Sponsors Link

12 Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Komunikasi Interpersonal

Sponsors Link

Di dalam kehidupan manusia merupakan mahluk social, dimana dalam hidupnya sangat membutuhkan pertolongan dari manusia lainnya, khususnya di dalam lingkungan bermasyarakat tentunya setiap manusia membutuhkan interaksi karena setiap manusia membutuhkan yang namanya hidup berdampingan dengan orang lain.

ads

Dalam kegiatan bermasyarakat pun tentunya setiap manusia membutuhkan hidup bersosialisasi dengan lingkungannya, dalam hal ini juga dapat menyampaikan semua hal yang dibutuhkannya melalui komunikasi yang baik.

Komunikasi juga memiliki peranan yang sangat penting, khususnya dalam peranan komunikasi interpersonal didalam hidup komunikasi yang dilakukan oleh dua orang ataupun lebih.

Peranannya mencakup aspek psikologis sosial dengan lingkungan dan juga menggunakan komunikasi yang efektif diantara openness, emphaty, skill supportive, equalty dan juga positiveness.

Namun untuk kecerdasan emosi, biasanya berhubungan dengan pengelolaan emosi, motivasi, pengenalan emosi dengan orang lain dan juga dapat membina hubungan kehidupan dengan orang lain, namun dalam hal ini juga ada beberapa faktor yang di dalamnya bisa menimbulkan terjadinya komunikasi interpersonal yang cukup baik.

Di dalam ruang lingkup berkomunikasi juga memungkinkan kita dapat memiliki pengetahuan yang jauh lebih luas, dan juga di dalam lingkungan social, bisa mencakup psikologi keluarga, teman, rekan dan juga masyarakat pada umumnya.

1. Mencapai sebuah tujuan

Yang namanya komunikasi memang harus diperlukan untuk melakukan interkais, bahkan jika kita bertemu orang lain pun biasanya harus melakukan komunikasi sebagai cara berinerkasi dengan baik.

Dengan memiliki kecerdasan emosional yang baik tentunya kita mampu melakukan komunikasi ienterpersonal dengan sangat baik, sheingga akan mencapai tujuan yang efektif.

2. Penyampaian pesan yang baik

Keceerdasan emosional dibutuhkan oleh semua orang, dimana dalam proses penyampaian pesan akan menjadi jauh lebih baik, sehingga dalam prosesnya memang harus dilakukan dengan baik, agar pesan yang akan disampaikan nantinya pun akan sampai dengan baik.

Karena seperti kita ketahui komnikasi itu harus dilakukan secara efektif, agar nantinya dapat mennyampaikan pesan dengan baik pula, untuk lebih detailnya bisa disampaikan oleh penyampaian pesan dari komunikator ke komunikan.

3. Lebih mudah bersosialisasi

Kegiatan bersosialisasi memang harus dimiliki oleh semua orang, namun tidak semua orang memiliki cara bersosialisasi yang baik, melalui kecerdasan emosional yang baik pula nantinya dapat mencapai komunikasi interpersonal yang baik pula.

Oleh karena itu sebaiknya jangan pernah mengabaikan kecerdasan emosional yang satu ini.

Cara ini pun bisa di aplikasikan dalam kgiatan social, baik itu yang bersifat formal maupun di lingkungan sehari-hari.

4. Dapat lebih saling menghargai

Setiap orang memang snagat mebutuhkan kecerdasan emosional yang baik, hal ini juga agar nantinya bisa jauh lebih baik lagi untuk melakukan hal-hal di luaran sana, khususnya hal yang berkaitan dengan komunikasi interpersonal, dimana dalam hal ini akan sangat berhubungan erat.

Setiap orang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, biasanya akan lebih memiliki rasa saling menghargai dintara sesamanya, dan tentunya dapat menghindari dirinya drai hal-hal yang harus dilakukan dengan sangat baik untuk ke depannya.




5. Dapat mewujudkan komunikasi yang bersifat informal

Memiliki kecerdasan emosional yang baik akan mampu membuat diri kita menjaid jauh lebih peka terhadap diri sendiri dan juga terhadap orang lain.

Dalam hal ini juga komunikasi informal yang dilakukan secara horizontal tentunya akan terwujud, dan juga memiliki satu kemiripan dengan orang lain.

Dimana yang menjadi penghubungnya adalah pekerjaan, agama dan juga hobi yang serupa, karena seseorang yang memiliki hal yang sama biasanya akan bisa jauh lebih baik untuk melkaukan komunikasi.

6. Dapat menguasi frame of reference komunikan

Komunikasi yang baik memang sangat dibutuhkan oleh setiap orang, dalam hal ini juga peranan nya sangat penting.

Khususnya dalam melakukan umpan balik pembcaraan, khususnya untuk seseorang yang memiliki hubungan kecerdasan emosional dengan kepemimpinan yang baik, tentunya cara nya menguasai pembicaraan dan lebih memahami satu sama lain juga akan jauh lebih tinggi, dimana kegiatan atau sikapnya akan jauh lebih baik pula.

7. Mendorong perkembangan intelektual

Intelektual seseorang tentu akan berhubungan dengan cara berfikirnya dan juga caranya melakukan komunikasi dengan baik.

Khususnya ketika anda memiliki hal yang perlu anda lakukan atau cara and amelakukan komunikasi dengan orang lain pun akan jauh lebih terlihat mellaui intelektualitas yang dimiliknya, karena setiap orang akan terlihat dan dinilai dari caranya berkomunikasi dengan orang lain.

8. Pembentukan identitas diri

Dalam pembentukan karakter dan juga identitas diri seseorang akan sangat berkaitan erat dengan caranya berkomunikasi secara interpersonal dengan orang lain, salah satunya adalah pembentukan identitas dirinya sendiri.

Dimana setiap orang memiliki sesuatu cara untuk mengembangkan identitas diri yang dimilikinya, sehingga akan jauh lebih terlihat karakter seseorang tersebut itu seperti apa.




9. Memiliki kemampuan mengelola emosi

Seseorang yang memiliki kecerdasa emosional yang baik tentunya bisa kita lihat dari caranya untuk mengelola emosinya dengan baik, dimana seseorang tersebut akan jauh lebih mudah dalam mengatasi masalah dna juga melihat suatu permsalahan yang akan dilakukannya.

Berbeda dengan seseorang yang tidak memiliki kecerdasan emosional, dimana orang tersebut akan lebih sulit untuk mengatur emosinal yang ada di dalam dirinya.

10. Memiliki kepekaan yang jauh lebih baik

Komponen terpenting di dalam kehidupan salah satunya adalah dibutuhkannya rasa kepekaan yang kita miliki terhadap orang lain, karena manusia merupakan mahluk sosial.

Dimana kita memang akan sangat bergantung pada orang diri sendiri dan juga orang lain, sehingga seseorang yang memiliki kecerdasan emosi yang baik tentunya selain dapat berkomunikasi dengan baik, dia pun bisa memiliki tingkat kepekaan yang jauh lebih baik.

11. Kemampuan bernegosiasi dengan baik

Kemampuan bernegosiasi yang baik juga bisa sangat bergantung pada kecerdasan emosional yang dimiliki oleh orang lain, dimana sebagai manusia jika kita memiliki cara bernegosiasi yang baik, tentunya bisa jauh lebih baik pula dalam caranya berkomunikasi dengan orang lain.

Sehingga dengan kata lain kita bisa jauh lebih paham mengenai hal-hal yang membuat kita jauh lebih mengerti tentang apa yang dilakukan oleh orang lain.

12. Sistem komunikasi yang mempengaruhi tubuh

Tubuh seseorang tentunya akan sangat dipengaruhi mengenai caranya berpikir, dengan kata lain seseorang yang memiliki kecerdasan emosional yang baik nantinya bisa lebih mudah melakukan komunikasi, karena hal tersebut dipengaruhi oleh tubuhnya sendiri.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :