Sponsors Link

17 Gangguan Jiwa Pada Manusia Modern

Sponsors Link

Manusia modern atau manusia jaman sekarang ini memang  lebih maju dibandingkan dengan masyarakat tradisional. Jika dilihat, idealnya manusia modern mampu/bisa berpikir logis dan berhasil menciptakan serta menggunakan berbagai teknologi untuk meningkatkan kualitas kehidupannya. Tak bisa disanggah memang bahwa teknologi banyak membawa perubahan, baik positif maupun negatif.

ads

Dengan menggunakan kecerdasannya, manusia modern seharusnya bisa berpikir  bijak dan arif, sayangnya dalam kenyataannya banyak manusia modern yang memiliki masalah, bahkan ketidakseimbangan diri. Mereka sangat mudah terserang gangguan-gangguan kejiwaan dan juga menunjukan Ciri-Ciri Depresi Ringan sampai tingkat stres yang tinggi, dibandingkan manusia tradisional yang terdahulu. Tak terasa mental manusia jaman dulu pun lebih kuat dan lebih tak tertandingi.

Berikut ini 17 gangguan jiwa pada manusia modern, diantaranya adalah :

1). Climomania

Pertama yaitu Climomania, dimana keinginan berlebihan untuk terus berada di tempat tidur. Climomania  sering dialami oleh masyarakat modern, terutama jika cuaca dingin. Maka keinginan untuk tidur seharian sangatlah tinggi. Climomania berasal dari bahasa Yunani yang artinya obsesi tidur. Manianya memang menunjukan bahwa penderita obsesi pada bantal, guling, selimut dan lainnya.

2). Doromania

Doromania yaitu obsesi untuk bisa memberi hadiah. Banyak orang jaman sekarang senang sekali memberi hadiah terutama untuk orang terdekat. Tak hanya itu, sebagian orang juga merasa obsesi untuk menerima hadiah atau mengharapkan hadiah.

Doromania adalah dorongan dan kesenangan yang dianggap tidak wajar dan tidak normal untuk memberi hadiah. Penderitanya terobsesi memilih dan memberi hadiah, namun bukan untuk hal baik ataupun hal yang sangat dermawan, melainkan karena hal lain yang lebih kompleks dan rumit.

3). Alienasi

Alienasi atau keterasingan sering sekali dirasakan oleh manusia modern. Tak jarang kan mereka mengalami keterasingan terhadap dirinya sendiri tanpa sebab atau secara tiba-tiba. Orang modern sering kali tidak mampu memahami pribadi dan keinginan hidupnya sendiri.

Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi, seperti adanya perubahan sosial yang berlangsung cepat,  Hubungan antar manusia sudah membosankan atau aneh, Lembaga tradisional sudah berubah menjadi lembaga rasional yang justru tidak sesuai dengan dasarnya dan lainnya.

4). Neurosis

Neurosis merupakan masalah yang terjadi pada saraf manusia, dimana kehidupan modern ditandai dengan adanya kemajuan dalam bidang transportasi, komunikasi juga arus urbanisasi yang tinggi. Hal ini memberikan efek sangat besar pada setiap individu. Dimana mereka mengalami disintegrasi personal yang lebih parah dan lebih dari sekedar stres, depresi. Tapi juga gangguan neurosis-neurosis yang berbentuk seperti gangguan fungsional pada sistem syaraf, mencakup pola disintegrasi.

5). Psikosis

Apakah anda pernah melihat seseorang begitu meledak-ledak emosinya ? padahal selama ini ia diam dan menjadi orang yang baik-baik saja. Seseorang yang menderita psikosis sering mengalami ketakutan hebat, mengamuk dan juga melakukan usaha-usaha bunuh diri, dan sedihnya gangguan ini ada dalam manusia-manusia modern yang mengalami stress atau kehidupan berulang.

Baca juga :

6). Enosimania

Enosimania merupakan tekanan untuk berpikir bahwa dirinya telah mengalami atau melakukan kesalahan. Umumnya hal ini terjadi karena adanya kritik yang mungkin tidak bisa dimaafkan dan membuat mereka trauma. Seringkali hal ini terjadi pada orang-orang modern yang memiliki masalah kompleks.  Gejalanya yaitu napas pendek dan cepat, detakan jantung tidak menentu, berkeringat, muak, dan tentunya ketakutan yang besar sehingga orang tersebut mencoba menghindarinya.


7). Degradasi Moral

Manusia modern jaman sekarang ini dangkalnya iman dan pola hidup materlalistik. Dimana uang merupakan segalanya dibandingkan sikap menghargai atau kepentingannya bersama Tuhan. Maka manusia dengan mudah dapat menggunakan prinsip menghalalkan segala cara dalam mencapai tujuan yang diinginkannya, terutama menyangkut soal atau masalah uang. Maka iman dan moral akan dinomor sekian-kan.

8). Kecemasan

Kecemasan merupakan salah satu penyakit atau gangguan yang dimiliki oleh manusia jaman modern. Seseorang yang mengalami stres dapat diartikan orang itu memperlihatkan keluhan-keluhan fisik, depresi dan kecemasan. Cemas sendiri menghabiskan banyak tenaga, karena kita tidak bisa duduk diam. Lebih parahnya manusia modern seringkali dilanda kecemasan tanpa ada sebab yang jelas atau pasti.

9). Schizotypal

Selanjutnya adalah penyimpangan psikis ini membuat seseorang memiliki delusi atau suatu imajinasi yang dibua-buat namun seolahh nyata dan diyakini kebenaran hal tersebut. Meskipun terkadang tahu bahwa orang tersebut telah mengetahui secara logis apa yang ia yakini tersebut bukan hal yang nyata. Gangguan ini menerpa manusia modern karena adanya adu gengsi dan adu sosial.

Gangguan Schizotypal memiliki gejala seperti dilihat dari penampilan, perilaku, dan bicara, berkeyakinan aneh, mengaitkan segala hal dengan magis, renungan obsesif, mempunyai pengalaman persepsi yang tidak biasa, dan menghidari kontak sosial.

10). Depresi

Siapa sih yang tidak tahu bahwa gangguan ini merupakan gangguan yang paling umum untuk menggambarkan perasaan sedih yang mendalam, atau tertekan secara berlebihan. Depresi merupakan gangguan yang biasa terjadi pada manusia modern tanpa terkecuali. Depresi sering menyebabkan hilang minat dan juga semangat dalam diri seseorang menjadi acak-acakan. Selain itu juga malas beraktivitas, gangguan pola tidur, bahkan mampu mendorong kamu untuk melakukan bunuh diri. Apabia ingin terhindar dari depresi, bisa pelajari Terapi Psikologi Untuk Depresi, Tanda-Tanda Depresi dan Cara Mengatasinya, dan juga Depresi dalam Psikologi.

11). Antisosial 

Gangguan Kepribadian Antisosial  yaitu jenis kondisi mental kronis seseorang yang mengalami masalah dalam cara berpikir dan mencoba memahami situasi, serta berhubungan dengan orang lain.  Mereka memiliki cara berpikir yang berbeda ketika melihat orang lain. Dimana, orang dengan gangguan kepribadian antisosial biasanya tidak memperhatikan benar dan salah, dan tidak mepedulikan lingkungan sekitarna. Bagi mereka dunia sendiri saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhannya.

12). Hypochondriasis

Hypochondriasis adalah gangguan yang banyak menyerang manusia modern, dimana gangguan ini menyebabkan penderitanya merasakan cemas yang berlebihan terhadap kesehatan tubuhnya, atau merasa menderita penyakit serius. Padahal, sebenarnya penyakit tersebut tidak ada dan hanya hayalan saja. Seringkali masyarakat sekarang menggunakannya untuk menghindari hal-hal tertentu yang menyebabkan mereka bersikap berlebihan.

13). Paranoid

Selanjutnya adalah gangguan yang terjadi pada manusia modern selanjutnya yaitu Gangguan kepribadian paranoid ditandai oleh ketidakpercayaan terhadap orang lain. Hal ini bisa terjadi jika ada seseorang termasuk teman-teman dan bahkan pada pasangannya tidak bisa dipercaya meskipun hanya berkata hal-hal ringan. Ketidakpercayaan yang luar biasa itu membuatnya selalu dihantui ketakutan. Umumnya gejalanya ditandai dengan tidak bisa tidur, mengalami masalah nafsu makan dan lingkungan sosial.

14). Body Dysmorphic Disorder

Gangguan manusia modern selanjutnya yaitu dimana seseorang memiliki rasa takut dan cemas yang sangat berlebihan terhadap suatu kelainan pada bagian tubuhnya. Ia akan memperhatikan seluruh bagian-bagian tubuh, mereka juga tidak dapat berhenti memikirkan apakah penampilan mereka sudah sempurna atau belum.

Selain itu mereka slelau ingin terlihat sempurna. Jika menemukan kelainan atau kekurangan pada bagian tubuhnya, mereka akan merasa tertekan dan juga depresi karena kekurangan yang ia lihat.

15). Addiction

Rasanya anda sudah tidak asing bukan dengan kata addict atau addiction. addict memiliki arti ketagihan. Semakin sering anda menggunakan media sosial maka anda akan semakin ketagihan dan melakukannya lagi dan lagi. Hal ini cukup meracuni banyakmanusia modern dan juga membuat pola hidup normal menjadi acak-acakan.


16). Frustasi

Frusastasi merupakan gangguan selanjutnya, dimana tujuan tidak bisa tercapai sehingga membuay orang kecewa dan mengalami halangan dalam usahanya untuk mencapai tujuan ataupun keinginannya.  Maka frustasi dapat mengakibatkan berbagai bentuk tingkah laku yang aktif dan aneh, namun sebaliknya apabila frustasi dapat memunculkan sebuah perjuangan maka dapat menguntungkan orang tersebut. Tetapi jika sebaliknya dan justru menimbulkan masalah, nah ini akan menyebabkan gangguan jiwa pada orang tersebut.

17). Narcissistic Personality Disorder (NPD)

Narcissistic Personality Disorder atau biasa disebut NPD merupakan gangguan yang dialami manusia modern, dimana mereka akan menjadi orang yang arogan, egois, dan tidak bisa berempati dengan orang lain. Mereka juga terbiasa untuk menggunaan peralatan canggih untuk pamer dan menunjukan diri bahwa ia yang paling bagus.

Orang NPD selalu mengharapkan pujian dan kekaguman dari orang-orang di sekitarnya bahkan yang tidak dikenal sekalipun. Mereka jadi sulit menjalin hubungan dengan orang lain dan rentan terancam depresi. Gejala NPD orang suka pamer foto dirinya sendiri dengan berbagai gaya di sosial media.

Itulah 17 gangguan yang biasa menimpa manusia modern. Memang jika dilihat lagi semua gangguan disebabkan oleh teknologi dan perubahan kebiasaan manusia jaman sekarang yang lebih cenderung menikmati segala hal yang instan sehingga tak perlu lagi usaha susah-susah untuk mendapatkan berbagai kebutuhan atau keinginan. Namun ada bainya meskipun banyak teknologi yang memudahkan kita harus bijak dalam menggunakannya agar tidak terjadi gangguan yang tidak diinginkan seperti halnya gangguan manusia modern atau jaman sekarang ini.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Gangguan Psikologi