Sponsors Link

4 Teori Skinner Dalam Psikologi Kepribadian – Penjelasan Lengkap

Sponsors Link

Skinner memandang sebuah tingkah laku bisa ada dikarenakan suatu proses yang dinamakan belajar, selain dari proses belajar ada juga yang dinamakan pengalaman. Sehingga tingkah laku manusia dapat terbentuk apabila dilakukan stimulus atau rangsangan yang di dapatkan dari lingkungannya.

ads

Stimulus sendiri tentunya akan menimbulkan sebuah respon, hal ini dapat dicontohkan apabila kita sedang lapar dan kemudian disiapkan dua mangkok nasi, tentu yang akan kita lakukan adalah memakan nasi tersebut, dari hal ini kita dapat melihat yang dinakan respon, saat seseorang diberikan rangsangan maupun sebuah stimulus, tentu secara tidak langsung akan menimbulkan sesuatu yang menimbulkan respon.

Di dalam teori kepribadian skinner, reinforcement dan punishment memiliki pengertian panutan yang serupa dengan pemberian hadiah, pujian dan juga penghargaan, Misalnya saja saat anda melihat nilai raport anak anda dengn nilai yang bagus (sebuah stimulus) kemudian tentunya ada perasaan bahagia (sebuah respon) sehingga anda akan memberikan hadiah berupa penghargaan kepada anak anda(reinforcement) dari hal tersebut anak anda akan lebih termotivasi untuk mendapatkan nilai yang lebih baik lagi, dari hal tersebut dapat terlihat sebuah reinforcement yang positif.

Adapun teori psikologi kepribadian yang dimaksud dengan reinforcement negatif yang bisa diartikan sebuh hambatan, menunda memberikan penghargaan saat nilai anak anda bagus, pada reinforcement negatif saat anak mendapatkan nilai yang baik akan diberikan hadiah, namun saat dia mendapatkan nilai yang bagus kembali, akan tetapi tidak diberikan hadiah seperti saat awal mendapatkan nilai yang bagus, tentunya dia akan menjadi sangat bingung dan bertanya-tanya. adapun reincerforcement negatif berupa saat anak tidak menyelesaikan tugas rumah dengan baik kemudian jangan menghukum dengan hukuman fisik, lebih baik berikan tambahan tugas sehingga di akan takut apabila tugas yang dia kerjakan tidak selesai pasti akan bertambah terus-menerus.

Teori Kepribadian

Adapun teori kepribadian menurut pandangan skinner dintaranya

1.Asumsi Dasar Behavioristik

Yang merupakan 3 asumsi dasar, dimana asumsi yang pertama dan juga kedua dijelaskan untuk menjadi silgi pada umumnya, termasuk juga dalam asumsi semua pendekatan, diantaranya tingkah laku yang mengikuti sebuah hukum tertentu, ilmu merupakan sebuah usaha dalam menemukan keteraturan menunjukan peristiwa tertentu secara teratur dengan peristiwa lain, macam macam tingkah laku dalam psikologi juga dibedakan menjadi 2

  • Tingkah laku yang dapat diramalkan (behavior can be predicted) di dalam sebuah ilmu bukan hanya dapat menjelaskan akan tetapi juga dapat meramalkan, dari peristiwa yang akan datang
  • Tingkah laku yang dapat dikontrol (behavior can be controlled) dimana ilmu dapat diantisipasi dan juga ditentukan untuk membentuk sebuh tingkah laku seseorang, skinner juga sangat ingin memanipulasinya.

2.Struktur Kepribadian Behavioristik

Skinner merupakan tokoh yang memang tidak memiliki ketertarikan terhadap struktural dari kepribadian karena menurut skinner dapat didapatkan dari sebuah ilusi yang dapat dijelaskan dan diprediksi dengan sebuah tingkah laku di dalam kepribadian, namun tingkah laku dapat dirubah juga dikontrol dengan mengubah suatu lingkungan, dalam hal ini juga skinner menitikberatkan ke dalam tingkah laku yang dapat dirubah. Unsur kepribadian menurut skinner yang relative tetap adalah tingkah laku dan dapat diklasifikasikan menjadi dua diantaranya:

  • Tingkah laku dari responden (respondent behaviour) merupkan respon yang dihasilkan untuk dapat menjawab sebuah stimulus yang memiliki hubungan dengan spontan termasuk di didalamnya respon reflek
  • Tingkah laku operan (operant behviour) merupakan sebuh respon yang dimunculkan sebuah organisme dengan tidak adanya stimulus yang secara langsung memaksa terjadinya suatu respon, di dalam formulasi sistem tingkah laku, skinner juga meembedakan dua tipe respon tingkah laku yaitu responden dan juga operan. tingkah laku responden sendiri merupakan sesuatu yang spesifik dapat ditimbulkan dengan stimulus yang dikenal.
    Sponsors Link

3.Dinamika Kepribadian Behavioristik

  • Kepribadian dan Belajar : Kepedulian dari skinner tentang suatu perubahan tingkah laku, sehingga teori skinner merupakan teori pembelajaran, dimana seorang individu memiliki tingkah laku yang baru, menjadi lebih terampil, menjadi lebih tahu, pada kehidupan terus menerus dihadapkan tentang suatu situasi eksternal yang baru
  • Generalisasi dan Deskriminasi : Stimulus merupakan sebuah proses timbulnya dari stimulus yang serupa dengan stimuulus yang seharusnya dapat menimbulkan sebuah respon, diskriminasi stimulus sendiri merupakan sebuah kemampuan yang dapat membedakan suatu stimulus yang membuat stimulus menjadi tidak  diberi respon. Merkipun serupa dengan stimulus yang diberi penguat.
  • Tingkah Laku Kontrol Diri : Merupakan sebuah prinsip pendekatan dimana tingkah laku disebabkan dan juga dapat dipengaruhi oleh suatu variabel eksternal, tidak adanya suatu di dalam diri seseorang dalam bentuk kegiatan internal yang nantinya dapat mempeengaruhi tingkah laku. Kontrol diri sendiri bukan merupakan sebuah kekuatan yang terdapat di daalam diri namun bagaimana dari dalam diri kita mengonrtol variabel yang nantinya akan menghasilkan sebuah tingkah laku.

4.Prinsip Behavioristik

Beberapa prinsip teori belajar behavioristik menurut skinner

  • Hasil belajar yang di dapatkan siswa haruslah segera diberitahukan kepada siswa, apabila terjadi kesalahan segera ibetulkan dan apabila benar diberi penguat.
  • Proses belajar juga harus mengikuti iraman dari yang belajar
  • Materi pelajaran, dapat digunakan sistem modul
  • Di dalam proses pembelajaran lebih dipentingkan aktivitas sendiri
  • Di dalam proses pembelajaran tidak dapat digunakan hukuman akan tetapi lingkungan perlu dirubah untuk dapat menghindari teradinya hukuman
  • Tingkah laku yang diinginkan pendidik, diberi hadiah dan lain sebagainya, hdaiah juga diberikan dengan digunakannya jadwal variabel rasio reincofer.
    Sponsors Link

Sifat Tingkah Laku Manusia

Skinner  berpendapat bahwa keseluruhan permasalahan utama yang dihadapi di dunia modern biasanya menyangkut tingkah laku manusia, dalam psikologi kepribadian dimana sebuah masalah tidak dapat diatasi  apabila kita hanya mengandalkan fisika atau kimia saja, justru yang paling dibutuhkan adalah teknologi tingkah laku dengan kata lain pemahaman tingkah laku manusia dapat terlihat dari faktor-faktor penyebab yang sesungguhnya misalnya saja aktor dari lingkungan, skinner juga beranggapan bahwa macam macam sifat dari manusia otonom yang dapat menghambat tingkah laku diantaranya

  • Kebebasan : Dimana kemanusian  tidak akan sepenuhnya lepas dari kendali lingkungan yang ada, melainkan hanya terlepas dari pengendali tertentu.
  • Kemuliaan : Merupakan berhubungan dengan penghormatan dan juga pemeliharaan dari martabat manusia, menurut freud penganut konsep tersebut yang menentang ilmu pegetahuan dan juga teknologi tingkah laku.
  • Hukuman : Skinner juga tidak menyetujui adanya hukuman, karena hukuman berasal dari sesuatu konsep yang keliru mengenai tingkah laku dari manusia.
  • Alternatif dari Hukuman : Skinner juga menyatakan alternatif dari hukuman itu sebenarnya tidak efektif, selain sangat kaku, membiarkannya juga merupakan cara jangan tidak efektif.

Lainnya

  • Nilai-Nilai
  • Evolusi Kebudayaan
  • Peranangan Kebudayaan
  • Penghapusan Konsep Manusia Otonomi

Sponsors Link
, , , ,