Sponsors Link

7 Manfaat Menulis Untuk Kesehatan Mental

Sponsors Link

Siapa sangka dari hobi menulis bisa menghasilkan banyak manfaat, salah satunya yaitu mampu menjaga kesehatan mental. Bagi Anda yang hobi menulis sangat baik sekali apabila hobi tersebut dijadikan sebagai obat dan juga pilihan menghilangkan rasa jenuh. Berikut ini hambatan psikologis dalam menulis yang perlu Anda ketahui.

ads

Selain hal tersebut, menulis juga bisa menghasilkan materi yang lumayan menguntungkan. Ada banyak komunitas penulis yang bisa menjadi media Anda untuk bergaul, juga menambah kolega baru. Nah, untuk mengetahui apa saja manfaat menulis untuk kesehatan mental, berikut ini contohnya :

1. Membantu Menuangkan Emosi

Satu dari manfaat menulis yang bisa dirasakan yaitu membuat Anda jauh lebih bisa menuangkan emosi melalui tulisan. Tulisan yang dibuat bisa menjelaskan emosi Anda di masa silam atau saat ini sedang terjadi. Kekesalan, kesedihan, kegembiraan ditulis sesuai dengan apa yang Anda pikirkan dan imajinasi. Penjelasan antara hubungan kesehatan mental dengan ilmu lain.

2. Mengubah Pikiran Menjadi Terbuka

Semula Anda berpikir terlalu sempit, dengan tulisan Anda bisa membuka diri, pikiran juga perasaan lebih jauh. Anda bisa mengasah ilmu juga pengalaman yang dirasakan melalui tulisan. Sehingga perasaan kekesalan yang tadinya tidak keluar dapat tersalurkan melalui menulis. Contoh hubungan kesehatan mental dengan bimbingan konseling.

3. Mengungkapkan Isi Hati dan Perasaan

Manfaat menulis untuk kesehatan mental yang bisa Anda rasakan selanjutnya adalah ungkapan hati melalui menulis sangat baik.

Ungkapkan semua keluhan, kebahagiaan lewat tulisan, sehingga perasaan juga pikiran Anda menjadi lebih tertampung. Anda bisa membuat cerpen, kisah hidup dan bentuk apapun tulisan Anda. Dengan demikian hati, perasaan serta jiwa Anda lebih bebas tanpa beban. Ketahuilah beberapa karakteristik kesehatan mental yang sehat.

4. Memulihkan Kondisi Tidur Anda

Tulisan mampu memulihkan kondisi tidur Anda yang kurang berkualitas. Mulanya Anda kesulitan tidur, dengan menulis Anda jadi lebih mudah untuk beristirahat.

Asal jangan menulis dalam kondisi deadline ketat atau mengejar target. Hal ini akan berbeda, dalam artian itu sudah menjadi profesi yang harus Anda bagi waktunya antara istirahat juga menulis. Jadikan tulisan sebagai manfaat dan gunakan waktu tidur sebagai efektif. Contoh peran orang tua pada anak retardasi mental agar mandiri.

5. Membantu Memperbaiki Cara Komunikasi

Yang sebelumnya mungkin komunikasi Anda sedikit terganggu, dengan menulis Anda akan lebih mudah berkomunikasi. Baik secara verbal dan juga tulisan, ada banyak kosakata baru yang bisa dijadikan komunikasi.

Komunikasi bisa dilakukan dengan media maupun dengan orang banyak yang menjadi klien Anda pada saat menulis. Hal ini memberikan pelajaran baru bagi Anda mengenal banyak cara komunikasi dengan tulisan yang baik. Ketahui faktor penyebab gangguan kesehatan mental dari faktor sosial budaya.

6. Menajamkan Imajinasi dan Kreativitas

Berikutnya manfaat menulis untuk kesehatan mental yaitu menajamkan daya imajinasi dan juga kreativitas menulis Anda. Imajinasi memberikan banyak inspirasi sehingga Anda menulis sebuah tulisan yang menarik, lucu bahkan penuh makna.

Sangat kreatif sehingga tulisan tersebut dapat Anda tuangkan dalam bentuk blob, website atau media sosial lain selain buku. Berikut macam – macam contoh indepedensi dalam sikap mental.

7. Melancarkan Aura Positif Dalam Tubuh

Semua jenis tulisan yang dibuat secara kreatif mampu memberikan aura baik bagi penulisnya. Terpancar melalui bentuk cerita yang menarik, ungkapan penuh makna, hal tersebut membuat Anda percaya diri dan menjadikan satu kebanggan tersendiri.

Apalagi tulisan Anda bisa diterbitkan melalui media sosial ataupun majalah, selain menambah penghasilan secara prestise Anda menjadi lebih dikenal. Ketahuilah beberapa cara menghilangkan mental negatif.

Demikianlah, artikel yang mengupas mengenai manfaat menulis untuk kesehatan mental. Semoga menjadi manfaat yang berguna untuk Anda khususnya yang menyukai dunia menulis.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi