Sponsors Link

7 Penyebab Skizofrenia Paranoid Yang Perlu Diperhatikan

Sponsors Link

Setiap individu tentu secara normal akan memiliki kesehatan baik psikis maupun fisik yang baik tanpa adanya permasalahan atau kelainan. Seseorang memiliki peluang dalam kehidupannya untuk mengalami kondisi permasalahan baik itu fisik maupun psikis. Dalam penjelasan kali ini, akan mengulas mengenai pembahasan mengenai permasalahan psikis yang dapat terjadi pada seseorang yakni skizofrenia paranoid, sebagai salah satu dari macam macam skizofrenia yang sering terjadi di masyarakat.

ads

Secara definisi, skizofrenia sendiri adalah penyakit psikis atau gangguan mental yang unik dan kronis yang dapat menyebabkan gangguan berfikir pada penderitanya. Sedangkan paranoid sebenarnya merupakan kondisi gejala dari skizofrenia sehingga beberapa dokter tidak memisahkan antara skizofrenia paranoid dan induknya. Memahami penyebab dari munculnya kondisi skizofrenia paranoid merupakan langkah yang tepat untuk mencegahnya terjadi kondisi tersebut. Berikut beberapa penyebab  skizofenia paranoid diantaranya seperti :

  1. Kelainan pada otak

Penyebab pertama yang dapat menjadikan seseorang mengalami kondisi munculya gejala skizofrenia paranoid adalah karena adanya kelainan pada otak dan kepala. Bentuk kelainan yang dapat memicu munculnya masalah psikologis tersebut diantaranya seperti adanya senyawa kimia di otak yakni serotonin dan dopamine, serta perbedaan struktur dari otak dan sistem saraf pusat pada penderita skizofrenia dengan orang normal.

  1. Keturunan dan genetik

Sejauh ini, penyebab pasti munculnya kondisi penyakit skizofrenia sebagai salah satu dari gangguan psikotik tidak dapat dijelaskan dengan detail. Beberapa orang yang memiliki keturunan dan secara genetik dapat diturunkan dari anggota keluarga yang telah didiagnosis mengalami penyakit skizofrenia memiliki resiko tinggi untuk juga mengidap gangguan psikis tersebut.

  1. Faktor lingkungan yang kurang sehat

Penyebab skizofrenia paranoid lainnya adalah karena faktor lingkungan yang tidak sehat sehingga seseorang mengalami infeksi virus yang dapat memicu gangguan psikis seperti skizofrenia. Selain lingkungan, kondisi tubuh yang tidak mendapatkan asupan nutrisi cukup juga dapat memiliki resiko lebih tinggi mendertia penyakit skizofrenia.

  1. Penyalahgunaan narkotika

Kasus lain yang dapat menunjukan penyebab seseorang mengalami penyakit skizofrenia adalah karena penyalahgunaan narkotika dan obat obatan terlarang. Konsumsi narkotika memang dapat memberikan pengaruh yang buruk pada otak sehingga memicu kerusakan otak yang bisa jadi mengarah pada kondisi skizofrenia paranoid dan skizofrenia katakonik.

  1. Penyakit autoimun

Faktor pemicu atau penyebab seseorang dapat mengalami kondisi penyakit skizofrenia lainnya adalah karena mengidap penyakit autoimun. Penyakit autoimun adalah gangguan kesehatan yang terjadi akibat sistem imun tubuh menyerang tubuhnya sendiri. Kondisi tersebut dapat beresiko merusak bagian otak sehingga akan meningkatkan resiko terjadinya penyakit skizofenia paranoid.

  1. Cacat saat lahir

Kondisi cacat bawaan saat lahir juga dapat menyebabkan terjadinya permasalahan psikologis skizofrenia tersebut. Kondisi kelahiran prematur dan bayi yang kekurangan oksigen saat lahir dapat memicu kerusakan otak yang mengarah pada penyebab skizofrenia paranoid.

  1. Trauma psikis

Keadaan lain yang juga dapat memicu terjadinya skizofrenia pada seorang individu adalah karena trauma psikis saat kecil yang dirasakan oleh individu tersebut.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab skizofrenia paranoid yang perlu diperhatikan dengan baik sebagai salah satu gangguan atau permasalahan psikologis yang cukup serius. Dengan mengetahui penyebab yang ada maka ada upaya yang dapat dilakukan dalam mencegah terjadinya kondisi penyakit skizofrenia paranoid.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Gangguan Psikologi