Sponsors Link

13 Gangguan Konsentrasi Pada Orang Dewasa

Sponsors Link

Gangguan konsentrasi umumnya terjadi pada anak, anak- anak biasanya memang sangat rentan terjadi gangguan konsentrasi yang lebih dikenal dengan bahasa psikologisnya AAD atau Atention Deficit disorder,  meski sebagian penderitanya anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan kelainan ini juga terjadi pada orang dewasa.

ads

Karena ada beberapa studi dan kasus juga yang memang terjadi pada orang dewasa, sehingga gangguan konsentrasi ini juga biasanya akan sangat menganggu aktifitas, sehingga harus mencari cara meningkatkan fokus pada anak .

Bagi para penderita yang mengalami gangguan konsentrasi ini memang sebagian besar dari merasa memahaminya, bahwa gangguan tersebut memang sudah terjadi sejak mereka masih anak-anak.  untuk model gangguan psikologis dalam osikologis klinis namun yang menjadi pembeda dari penderita anak-anak dan orang dewasa, biasanya untuk orang dewasa lebih paham untuk bisa meneladani berbagai gangguan tersebut, sehingga bisa memanfaatnya menjadi jauh lebih baik lagi.  untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai berbagai gangguan konsetransi  pada orang dewasa diantaranya:

  1. Sering merasa gelisah

Merasa gelisah juga bisa dikatagorikan sebagai gangguan konsentrasi yang memang seringkali terjadi pada orang dewasa, biasanya bagi orang dewasa yang kesulitan tenang pada suatu konsdisi akan merasa gelisah dan untuk pengobatannya bisa juga dilakukan dengan cara pergi ke psikiater atau psikologis yang lebih mengerti mengenai gangguan ini.

  1. Mudah merasa lupa

Seringkali merasa lupa juga bisa dikategorikan sebagai gangguan konsentrasi yang seringkali terjadi pada orang dewasa, orang dewasa yang memiliki ciri-ciri seperti ini memang bisa juga dikategorikan sebagai penderita gangguan ADD.  penyebab lupa dalam psikologi ini memang bermacam-macam.

Untuk itu pengobatan yang tepat sebaiknya dilakukan sesegra mungkin, dengan lebih menggunakan metode psikiatris.

  1. Sulit dalam memperhatikan sesuatu

Gangguan konsentrasi memang tidak semua dialami oleh anak-anak yang kesulitan focus dalam sebuah pelajaran, hal ini jga biasanya banyak terjadi pada orang dewasa, salah satunya pada orang dewasa yang sulit focus dalam memeprhatikan sesuatu hal, sehingga fikirannya bisa berpencar kemana-mana.

  1. Memiliki keluarga penderita ADD

Meski bukan termasuk ek dalam salah satu penyakit turunan, namun tidak menutup kemungkinan juga para penderita dari gangguan konsentrasi ini memiliki riwayat keluarga yang menderita gangguan ADD, sehingga bisa menajdi salah satu alasan juga mengapa orang dewasa etrsebut memiliki gangguan konsnetrasi di dalam kehidupannya.

  1. Kesulitan dalam mengatur pekerjaan

Pekerjaan yang terlalikan juga bisa menjadi salah satu ciri dari orang dewasa yang memiliki gangguan konsentrasi. Umumnya pada orang dewasa yang kesulitan untuk mengatur antara pekerjaan rumah dan juga pekerjaan kantor juga bisa dikatagorikan sebagai seseorang yang memiliki gangguan konsentrasi.


  1. Selalu terburu-buru

Seseorang yang memiliki gangguan ini umumnya memang akan selalu merasa terburu-buru, dan juga akan kesulitan untuk mengatur waktu untuk dirinya sendiri, sehingga kesulitan inilah yang biasanya juga dijaidkan sebagai salah satu ciri orang dewasa yang memiliki gangguan konsentras.

  1. Tidak bisa memanfaatkan waktu dengan baik

Umumnya saat dewasa kita bisa lebih leluasa untuk dapat mengatur waktu untuk diri kita dan juga pekerjaan, namun pada seseorang yang memiliki gangguan konsentrasi pun biasanya akan sangat kesulitan untuk bisa membuat dirinya lebih memanfaatkan waktu di dalam pekerjaan maupun pada kehidupan sehari-harinya dengan baik, untuk itu lah sebelum melakukan pengobatan memang sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai berbagai ciri dari gangguan yang terjadi.

  1. Selalu menunda

Sikap sellau menunda berbagai pekerjaan juga bisa termasuk orang dewasa yang emmang memiliki gangguan konsentrasi, selain tidak bisa memanfaatkan berbagai waktu serta kesempatan yang ada pada dirinya, orang-orang  seperti ini juga biasanya akan sangat kesulitan untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat, dan malah terlalu sering menunda.

  1. Mengalami perubahan perasaan yang cepat

Salah satu ciri dari orang dewasa yang memiliki berbagai gangguan konsentrasi juga diantaranya memnag memiliki perubahan perasaan yang sangat cepat, selain itu orang orang yang seperti ini juga akan sangat sulit menguasai isi hatinya.

  1. Selalu merasa khawatir di dalam hidupnya.

Sering merasa khawatir juga sebagai salah satu ciri  orang yang memiliki gangguan konsentrasi, perasaan khawatir ini juga sebenarnya hampir sama dengan rasa gelisah yang seringkali terjadi, sehingga anda pun harus secepatnya mencari pengobatan yang tepat dalam hal ini.

  1. Terlalu cepat dalam menanggapi sesuatu.

Bagi orang dewasa yang umumnya terlalu cepat dalam menanggpai sesuatu juga bisa dikatagorikan sebagai penderita gangguan ADD, biasanya orang dewasa yang seperti ini juga akan sulit untuk mengambil keputusan yang tepat, sehingga di dlaam kehidupan psikologis kognitif nya akn lebih sulit untuk menyeimbangkan sesuatu hal dengan hal lainnya.


  1. Terlalu cepat marah

Orang dewasa yang memiliki gangguan konsentrasi juga biasanya akan lebih cepat marah dan lebih sulit untuk mengontrol emosinya, untuk itu sebaiknya pada seseorang yang memiliki gangguan seperti ini untuk lebih bisa mengatasi dan juga mencari cara dalam mengatasi hal tersebut.

  1. Selalu bermasalah di dalam hidupnya.

Untuk ciri-ciri yang terakhir ini juga bisa dikategorikan pada seseorang yang memiliki gangguan konsentrasi untuk itu sebaiknya, anda harus memeprhatikan betul-betul apakah anda memiliki ciri-ciri yang sudah disebuatkan diatas ataukah tidak.

Untuk orang dewasa yang memang memiliki ciri-ciri yang sudah disebutkan diatas bisa menunjukan juga bahwa diirnya memiliki gangguan konsentrasi seperti apa yang sudah disebutkan, misalnya seperti gejala lain yang sering terjadi adalah mengenai rasa cemas, tekanan jiwa, hipoiroidisme, perasaan depresi, rasa kacau pada dirinya dan juga berupa ciri-ciri yang lebih signifan lainnya, untuk mengatasinya memang harus dilakukan berbagai cara, dan bukan juga merupakan hal yang mudah dalam mengatasinya, untuk itu sebagai penderita kita pun perlu melakukan berbagai cara seperti mendatangi psikiater, psikologis atau juga menjalani pola hidup yang baik.

Meski hal ini bukanlah hal mudah dilakukan, dari berbagai aspek psikologis dalam perilaku  namun tidak ada salahnya kita juga mencoba berbagai pengobatan yang harus dilakukan, kita juga bisa lebih menenangkan diir kita untuk segala hal yang terjadi, menangkan pikiran juga bisa membuat hidup kita jauh lebih baik, dan untuk sisi emosi yang kita miliki pun bisa lebih bisa diatur, dengan olahraga yang cukup serta mengkonsumsi makanan yang tepat juga bisa menghindarkan diri kita dari gangguan konsentarsi yang berlanjut, sehingga memang ada baiknya kita melakukan berbagai konsultasi pada seseorang yang tepat.

 

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Gangguan Psikologi