Sponsors Link

13 Hambatan Psikologis Dalam Belajar

Sponsors Link

Belajar bisa dikatakan merupakan salah satu kewajiban dan juga kebutuhan untuk setiap manusia, dan juga pribadi yang memang ingin berubah ke arah yang lebih baik lagi.  belajar dalam hal ini bisa berhubungan dengan yang namanya hal akademik, kedisiplinan, keualatan dan juga kerajinan seseorang untuk melakukan kegiatan atau aktivitas belajar tersebut.

ads

Meski belajar ini bisa dikatakan sebagai keharusan, namun ada saja permasalahan yang seringkali ditemukan di lapangan, sehingga pastinya akan snagat menganggu dan juga menghambat dari proses belajar tersebut.

Hambatan di dalam belajar sebenarnya bisa bermacam-macam. malah seperti terlihat sebagai suatu masalah yang cukup berat dan juga pelik, maka dari itu banyak juga yang merasa tertekan, tidak nyaman dan terasa tidak menyenangkan, sehingga di dalam prosesnya banyak yang tidak dapat melanjutkannya lagi.

Sebenarnya banyak yang mempertanyakannya, apa yang menjadi penyebab, atau hambatan yang terjadi di dalamnya, khusunya dalam psikologis, sehingga membuat kegiatan belajar ini seolah menjadi terhambat.

untuk itu dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai hal-hal di dalam psikologis yang dapat menyebabkan hambatan di dalam proses belajar, diantaranya:

  1. Kejenuhan

Kejenuhan bisa saja menimpa siapapun yang ada di dunia ini, salah satu nya bisa menjadi suatu hambatan di dalam proses belajar, mislanya saja, kejenuhan dalam mendapatkan materi, sehingga saat proses belajar akan snagat sulit untuk mencernanya, sehingga saat sedang belajar siswa hanya sekedar mendengarkan, namun tidak mencernanya dengan baik, kondisi ini lah apabila setiap hari terjadi dapat menimbulkan kejenuhan dan hambatan di dalam belajar.

Untuk itu kita harus mencari cara mengatasi rasa bosan dan jenuh

2. Kecerdasan

Kecerdasan intrapersonal merupakan salah satu hal yang bisa dibilang sebuah faktor psikologis yang bisa juga menghambat kegiatan belajar, karena dengan kecerdasan akan sangat menentukan kualitas saat siswa sedang belajar.

Maka dari itu memang dibutuhkan bimbingan misalnya saja dari orang tua, agar kegiatan belajar ini bisa sukses dilakukan, untuk itu pemahaman mengenai kecerdasan itu harus dmiliki oleh semua pengajar.

3. Motivasi

Motivasi merupakan salah satu faktor yang bisa dikatakan sangat bisa membuat hambatan di dalam belajar, kerena teori belajar di dalam psikologi berhubungan dengan keefektifan dalam kegiatan belajar. dari keseluruhan penggerak inilah yang bisa menimbulkan kegiatan belajar.

Jika tidak ada motivasi di dalam belajar, hal ini sudah pasti akan sangat menganggu kegiatan belajar, dan tidak akan ada semangat lagi untuk belajar.


4. Minat

Apabila kita sederhanakan minat juga bisa dibilang sebegai suatu kegairahan yang cukup tinggi pada sesuatu, minat juga bisa dikatakan sama halnya dengan motivasi dan juga kecerdasan, karena akan snagat berpengaruh pada kegiatan aktivitas belajar, jika tidak ada minat sudah pasti yang namanya kegiatan belajar tidka akan belajar dengan lancar.

5. Sikap

Sikap merupakan salah satu faktor psikologis yang bisa dibilang sangat mempengaruhi dari keberhasilan belajar, apabila sikap ini tidak ada sudah pasti akan terjadi hambatan di dalam proses belajar.dimana sikap seorang pelajar akan sangat mempengaruhi dari performan guru, lingkungan dan juga adanya pelajaran, sehingga bisa mengantisipasi adanya sikap yang negatif di dalam kegiatan belajar.

6. Bakat

Bakat merupakan salah satu faktor psikologis yang bisa mempengaruhi proses belajar diantara siswa, karena yang namanya kemampuan potensial bisa dimiliki oleh setiap orang, sebenarnya setiap orang memang memiliki bakat dan juga potensi dimana adanya bakat tersebut bisa mempengaruhi dari kemampuan belajar masing-masing.

Bakat juga bisa dibilang sebagai kemampuan seorang individu dalam melakukan tugas pendidikan dna juga latihan yang tepat. sehingga harus mencari tahu cara mengetahui bakat diri sediri

7. Lingkungan

Yang namanya lingkungan pasti akan sangat mempengaruhi dari kegiatan eblajar, bila lingkungan dirasa tidak nyaman pastilah akan menimbulkan hambatan, dan nantinya pastinya akan bisa menjadi hambatan di dalam proses belajar siswa, untuk itu lingkungan yang kondusif memang sangat bisa membantu dalam memahami materi di dalam pelajaran.

8. Intelektualitas

Hmbatan yang satu ini memang bisa diatasi, mislanya dengan tekun belajar atau rajin belajar, namun apabila kecerdasan intelektualitas ini terganggu, sudah pasti akan bisa mempengaruhi proses belajar.

9. Manfaat

Manfaat ini bila dibilang bisa menjadi penghambat, apabila seorang pelaja tidak mengetahui manfaat yang akan ditimbulkan apabila dia belajar. untuk itu tingkatkan perasaan mnafaat yang ada di dalam diri anda, sehingga nantinya akan bisa memperoleh jawaban dari berbagai banyaknya manfaat yang di dapat apabila dilakukan pembelajaran.

10. Ketidak ingin tahuan

Yang dimaksud disini adalah sikap acuh dan tidka ingin tahu mengenai apa yang terjadi, hal ini juga sudah pasti akan sangat menganggu dari kegiatan proses belajar, untuk itu sebaiknya tingkatkan rasa keingin tahuan kita agar nantinya bisa lebih baik lagi dan ingin terus belajar.

11. Motivasi ekstrinsik

merupakan suatu keadaan dimana memang datangnya dari luar individu siswa, sehingga bisa mendorong kegiatan belajar mengajar, bentuk dari ekstrinsik ini bisa dikatakan sebuah dorongan ynag tidak mutlak terjadi, misalnya saja ada alasan tertentu, saat siswa belajar yang diharapkannya adalah memperoleh hadiah.

12. Motivasi instrinsik

Merupakan suatu hal yang di dalam keadaanya bisa berasal dari dalam diri siswa, yang bisa dikaitkan dnegan kegiatan belajar. motivasi ini bisa saja timbul di dalam diri melalui berbagai tindakan, misalnya saat ingin mengetahui adanya konsep dan ingin memperoleh pengetahuan dan juga lain sebagainya. adapu faktor yang mengkaitkan di dalamnya bisa berupa kebutuhan, pengetahuan, cita-cita dan juga aspirasi.

13. Materi yang tidak memadai

Di dalam sebuah proses belajar apabila proses tersebut tidak ditunjang dnegan materi yang cukup baik pastilah akan emnimbulkan sesuatu kurangnya minat pada siswa. misalnya saja matei yang dianggap tidak menarik, sehingga pastinya akan sangat menghambat dari kegiatan proses belajar ini.

Untuk itu sebaiknya lakukan pengulangan materi dan pembahasan bagi para pendidik, agar materi yang diberikan bisa menarik dimata siswa, sehingga hambatan yang tidak berarti pun tidak akan terjadi lagi.

Nah berikut ulasan mengenai hambatan belajar yang bisa terjadi di dalam psikologis, dalam hal ini sebaiknya adanya kesadaran pada diri sendiri agar bisa lebih memahami mengenai hambatan-hambatan yang pastinya bisa diminimalisir supaya nantinya siswa bisa lancar lagi dalam melakukan kegiatan belajar mengajar dan juga mengetahui cara belajar yang efektif menurut psikologi.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :