Sponsors Link

6 Konsep Manusia Dalam Psikologi Kognitif Paling Lengkap

Sponsors Link

Psikologi kognitif. Apakah sobat semua sudah pernah mendengar psikolog kogniitf ini sebelumnya sobat? Jika belum pernah tidak usah galau sobat, karena pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan penjelasan secara gamblang buat sobat semua mengenai psikologi kognitif tersebut.

ads

Psikologi ini sendiri memang merupakan sebuah cabang ilmu pengetahuan yang cukup luas cakupannya serta ilmu yang satu ini menyentuh atau berperan dalam setiap aspek dalam kehidupan kita tentunya, meskipun hal tersebut anda sadari maupun tidak.

Adapun psikologi kognitif itu sendiri berasal dari dua kata, yaitu psikologi dan kognitif. Untuk itu ada baiknya kita bahas satu per satu saja ya sobat. Secara umum oengertian psikologi adalah sebuah cabang ilmu pengetahuan yag didalmnya mempelajari tentang ilmu jiwa, atau yang kerap sekali disebut dengan ilmu yang mempelajari tentang gejala – gejala kejiwaan,dan bisa juga disebut sebagai ilmu yang mempelajari tentang sikap, perilaku, atau tigkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungan sosialnya.

Sedangkan kognitif merupakan adalah sebuah cabang ilmu pengetahuan yang membahas atau mempelajari mengenai hal –  hal yang dialami manusia seperti sikap, ide, harapan, keinginan dan lain sebagainya. Jadi dari pengertian kedua kata tersebut maka bisa kita simpulkan bahwa psikologi kognitif merupakan sebuah cabang dari ilmu psikologi yang secara perspektif mengkhususkan diri pada ruang lingkup perspektif pemikiran ingatan manusia.

ai motofora dunia komputer. Atau dengan kata lain psikologi kognitif juga diartikan sebagai sebuah cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari bagaimana proses mental dan pada umumnya membahas mengenai bagamana cara berpikir, melihat, daya ingat, dan belajar dari seseorang. Adapun fokus utama dari psikologi kognitif ini adalah mengenai bagaimana cara manusia memperoleh, memproses, serta menyimpan maklumat.

Oke sobat semua demikianlah penjelasan mengenai pengertian psikologi kognitif secara umum. Semoga pengertian tersebut bisa anda pahami ya sobat. Hal yang penting yang tidak bisa anda lupakan dalammpsikologi kogniitf ini adalah mengenai konsep manusia dalam psikologi kognitif itu sendiri.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, di dalam menjalankan fungsinya, psikologi kognitif ini tentunya haruslah di dukung oleh adanya konsep manusia di dalamnya. Adapun konsep manusia yang di maksud adalah sebagai berikut :

1. Konsep Kognisi

Konsep manusia dalam psikologi kognitif yang pertama adalah konsep kognisi. Konsep kognisi merupakan bagian dari psikologi kogniitf yang mempelajari proses –  proses persepsi, ingatan, bahasa, penalaran, dan juga pemecahan sebuah masalah. (Baca juga mengenai konsep representasi internal dalam psikologi kognitif)

Sponsors Link

2. Konsep Persepsi

Konsep berikutnya adalah konsep persepsi. Persepsi ini merupakan sebuah pemikiran yang mengatakan bahwa pendapat sementara atau keismpulan sementara yang dilakukan oleh seseorang atau individu terhadap suatu hal yang timbul dalam benak maupun pemikirannya. Adapun persepsi tersebut bisa saja salah dan bisa juga benar. Selain itu persepsi yang disimpulkan oleh seseornag tersebut bisa bertahan dalam waktu yang lama maupun hanya sementara saja. (Baca juga mengenai konsep psikologi proyektif dalam studi kepribadian)

3. Konsep Ingatan

Konsep berikutnya yang ada dalam konsep manusia dalam psikologi kognitif adalah konsep ingatan. Konsep ingatan ini merupakan kemampuan seseornag dalam mengingat informasi atau suatu berita dari sekedar membaca dengan menulisnya secara ulang akan lebih baik. (Baca juga mengenai konsep intelegensi dalam psikologi pendidikan)

ads

Karena dengan menulis, seseoramg dapat membaca informasi tersebut dua kali lipat, dimana pikiran dan otak manusia akan lebih keras bekerja ketika menulis karena pada saat menulis otak dan pikiran tersebut saling beriringan untuk memahami dan menyimpan informasi yang di dapatkan. Semenata itu jika anda membaca maka anda hanya mengandalka separuh ingatan tanpa pemahama seperti sedang menulis.

4. Konsep Bahasa

Konsep bahasa juga merupakan salah satu konsep manusia dalam psikologi kognitif. Konsep bahasa ini merupakan sebuah konsep yang mengatakan bahwa sebuah informasi yang dilakukan oleh manusia akan lebih mudah dipahami dan dimengerti ketika bahasa yang digunakan sesuai dengan bahasa yang digunakan oleh  orang yang melakukan sebuah komunikasi.

Sehingga informasi tersebut akan lebih maksimal ketika digunakan. Dengan melakukan hal tersebut otak dan pikiran manusiaa akan dapat mencerna apa yang disampaikan dan dapat menerima apa yang disampaikan dalam informasi tersebut. (Baca juga mengenai konsep kepribadian dalam psikologi agama)

5. Konsep Penalaran

Tidak usah ditanyakan lagi ya sobat, bahwasanya konsep penalaran ini sangatlah dibuthkan oelh siapapun dan tentunya dalam menjalankan apapun juga. Hal ini juga tentuya berlaku pada konsep manusia dalam psikologi kognitif, tentunya memerlukan apa yang disebut dengan penalaran.

Seseorang yang memiliki kemampuan penalaran yang tajam akan mudah mendapatkan informasi terkait dengan sebuah masalah dan bukan hanya dari satu sisi atau satu padangan saja, namun apabila seseorang mempunyai penalaran yang baik tentunya bisa mendaptkan informasi dari berbagai sumber dan dari berbagai sisi juga tentunya. (Baca juga mengenai konsep psikologi eksistensial)

6. Konsep Persoalan

Konsep lainnya yang tentuya memberikan pengaruh dalam konsep manusia dalam psikologi kognitif lainnya adalah konsep persoalan. Sikap dan perilaku dari seseorang manusia dapat mencerminkan masalah yang mereka hadapi. Keberadaan sikap dan perilaku ini apabila digabungkan dengan informasi yang sudah ada, maka dapat menciptakan suatu solusi atas masalah yang sedang dihadapi.

Hanya seaagi tambahan informasi saja nih sobat, adapun konsep psikologi kognitif ini khusus untuk mempelajari dan menggali sebagian spesifikasi otak manusia, kognisi yang memang merupakan suatu aset dalam benak manusia, sebagai pusat pengendali dari beragam aktivitas yang digunakan untuk mengenali lingkungan, melihat beragam masalah serta mencari solusi dari permasalahan tersebut, menganalisa berbagai masalah, mencari informasi baru, serta mencari aau menentukan solusi atau kesimpulan dari apa yang telah dianalisa atau di cari tahu tersebut.

Sponsors Link

Selain itu, konsep kognitif ini juga merupakan sebuah proses mental yang aktif untuk mencapai mengingat dan menggunakan pengetahuan. Oeh karena itu, sebuah perilaku tidaklah dapat diukur dan dilihat tanpa melihat proses mental itu sendiri.

Sekian informasi mengenai konsep manusia dalam psikologi kognitif yang bisa penulis share pada kesempatan kali ini ya sobat. Penulis berharap artikel ini bermanfaat bagi sobat semua yang sudah dan akan membacanya. Sampai jumpa sobat, salam psikologi kognitif selalu.

Sponsors Link
, , , ,