Sponsors Link

13 Cara Mengatasi Gangguan Psikologi Pada Ibu Hamil

Sponsors Link

Kehamilan merupakan hal yang sangat membahagiakan bagi pasangan suami istri khususnya bagi calon ibu yang sedang mengandung. Akan tetapi dari kehamilan tersebut ternyata ibu hamil sangat rentan terkena masalah perubahan psikologis. Ibu hamil kerap merasa stres dengan kehamilan yang dijalaninya,  masalah peubahan psikologi  kerap muncul pada ibu hamil, hal ini terjadi karena ada perubahan yang terjadi pada fisiknya, baik yang terlihat langsung maupun yang tidak langsung.

ads

Kondisi ibu hamil memang berbeda-beda karena kondisi tersebut bergantung kepada perubahan hormon setiap orang sehingga tidak semua ibu hamil mengalaminya.  Bagi ibu hamil yang mengalami perubahan psikologis tentu sangat tidak nyaman dengan kondisinya, apalagi  dengan adanya perubahan fisik membuat ibu harus lebih menyesuaikan dirinya kembali dengan kondisi yang masih dianggap baru untuk sebagian ibu.

Bentuk Psikologis yang Kerap Terjadi Pada Ibu Hamil

  • Ketika mengandung, ibu kerap kali merasa lebih rapuh, mudah lelah, merasa khawatir, cemas dan ketakutan. Seperti misalnya merasa takut aktivitas yang dialakukannya dapat membahayakan janin yang ada didalam kandungannya. Atau bisa juga merasa khawatir tidak dapat mengurus secara baik anak yang sedang dikandungnya. Hal ini bisa dikatakan sangat wajar, karena bagi ibu yang hamil anak pertama, semua kondisi perubahan psikologis yang terjadi adalah hal baru bagi dirinya
  • Pemarah, Ibu hamil terkadang menjadi lebih emosional dan ini termasuk ke dalam ciri-ciri depresi ringan. mudah merasa depresi, hal ini terjadi karena merasa ketidakpastian akan masa depan, apakah ibu bisa merawat anak yang dikandungnya dengan baik, apakah bisa menjadi ibu yang baik untuk anak-anaknya dan terkadang merasa kurang percaya diri pada perubahan fisik yang dialaminya. Semuanya itu membuat ibu menjadi lebih sensitiv.
  • Pada kehamilan yang sudah masuk trimester ke 3 ibu hamil biasanya mulai merasa cemas dan takut akan rasa sakit yang nanti akan dirasakannya saat melahirkan sang buah hati. Rasa khawatir akan keselamatan sang bayi, merasa tidak nyaman dengan kondisi fisik dan perasaan lain yang timbul sehingga memerlukan perhatian khusus dari keluarga dan juga suami.

Ada beragai cara mengatasi gangguan psikologi yang terjadi selama kehamilan di antara nya sebagai berikut:

  1. Mencari informasi

Carilah informasi sebanyak mungkin khususnya bagi ibu yang sedang hamil anak pertama. Mencari informasi yang tepat akan membuat ibu merasa lebih yakin akan janin yang dikandungnya, hal Ini juga dapat mengurangi rasa cemas, khawatir akan ketidaktahuan yang terjadi terhadap perubahan selama hamil.

  1. Komunikasi dengan suami

Komunikasikan segala hal bentuk perubahan yang terjadi pada suami, karena dengan mngkomunikasikan perubahan yang terjadi suami akan memaklumi perubahan yang terjadi selama masa kehamilan sang istri, dan perasaan ibu juga akan jauh lebih baik karena adanya dukungan dari suami selama masa kehamilan.

  1. Melakukan senam hamil

Selain untuk menjaga kesehatan ibu hamil senam hamil juga bermanfaat untuk masa persiapan ibu saat akan melahirkan sang buah hati nanti, manfaat senam hamil sangat baik bagi penanganan psikologis ibu hamil, dengan melakukan senam hamil rasa khawatir dan cemas saat persalinan nanti bisa ibu minimalisir sehingga dapat menormalkan kondisi perubahan psikologis ibu.

Sponsors Link

  1. Rajin melakukan check up

Periksakanlah kehamilan secara teratur, mencari informasi sebanyak-banyaknya kepada dokter atau bidan yang terpercaya dan jangan lupa ajaklah suami saat anda berkonsultasi ke dokter atau bidan.

  1. Lakukan pemeriksaan psikiatrik

Pada umumnya pemeriksaan psikitarik atau pengobatan secara hipnoterapi perlu dilakukan pada ibu hamil yang pada kondisi anemnesa menunjukan kondisi yang beresiko tinggi terhadap perubahan psikologis. Apalagi manfaat hipnoterapi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Sebagian besar wanita hamil sangat percaya bahwa pada pengobatan dan anjuran-anjuran yang diberikan oleh dokter dapat membuat ibu hamil lebih bersikap positif sehingga dapat mengubah sifat jiwa yang negatif.

  1. Makan sehat

Ibu hamil harus paham benar mengenai jenis-jenis asupan makanan yang baik bagi tubuh ibu, khususnya untuk janin yang dikandungnya. Hindari mengkonsumsi bahan makanan yang dapat membahayakan ibu dan janin yang dikandung. Seperti makanan yang mengandung zat-zat aditif, alkohol rokok atau obat-obatan yang tidak dianjurkan semasa kehamilan. Hindari juga zat berbahaya seperti asap kendaraan yang mengandung timah yang dapat membahayakan perkembangan kecerdasan otak janin.

  1. Jaga Penampilan

Menjaga penampilan juga sangatlah penting untuk ibu hamil, menjaga kebersihan dan berpakaian sesuai dengan kondisi badan ibu. Latihan fisik ringan seperti berenang, jalan santai sangat baik dilakukan di masa kehamilan measuki trimester ke 3. Hal ini sangat bermanfaat selain untuk kondisi psikologis ibu juga dapat membantu melancarkan selama persalinan nanti.

  1. Mendengarkan musik

Pernahkah ibu mendengar bahwa salah satu cara untuk menghilangkan stres yang paling mudah adalah dengan mendengarkan musik. Mendengarkan musik  dapat membuat ibu jauh lebih merasa tenang dan rileks, juga dapat mengatasi kecemasan maupun perasaan jenis emosi yang negatif.

  1. Pengobatan

Pengobatan ini dianjurkan untuk masalah Psedocyesis yang masuk dalam kategori tinggi. Memang secara umum tidak ada rekomendasi pengobatan dengan obat-obatan hal ini hanya terjadi dalam beberapa kasus saja. Ketika beberapa pasien telah mengalami Pseudocyesis telah mendasari psikologis mereka harus dirujuk untuk melakukan pengobatan ke psikoterapis.

Sponsors Link

  1. Mengetahui efek samping obat-obatan yang di konsumsi

Umumnya ibu hamil dilaang untuk mengkonsumsi obat-obatan jenis apapun, tetapi apabila ibu sedang dalam mengkonsumsi jenis obat-obatan yang memang telah dianjurkan oleh dokter sebaiknya ibu harus mengetahui efek samping yang akan terjadi saat ibu mengkonsumsi obat-obatan tersebut. Efek samping yang harus diperhatikan agar tidak menganggu psikologis ibu dan kesehatan janin yang sedang dikandung.

  1. Latihan pernafasan

Latihan pernafasan yang teratur setiap hari bisa ibu lakukan untuk mendapatkan ketenangan dan kenyamanan suasana hati ibu. Manfaat Relaksasi Bagi Jiwa sangat banyak. Melakukan latihan relaksasi ini sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi emosional ibu agar bisa jauh lebih stabil

  1. Kurangi kegiatan yang berat

Melakukan penyesuaian kegiatan sesuai dengan kondisi fisik ibu sangatlah penting, karena memasuki masa persalinan kondisi fisik ibu sudah jauh berbeda ketika memasuki awal kehamilan. Lakukan persiapan yang khusus bersama suami agar siap mengahdapi perubahan setelah kelahiran sang bayi

  1. Shopping

Semua wanita pasti sangatlah menyukai kegiatan belanja. Melakukan persiapan kehadiran sang buah hati memang sangatlah menyenangkan, dan hal ini juga ternyata dapat  mengatasi gangguan psikologis pada ibu hamil. Buatlah jadwal belanja bersama suami untuk membeli persiapan kebutuhan sang bayi nanti. Kegiatan belanja ini ternyata sangat membantu dalam menstabilkan tingkat emosional ibu agar merasa jauh lebih rileks dan bahagia.

Semoga bermanfaat ya!

Sponsors Link
, , ,