Sponsors Link

10 Macam- Macam Relaksasi Agar Hati Tenang

Sponsors Link

Stress merupakan keadaan jiwa seseorang yang diakibatkan oleh berbagai macam tekanan di dalam hidup, saat seseorang dituntut untuk menerima tanggung jawab yang begitu besar atau pada saat seseorang diharuskan untuk melakukan sebuah tanggung jawab yang secara tidak langsung akan membuatnya semakin terbawa dengan arus tekanan hidup.

ads

Stress bisa menimpa siapa saja, mulai dari remaja sampai dengan kehidupan orang dewasa, bukan hanya pada lingkungan pekerjaan saja, akan tetapi pada lingkungan sekolah, bahkan lingkungan keluarga dapat membuat sesorang terkena dampak dari stress tersebut.

Biasanya dalam menanggulangi permasalah apapun, kita pasti akan mencari sebuah solusi agar mendapatkan jawaban dari semua permasalahan yang menimpa diri kita, misalnya saja mencari cara untuk menangulangi rasa gelisah ataupun stress kita dengan menggunakan berbagai macam cara, salah satu cara yang paling mudah adalah dengan cara melakukan relaksasi, dengan mengatur pernafasan ataupun jantung agar dapat bernafas dengan lega, sehingga proses relaksasi ini dapat menimbulkan perasaan tenang dan nyaman pada diri kita sehingga menimbulkan rasa positif.

Untuk itu dalam artikel ini kita akan membahas mengenai jenis-jenis relaksasi yang dapat kita lakukan saat anda melihat tanda-tanda stress dalam diri anda, diantaranya:

  1. Tai chi

Tai chi ini sebenarnya serupa dengan jenis olahraga ringan, dengan melakukan tai chi kita dapat memusatkan fikiran dan berkonstentrasi sehingga membuat otak dan tubuh kita jauh merasa lebih rileks sehingga sirkulasi darah akan lancar dan fikiran kita pun akan terasa lebih tenang, penyakit stress pun dapat hilang apabila secara rutin kita melakukan tai chi.

2. Yoga

Yoga merupakan cara yang sangat dianjurkan dan masuk ke dalam salah satu jenis relaksasi yang umum dilakukan bnayak orang. Dengan melakukan yoga dapat membuat fikiran jauh lebih tenang karena di dalamnya melibatkan pergerakan berbagai macam pose, seluruh tubuh kita akan merasa tenang dan nyaman.

Berbagai macam pose dapat kita lakukan dengan melakukan latihan dengan pelatih yoga. Salah satu pose yang dapat dilakukan adalah pose syasana, merupakan sebuah cara yang sederhana dan sangat efektif untuk mengendurkan otot-otot sehingga tubuh akan merasa rileks.

Dengan melakukan yoga juga dapat menghilangkan depresi,  menghilangkan sakit kepala dan bahkan dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit hal ini juga dapat berkaitan tentang fungsi jiwa dalam psikologi.

3. Meditasi

Meditasi merupakan salah satu jenis relaksasi yang dilakukan dengan cara latihan dengan berbagai macam teknik, dengan melakukan meditasi juga sesorang dapat mengatur stress dan meningkatkan energy positif serta menghilangkan fikiran negative di dalamnya, banyak sekali manfaat dari meditasi yang data kita dapatkan, salah satu nya juga membantu dalam pengobatan penyakit jiwa, migraine, depresi, tekanan psikologis dan juga meghilangkan rasa sakit.

4. Pijat relaksasi

Pijat relaksasi juga masuk ke dalam salah satu jenis relaksasi yang bisa kita lakukan dalam menghilangkan berbagai macam tekanan jiwa, dengan pijatan relaksasi tubuh akan merasa lebih nyaman dan ketegangan otot pun akan menghilang. Dengan pijat relaksasi juga dapat menghilangkan rasa sakit dan melawan stress di dalam tubuh kita.


5. Relaksasi musik

Banyak juga yang menggunakan musik sebagai cara melakukan relaksasi pada dirinya, dengan mendengarkan music kita akan merasa jauh lebih santai dan pikiran pun akan menjadi lebih tenang, dengarkan musik yang santai dan lembut akan mengurangi kadar hormone stress yang terdapat di dalam tubuh kita, sehingga saat kita sedang terkena stress, pikiran akan teralihkan saat kita mendengarkan music.

Selain itu musik juga dapat dijadikan sebagai meditasi fikiran yang akan menimbulkan efek positif pada diri kita nantinya, untuk itu apabila anda sedang mengalami stress . Sebaiknya ambilah headphone anda dan dengarkanlah music yang lembut.

6. Tertawa

Tertawa merupakan cara mengatarsi stress dan depresi serta obat bahagia yang sangat mudah, dengan tertawa seseorang dapat melakukan relaksasi sendiri dengan sangat mudah, tertawa juga dapat memunculkan hormone endorphin dalam diri kita sehingga mood akan terasa lebih baik.

Untuk itu cobalah tertawa dengan lepas saat anda merasa diri anda membutuhkan cara relaksasi agar menghilangkan tekanan pada diri anda, tertawa juga dapat menurunkan tingkat stress yang ada di dalam otak dan mengalirkan oksigen ke dalam tubuh, sehingga rasa tidak mood, rasa depresi dan stress akan mendapatkan peralihan dan akan hilang dengan sendirinya.

7. Visualisasi

Visualisasi merupakan salah satu jenis dari relaksasi yang dapat dilakukan dengan melibatkan praktek, rinci gambaran dan fikiran anda, fungsi dari melakukan visualisai juga sebagai elemen untuk mengalihkann perhatian dari sesuatu yang dapat menyebabkan diri kita stress dengan alternative, hal di dalamnya juga termasuk control motoric, perhatian persepsi, perencanaan serta memori dalam hal mengurangi rasa stress yang ada dalam diri kita. Cara visualisasi yang dapat kita lakukan adalah :

  •  Duduklah dengan tenang dan nyaman pada ruangan kemudian tutup mata anda
  • Ambilah nafas secara perlahan dan dalam-dalam agar tubuh kita kita terasa jauh lebih tenang
  • Kemudian bayangkan diri anda ada di lokasi yang sangat menyenangkan yang kemudian hadir pada lokasi imajiner dan membuatnya akan lebih jelas
  • Anda dapat terus melakukan hal ini sampai benar-benar merasa rileks dan santai
  • Kemudian secara perlahan buka mata anda dan kembalilah pada dunia anda yang sebenarnya.

8. Relaksasi otot progresif

Jenis lain dari relaksasi adalah relaksasi otot progresif, hal ini sangat efektif dalam mengurangi rasa sakit stress yang ada di dalam tubuh anda langkah awal yang dilakukan adalah dengan cara menegangkan otot anda dan kemudian membuatnya melepaskan ketegangan tersebut, dengan relaksasi ini meruapakan pengobatan yang bisa membantu diri kita dalam mengurangi rasa sakit dan juga stress yang ada. Cara melakukan relaksasi ini yaitu dengan cara

  • Duduk lah dengan posisi yang membuat anda merasa nyaman
  • Kemudian ambil nafas secara perlahan dalam beberapa menit
  • Saat anda sudah merasa jauh lebuh santai alihkan perhatian kepada kaki kanan anda
  • Ambil beberapa detik untuk jauh lebih focus
  • Secara perlahan tegangkan otot anda yang terdapat di kaki kanan lalu meremas erat-erat sebisa anda
  • Kemudian tahan selama kurang lebih 10 menit kemudian santaikan kembali kaki kanan anda.
  • Dalam keadaan ini anda harus tetap focus dan rileks dalam hitungan ke 30 lalu ambil nafas perlahan lahan.
  • Lalu alihkan perhatian anda dengan cara mengurutkan urutan yang sama dari otot anda.
  • Dilanjutkan dengan perlahan-lahan bergerak dengan otot-otot tubuh ke kaki, bokong, perut, lengan serta wajah anda.

9. Berjalan kaki

Saat anda merasa diri anda sedang etrkena stress tidak ada salahnya meakukan berjalan kaki sebentar 15 hingga 20 menit, cara ini juga dapat mengurangi depresi dengan sangat cepat dan mudah, dengan mencoba berjalan kaki tentu anda akan bisa lebih memfokuskan fikiran anda serta tubuh anda akan merasakan sensasi yang berbeda, cobalah berjalan-jalan sebnetar walau hanya ke taman dekat komplek untuk lebih membuat fikiran anda lebih tenan

10. Olahraga

Olahraga juga termasuk ke dalam salah satu cara mengatasi stress yang sangat ampuh, dengan melakukan olahraga anda akan mendapatkan sebuah hormone yang menghasilkan rasa rileks pada tubuh kita sehingga akan mengurangi tanda-tanda depresi dan perasaan stress pun akan hilang dengan sendirinya.

Berikut mengenai ulasan 10 macam- macam relaksasi dan manfaat relaksasi bagi jiwa yang dapat anda jadikan cara untuk mengatasi rasa stress pada diri anda. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,