Sponsors Link

25 Cara Meningkatkan Fokus Pada Anak yag Paling Efektif

Sponsors Link

Apa yang anda rasakan jika anda merasa bahwa beberapa pekerjaan datang dan harus dikerjaan dalam waktu yang berbeda ? jelas anda akan merasa pusing. Namun anda juga pasti tidak suka dengan pekerjaan yang itu-itu saja dan memakan waktu yang benar-benar lama. Nah hal tersebut juga terjadi pada anak-anak yang seringkali merasa bosan.

ads

Dari berbagai alasan, anak-anak merupakan individu yang sulit untuk diajarkan fokus. Bukan tanpa sebab, untuk bisa fokus mereka harus mendapatkan perhatian penuh terlebih dahulu. Jelas hal ini tidak bisa datang sendiri namun diperlukan banyak latihan yang anda ajarkan sebagai orang tua.  Agar anak-anak bisa melatih konsentrasi dan daya fokus mereka. Hal ini juga membantu anda mendeteksi jika adanya anak yang ternyata memiliki gangguan pada fokus mereka. 25 cara ini mungkin bisa membantu anda dalam meningkatkan fokus anak-anak. Apa saja ?

  1. Ajak bicara

Pertama adalah anda harus sering mengajak anak-anak untuk berbicara. Minimal ngobrol dengan ringan dan santai sehingga anda bisa menerka apakah anak sudah bisa diajak bicara yang ringan atau justru baru diajak bicara sedikit saja dia sudah pergi dan merasa seperti tidak betah. Jika sudah ada tanda seperti ini baiknya anda langsung cari tahu penyebabnya atau bisa dibawa ke psikolog. Adakah tanda atau indikasi mengarah ke gangguan. Dalam hal ini anda dituntut untuk objektif dan jangan menepis rasa curiga karena keibuan anda.

  1. Latih fokus

Selanjutnya anda bisa melatih fokus mereka dengan baik. ada banyak cara yang bisa dilakukan tergantung tipe anaknya dan kebutuhan anda. Misalnya jika anda ibu yang memiliki waktu banyak jelas latihan fokus bisa dilakukan berulang dengan permainan singkat. Setelah itu, anda bisa melatih fokus dengan hal lain misalnya saat belajar. Namun jika anak sudah malas-malasan mungkin anda bisa mencari suasana baru sambil bermain game.

  1. Kurangi gula

Kurang fokusnya anak bisa jadi karena asupan gula. Kok bisa ? jelas bisa, bukan karena gula berbahaya namun gula merupakan sumber nutrisi yang bisa dikonsumsi manusia dan diubah tubuh menjadi sebuah energi, dalam hal ini jika anak banyak mengonsumsi gula maka energi mereka akan sangat tinggi. Hal ini seringkali menjadi masalah bagi para anak-anak yang sudah aktif dan kelewat menjadi lebih aktif. Untuk itu mereka tidak boleh mengonsumsi makanan manis demi meningkatkan daya fokus dan mengurangi mobilitas gerak mereka. Baca

  1. Kurangi protein tinggi

Sebenarnya anak-anak berpotensi autis dan sulit fokus hanya karena sebuah asupan. Jelas sesuatu yang kurang akan menyebabkan anak anda mengalami kekurangan gizi, dan masalah fisik serta mental lainnya. Namun kelebihan juga bisa menyebabkan bahaya salah satunya sulit fokus pada anak. Mengurangi protein tinggi dan memberikan sesuai kadar nutrisinya akan menjadi solusi yang paling baik. Jika anak suka salmon atau tuna memang baik, tapi bukan berarti memberinya setiap hari. Anda harus menyeimbangkannya dengan protein jenis lain agar anak tidak bosan dan nutrisi yang didapat tetap seimbang. Anak juga terhindar dari kesulitan fokus akibat hormon dan masalah tubuhnya.

  1. Buat rules

Orang tua memang tempat berlindung anak, namun anda juga guru dan anda merupakan panutan. Apa yang mereka lihat pertama kali berasal dari anda, dan itu akan terekam seumur hidupnya. Jelas membuat aturan bisa menjadi kewajiban jika itu menyangkut kebaikan anak. Penerapan Disiplin pada Anak Usia Dini jelas sangat penting.

Meskipun begitu tetaplah buat aturan yang masuk akal, tegas namun tidak mengikat atau memonopoli. Nah anda bisa membuat aturan ini untuk melatih fokus mereka. Harus makan dulu baru nonton televisi, jangan bermain game sambil berbicara dan hal kecil lainnya. Dengan begitu mereka akan terlatih untuk lebih fokus pada satu hal tanpa bermasalah.Baca Penyebab Lupa Dalam Psikologi.


  1. Berikan reward

Memberikan pujian memang buruk jika dilakukan berlebihan, namun baik jika dilakukan sewajarnya dan sangat tidak baik juga jika tidak pernah dilakukan. Ketika mereka melakukan hal kecil untuk meningkatkan fokus mereka, minimal menunjukan usaha. Jelas anda harus memberi mereka reward atau minimal pujian. Namun jangan iming-imingi sebuah barang sebelum mereka melakukannya terlebih dahulu, hal ini akan mengajarkan anak untuk terbiasa dengan sebuah imbalan.

  1. Ajarkan kontak mata

Ketika berbicara sangat mudah menilai anak tersebut fokus atau tidak dari kontak mata yang mereka buat. Anak yang sulit fokus akan sulit menatap mata dalam beberapa waktu. Nah untuk meningkatkannya, coba untuk ajarkan bagaimana berkomunikasi yang baik dengan melihat atau mengajarkan kontak mata dengan lawan bicara. Selain menunjukan kesopanan mereka akan mendapatkan perhatian dan juga meningkatkan fokus sehingga semakin baik. Baca Hakikat Perasaan dalam Psikologi.

  1. Tunjukan kesopanan

Ada beberapa hal yang menyangkut terkait sopan dan fokus. Dimana mereka yang berbicara sembarangan atau tidak menunjukan niatnya untuk berkomunikasi bisa dianggap tidak sopan, tidak mendengarkan pembicaraan orang, mencoba melakukan hal lain padahal sedang diajak komunikasi dan hal lainnya. Mengajarkan dan menunjukan sopan santun yang benar akan membantu anda mengajarkan dua hal secara sekaligus. Bagus bukan?

  1. Berikan tugas sesuai usia

Seringkali beberapa orang tua memberikan tugas yang kelewat dari usia yang seharusnya. Tugas yang dimaksudkan adalah pekerjaan atau permainan yang harus mereka kerjakan. Jika sulit dan membosankan jelas akan mempersulit anak untuk lebih fokus. Anda boleh memberikan yang sulit namun harus tetap sesuai dengan usianya.

  1. Berikan deadline

Anak yang kesulitan untuk fokus harus diberikan tenggat waktu agar mereka termotivasi. Seringkali mereka tidak memiliki alasan untuk melakukan hal tersebut sehingga mereka tidak mau melakukan hal-hal yang anda minta.

  1. Jangan beri hal yang membosankan

Meningkatkan fokus pada anak memang tidak mudah, anda harus bisa memberikan kegiatan atau permainan yang sekiranya tidak membosankan. Wajar saja anak menjadi tidak fokus dan sulit mengatur keinginannya. Sangat membosankan pasti bahwa mengerjakan hal yang tidak mereka inginkan. Cobalah untuk hindari hal tersebut dan jangan paksa mereka, karena anak tidak mengerjakan hal tersebut bukan karena tidak bisa namun tidak ingin.

  1. Istirahat cukup

Apa jadinya jika anak-anak kesulitan tidur dan memiliki waktu istirahat yang kurang ? jelas sekali menjadi masalah karena anak-anak seringkali menghabiskan energi mereka tanpa sengaja yang menyebabkan mereka harus merasakan kelelahan, lapar, mengantuk hingga tidak fokus.

Terkadang istirahat yang tidak cukup bisa mengganggu fokus mereka. Kekurangan waktu atau jam tidur, kelelahan dan sejenisnya jelas mengganggu mereka, anda juga harus tahu Gangguan Tidur dalam Psikologi Abnormal Perlu Diketahui

Anak-anak yang sulit tidur dan banyak bermain bisa berdampak pada sistem fokusnya. Wajar jika anak-anak ingin terus main, namun disinilah peran orang tua mengatur mereka agar tetap di jadwalnya. Jika sudah kelelahan jelas anda juga yang akan susah kan ?

  1. Nutrisi yang sesuai

Nutrisi bisa menjadi pengaruh besar terhadap fokus anak, seperti tadi yang dikatakan bahwa protein terlalu tinggi dan gula terlalu banyak bisa mengganggu kinerja pikiran anak menjadi lebih lincah. Sehingga nutrisi memiliki peran penting dalam pola pikir anak yang masih berkembang. Nutrisi yang bagus jelas yang seimbang dan tidak lebih ataupun kurang.

  1. Selesaikan

Jika mengajarkan anak untuk melakukan sesuatu maka ajarkan untuk menyelesaikannya sampai tuntas. Anak seringkali merasa bosan dan tidak ingin meneruskan apa yang mereka mulai. Jika anda membiasakan hal seperti ini maka anda akan terbiasa dan mengajarkan hal seperti tidak bertanggung jawab, merusak dan jelas membiarkan anak untuk tidak fokus. Maka hindari hal seperti ini terutama anak sejak kecil.


  1. Beri Tantangan

Memberi tantangan boleh namun anda tetap harus sesuaikan dengan usia anak-anak. Jangan memaksakan apapun yang ada diluar batasannya karena mereka masih anak-anak yang ada anda mendorong mereka terlalu keras untuk berusaha fokus.

Namun bukan berarti anda harus takut. Coba kasih tantangan yang sekiranya mereka sanggup hadapi, anda ibu atau ayahnya pasti tahu takaran dan kemampuan anak anda yang sebenarnya. jadi, jangan takut. Cara Meningkatkan Konsentrasi Pada Anak Autis bisa seperti ini.

  1. Nyaman

Anak bisa melakukan hal yang fokus atau meningkatkan fokus jelas dengan suasana yang nyaman. Anak sendiri tidak bisa dipungkiri, mereka hanya akan melakukan hal yang baik jika mereka merasa nyaman, mereka juga hanya bisa melakukan hal yang fokus.

Meningkatkan fokus anak mungkin terlihat sepele dan juga mudah, namun pekerjaan ini bukanlah yang berhasil dilakukan oleh semua ibu terutama ibu baru. Fokus anak juga seringkali menjadi hal sepel bagi banyak orang tua padahal dampak atau efeknya mungkin baru terasa di kemudian hari. Perlu anda ingat bahwa meningkatkan fokus anak merupakan hal yang tidak mudah dan perlu proses.

Demikian yang dapat disampaikan, semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Anak