Sponsors Link

Kedudukan Psikologi Perkembangan dalam Lapangan Psikologi

Sponsors Link

Kali ini kita akan membahas topik yang menarik mengenai kedudukan psikologi perkembangan dalam lapangan psikologi. Psikologi perkembangan merupakan salah satu cabang dari ilmu psikologi yang banyak sekali digunakan terutama untuk mengetahui pola perilaku dan perkembangan individu selama daur kehidupannya. Banyak tokoh yang meneliti mengenai psikologi perkembangan ini. Tak jarang pula hasil penelitiannya tersebut digunakan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan individu terkait dengan sejarah perkembangan yang ada dalam hidupnya.

ads

Baca juga:

Melihat bagaimana psikologi perkembangan ini begitu penting, maka tidaklah heran jika dalam penerapannya di lapangan cabang ilmu ini sangat sering digunakan. Tidak hanya di bidang psikologi saja, bahkan di bidang keilmuan lainnya psikologi perkembangan juga cukup relevan. Seperti misalnya di bidang kedokteran, keperawatan dan lain sebagainya. Tentu saja ini tidak terlepas dari bagaimana ilmu psikologi secara komprehensif memandang individu sebagai subjek yang bisa diamati perilakunya. Lantas, seperti apa kedudukan psikologi perkembangan ini?

Secara garis besar, dalam lapangan psikologi ada beberapa macam penggolongan salah satunya yaitu psikologi teoritis. Psikologi teoritis ini dibedakan lagi menjadi tiga macam yaitu psikologi umum, psikologi khusus dan psikodiagnostik. Psikologi umum bisa diartikan sebagai cabang dari ilmu psikologi yang sifatnya menyelidiki perilaku psikis pada manusia secara umum seperti misalnya pemikiran, intelegensi, observasi dan lain sebagainya.

Psikodiagnostik memiliki arti sebagai upaya untuk mengamati struktur psikis yang dimiliki oleh individu melalui berbagai macam teknik dan juga cara. Psikodiagnostik pada umumnya sangat menunjang untuk mengetahui permasalahan kejiwaan yang sedang dialami seseorang. Dengan psikodiagnostik, nantinya seseorang bisa dibantu dalam mengatasi permasalahan yang sedang dialaminya. Ini tentu ada kaitannya dengan pemeliharaan kesehatan mental seseorang. (Baca juga: Ruang lingkup psikologi perkembangan)

Selain psikodiagnostik dan psikologi umum, terdapat cabang satu lagi yaitu psikologi khusus. Psikologi khusus lebih menitikberatkan mengenai hal-hal yang spesifik. Di sinilah kedudukan psikologi perkembangan dalam lapangan psikologi berada. Ya, psikologi perkembangan termasuk ke dalam psikologi khusus. Cabang ilmu ini lebih banyak mengamati mengenai proses pertumbuhan dan perkembangan manusia semenjak individu tersebut berada di kandungan (prenatal) hingga ia lanjut usia.

Psikologi perkembangan sendiri masih terbagi-bagi lagi menjadi beberapa macam cakupan. Di antaranya yaitu:

  1. Psikologi Anak

Psikologi anak memiliki cakupan rentang usia anak dari bayi (usia 2 minggu hingga 2 tahun) hingga ia usia kanak-kanak sebelum dewasa (12 tahun). Banyak yang beranggapan bahwa periode anak-anak merupakan bagian yang penting dalam membentuk kepribadian saat seseorang dewasa nanti. Kita juga mungkin sudah banyak yang memahami salah satu tokoh yang paling populer dalam psikologi perkembangan adalah Sigmund Freud dengan teori konsep perkembangannya.

  1. Psikologi Remaja

Cakupan psikologi perkembangan selanjutnya yaitu psikologi remaja. Tidak jauh berbeda dengan penjelasan sebelumnya, proses ini juga mengamati tahapan perkembangan individu di usianya yang sudah mulai beranjak remaja. Terdapat banyak karakter-karakter sekunder yang mulai bermunculan pada usia remaja yang membuat aspek ini juga bisa diteliti dalam psikologi perkembangan.

  1. Psikologi Orang Dewasa

Psikologi orang dewasa juga merupakan masa yang penting dalam daur kehidupan individu. Terdapat tiga macam periode dalam tahapan usia dewasa yaitu dewasa awal (usia 21-40), dewasa pertengahan (40-60) dan lanjut usia (60 tahun lebih). Psikologi dewasa umumnya hanya membahas cakupan dari usia rentang 20 tahun – 60 tahun. Selebihnya, itu sudah menjadi cakupan psikologi orang tua atau lanjut usia (lansia).


  1. Psikologi Orang Tua

Cakupan terakhir adalah psikologi orang tua. Psikologi perkembangan biasanya akan banyak membahas mengenai karakteristik yang bisa saja terjadi pada orang tua. Ini tentu saja berkaitan dengan proses pencapaian kualitas hidup seseorang. Cakupan dari psikologi perkembangan yang cukup luas ini menjadikannya sangat komprehensif dan relevan untuk diperhatikan dalam mengenali karakteristik individu.

Di samping psikologi perkembangan, psikologi khusus juga memiliki ruang lingkup lain seperti misalnya psikologi kepribadian, psikologi belajar, psikologi praktis, psikologi sosial dan lain-lain. Tentu saja ini berarti kedudukan dari psikologi perkembangan juga memiliki ruang lingkup lain yang berada di tingkat yang sama.

Demikian penjelasan ringkas mengenai bagaimana psikologi perkembangan dan kedudukannya yang ada di lapangan psikologi. Kita bisa mendapatkan pemahaman yang lebih jelas lagi dengan cara menguraikan tingkatan-tingkatan psikologi dan juga cabang-cabang yang ada di dalamnya. Semoga informasi mengenai kedudukan psikologi perkembangan dalam lapangan psikologi cukup membantu dan nantikan posting menarik lainnya.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :