Sponsors Link

13 Hambatan Psikologis Dalam Menulis

Sponsors Link

HMenulis biasa dilakukan oleh siapa saja, misalnya mahasiswa yang sedang mengerjakan skirpsi, dosen dan guru yang sedang mengerjakan karya ilmiah, ataupun pelajar yang sedang mengerjakan berbagai tugas yang diberikan oleh gurunya. atau bisa juga seorang penulis yang sedang mengerjakan pekerjaannya sendiri.

ads

Sebelum berbicara lebih jauh lagi mengenai menulis, sebenarnya menulis itu sangat mudah, hal ini mungkin bagi mereka yang sudah terbiasa melakukan pekerjaan ini, namun sayangnya di dalam menulis seringkali terdapat berbagai hambatan yang terjadi.

Hambatan tersebut bisa berasal dari faktor internal ataupun faktor eksternal, untuk faktor internal sendiri biasanya datang dari dalam diri sendiri, sedangkan untuk faktor eksternal biasanya datang dari orang lain.

Hambatan di dalam menulis bisa juga terjadi pada profesi profesional seperti dosen dan juga guru,  karena hambatan psikologis dalam belajar. tersebut bisa dikatakan tergantung di dalam diri pribadi kita masing-masing. karena di dalam hambatan tersebut pasti ada yang namanya hambatan psikologis.

Nah untuk itu dalam artikel ini akan menjelaskan mengenai hambatan psikologis yang terjadi di dalam menulis. diantaranya:

  1. Rasa malas

Secara umum, rasa malas ini memang seringkali datang pada setiap orang, khusunya saat kita sedang menulis pun tidak akan luput dari yang namanya rasa malas. malas juga bisa dijadikan seabagai kendala atau hambatan dalam menyelesaikan sesuatu, mislanya saja saat sedang menulis karya ilmiah, ada tantangan tersendiri dalam mengerjakan hal ini, karen akita harus menghindari dari yang namanya rasa malas, dan biasanya memang diitmbulkan dari dalam diri sendiri.

2. Sering menunda pekerjaan

Sering menunda-nunda pekerjaan juga bisa dikatakan sebagai salah satu hambatan di dalam menulis, hal ini biasanya tejadi saat kita sedang mengerjakan sesuatu, contohnya sebuah karya ilmiah atau skripsi, pasti ada saat dimana kita emlakukan jeda di dalam pekerjaan kita.

Untuk itu seharusnya jangan pernah ada jeda di dalam pekerjaan, sebaiknya lakukan secara terus menerus,sehingga tidak akan ada saat dimana kita ingin menunda nya, karena jika sudah sekali ditunda pasri akan timbul hambatan dalam penyelesaiannya.

3. Kurangnya memahami

Krangnya pemahaman emngenai apa yang ingin kita tulis juga bisa menjadis ebuah hambatan di dalam kegiatan emnulis. mislanya saja saat kita sedang menulis karya ilmiah, dimana di dalamnya kita kurang memahami dari seluk beluk isi yang dimaksudkan di dalamnya, sehingga rasanya sangat tidak mengerti harus mengerjakan apa dan menulis mengenai apa. nah, hal ini lah yang bisanya menimbulkan hambatan di dalam emnulis.

4. Kurang menguasai topik

Kurangnya menguasai topik juga bisa dijadikan sebagai hambatan di dalam menulis, mislanya saja saat emnulis sebuah karya ilmuah, dan kita kurang emnguasai isi topik dari bahasan.

Untuk itu daripada kita memikirkan hal tersebut secraa terus-terusan, lebih baik perbanyaklah informasi mengenai topik tersebut, dan cari referensi sebanyak-banyaknya, jangan lupa untuk rajin mmebaca.


5. Kurang membaca

Kurang membaca disini juga bisa dijaidkan sebagai hambatan kita di dalam menulis, bisa dibayangkan bukan jika kita akan mengerjakan suatu karya ilmiah, karena di sana kita dituntut untuk melakukan penyelesaian masalah, nah, jika kita kurang membaca literatur pastilah informasi yang kita dapatkan tidak akan banyak, sehingga nantinya malah terjadi hambatan di dalam menulis.

6. Kurangnya informasi literatur

Kurangnya ada informasi literatur yang pas dengan karya ilmiah atau topik yang akan kita tulis juga bisa menjadi hambatan di dalam menulis.  mislakan kita sedang bersemangat mengerjakan tulisan.

Ternyata inormasi bahan literatur yang di dapat sangatlah kurang, pastilah ini akan terjadi hambatan di dalam mengerjakannya. untuk itu perbanyaklah mencari literatur yang tepat.

7. Plagiat

Plagiat ini bisa sangat emnghambat menulis, karena yang namanya plagiat tentu saja sanat dilarang, apalagi tulisan yang kita buat setiap kalimatnya sama persis, dan yang kita ganti mungkin hanya nama penulisnya saja.

Penjiplakan sebuah karya milik orang lain tentu lah bukan perbuatan baik, untuk itu sebaiknya sebelum menulis anda fikirkan dulu matang-matang agar nantinya tidak menjiplak karya orang lain.

8. Kesalahan typo

Kendala lainnya yang biasa terjaid adalah terjaidnya kesalahan typo di dalam penulisan, untuk itu sebaiknya anda harus mengecek kembali sesaat setelah menyelesaikan tulisna, hal ini juga agar mengantisipasi tulisan yang anda buat ditulis kembali karena berbagai kesalahan yang dilakukan, dan tentu saja ini akan snagat menghambat.

9. Tidak percaya diri

Kepercayaan diri kita di dalam menulis haruslah dibentuk, dan kita harus mencari cara meningkatkan kepercayaan diri. karena jika kita kurang percaya diri terhada hasil tulisan yang kita buat pastilah ini akan menjadi sebuah hambatan. untuk itu yakinkan bahwa tulisan yang kita buat adalah menarik.

10. Hilang mood

Hilangnya modd ini bisa saja terjadi oleh siapa saja, karena dengan kehilangan modd seseorang bisa sangat malas untuk melanjutkan isi tulisannya. nah pastinya hal ini akan sangat mempengaruhi dan menjaid hambatan di dalam menulis. bisa juga terjadi karena gangguan mood dalam psikologi

11. Kurangnya dukungan lingkungan

Lingkungan yang tidak mendukung juga bisa menjadi hambatan, misalnya kita terbisasa untuk emnulis dengan keadaan hening, namun jika keadaan rumah berisik, tentu saja akan sanget mempengaruhi tulisan kita, dan pada akhirnya bisa menjaid hambatan, hal ini juga berhubungan dengan teori dalam psikologi lingkungan

12. Kehabisan ide

Hilangnya ide sangat bisa menajdi hambatan di dalam kegiatan menulis, nah mislakn saat kita sedang menulis cerita atau menulis apapun yang biasa mengandalkan khayalan dan karangan, pasti kehilangan ide ini akan sanagt mempengaruhi hasil tulisan kita nanti.

Sehingga jika seorang penulis kehabisan ide di dalam penulisannya, tentu saja akan sangat menghambat kegiatannya di dalam menulis, dan ini pasti akan menunda setiap pekerjaan yang dilakukannya.

13.  Kurangnya waktu yang dimiliki

Kurangnya waktu yang dimiliki sudah pasti akan menghambat kegiatan apapun, termasuk di dalam kegiatan menulis. karena yang namanya menulis kita harus memiliki banyak waktu luang, dan juga tempat yang pas untuk kita membuat suatu tulisan. untuk seseorang yang tidak memiliki waktu tersebut tentu saja akan sangat menimbulkan hambatan menulis.

Nah, berikut ulasan mengenai hambatan yang terjadi di dalam emnulis. karena yang namanya menulis memang perlu memiliki wkatu yang pas dan juga mood yang baik.

Jika seseorang tidak memiliki hal-hak tersebut yang sudah dijelaskan diatas, hal ini juga bisa dihubungkan dengan psikologi pendidikan yang seharusnya lebih baik dan jika tidak terjadi sudah pasti akan terjadi hambatan di dalamnya, untuk itu sebisa mungkin agar menghindari berbagai hambatan yang ada.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Sastra