat dilakukan secara efektif untuk kedepannya.

  1. Sebagai sarana berkeluh kesah

Setiap orang pasti memiliki masalahnya masing-masing dan hal tersebut pasti berbeda antara satu dengan lainnya, tidak jarang seeorang individu membutuhkan sarana dalam mengeluarkan segala beban yang dirasakannya agar merasa lebih tenang dalam menjalani kehidupan nantinya, untuk itu peranan psikologi klinis memang sangat dibutuhkan di masyarakat karena dapat membantu penyelesaian masalah yang dihadapi oleh seorang individu agar menjadi seorang yang lebih sabar lagi.

  1. Pembentukan karakter

Umumnya karakter memang turunan dari orang tua, namun pembentukan karakter ini dapat berubah dan berkembang sesuai dengan lingkungan tempat tinggalnya, untuk itu seorang individu perlu memiliki lingkungan yang positif agar dapat membentuk karakter yang postif pula.

  1. Modifikasi sikap

Yang dimaksud modifikasi sikap disini adalah melakukan perbaikan dan pembaharuan sikap dalam penggunaan psikologis klinis untuk ke arah yang jauh lebih baik lagi, atau bagaimana seseorang dapat menempatkan dirinya ke dalam lingkungan yang sesuai dengan yang di inginkannya.

  1. Bimbingan

Dalam sebuah kelompok masayarakat pasti membutuhkan seseorang yang dapat dijadikan panutan agar dapat membimbing anggota nya ke dalam siutuasi yang lebih baik, dalam psikologis klinis tentu hal ini sangatlah penting, agar tercipta liungkungan masyarakat yang teratur diubutuhkan bimbingan agar mendapatkan solusi dalam pemecahan setiap permasalahan yang dihadapinya.

  11. Coaching

Meski sifatnya hampir sama dengan bimbingan, namun coaching sendiri umumnya lebih privat diubandingkan dengan bimbingan, pada lingkungan masyarakat memang dibutuhkan coaching agar dapat membentuk masyarakat yang lebih baik lagi.

  1. Modifikasi tingkah laku abnormal

Merupakan sebuah tingkah laku abnormal  yang dimana dari semua aspek nya tidak sesuai dengan kaidah dan norma di dalam psikologi klinis ataupun sebuah kelompok komunitas dalam memodifikasi tingkah laku yang tadinya abnormal menjadi normal.

Sponsors Link

   13. Untuk melakukan prediksi

Yang dimaksud disini adalah untuk dapat memprediksi dari tingkah laku seseorang dengan cara klinisi, misalnya saja dalam suatu memilih seorang karyawan dalam posisi tertentu, dengan cara pengujian yang dilakukan sebagai dasar melakukan prediksi untuk seleksi.

Dari hal yang sudah dijelaskan diatas tentu kita dapat melihat bahwa psikologi klinis sangat dibutuhkan dalam lingkungan masyarakat sebagai ilmu dalam pemahaman mencegah dan juga untuk memulihkan suatu keadaan psikologis pada ambang normal, untuk ada juga hal yang dibutuhkan dalam psikologi klinis diantaranya

  • Citra diri
  • Pengalaman
  • Kesiapan belajar
  • Waktu dan arah belajar

Adapun fungsi dari dilakukannya teori psikologi klinis diantaranya

  • Dapat menerangkan fungsi tujuan asesment dalam psikologi klinis yang ditekankan disini adalah dalam mengakses perbedaan antar orang
  • Fungsi intervensi yang merupaan pusat perhatian dalam klasifikasi psikosis
  • Fungsi riset dalam pengembangan keilmuan dalam bidang psikologis.

Demikian penjelasan terkait beberapa peranan psikologi klinis dalam masyarakat yang bisa kita temui sehari-hari.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Klinis