Sponsors Link

14 Cara Meningkatkan Kreativitas pada Anak yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Orang tua menginginkan yang terbaik untuk anaknya dan hal tersebut sangatlah jelas. Mengingat semua orang tua mengorbankan apapun yang anaknya butuhkan dengan keringat dan semua perasaan mereka. Tidak ada orang tua yang tega melakukan hal buruk pada anaknya, dalam psikologi terkecuali mereka yang dalam gangguan atau pengaruh secara tidak sadar baik pikiran maupun mental.

ads

Tugas dan perang orang tua sangatlah banyak, pertama mereka harus tahu apakah adanya terindikasi Gangguan Jiwa Pada Anak , mengemban penuh tugas Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak atau hal lainnya.  Lantas bagaimana dengan kreativitas, apakah semua anak punya dan bagaimana menumbuhkannya ? Kreativitas jelas tidak akan muncul tiba-tiba, itu bukanlah sihir. Namun ada tahapan yang harus dilewati jika ingin tumbuh dari pengalaman sehari-hari sejak usia dini. Bagaimana cara merangsang kreativitas anak dengan mudah ?

1. Pikir Positif

Ketika anda ingin memancing kreativitas anak maka anda harus berpikir positif. Pertama jika anda selalu membayangkan hal negatif pada anak maka jelas pikiran anak akan berubah ke hal yang buruk. Misalnya ada sebuah coretan di dinding yang tidak merusak anda akan mengatakan bahwa itu merusak pemandangan dan jelas perilaku yang dilarang dan bisa mematikan keinginan dan kreativitasnya.

Namun jika anda mengatakan terbalik misalnya, anak anda bisa lebih hebat dari mereka namun di tempat yang seharusnya dan akan jauh lebih dihargai. Pikiran positif akan membantu memancing kreativitas anak anda.

2. Jangan Memaksakan

Memaksa akan menimbulkan rasa stress, jelas dengan memaksa akan ada hal buruk terjadi. Dimana anak-anak dipaksa dan rasa stress yang muncul bisa menyebabkan jalan kreatifitas mereka akan mati. Memaksa juga bisa membunuh imajinasi dan ide mereka yang sebenarnya ingin dikembangkan. Ada banyak anak yang akhirnya harus mengubur ide dan pemikiran mereka karena keinginan orang tuanya yang tidak sejalan, atau karena orang tuanya yang tidak mau mendengar karena anaknya dianggap tidak tahu apapun. Setelah hal ini terjadi, banyak anak-anak yang akhirnya menyerah pada impian mereka termasuk rasa kreativitas mereka.

3. Tegas

Bisa dibilang kreativitas merupakan hal yang unik, anda harus membuat batasan yang jelas dan tegas pada anak-anak. Seberapa banyak seniman atau orang kreatif yang berhasil mewujudkan sebuah karya yang luar biasa. Namun mereka mengalami masalah dalam karakter atau pikirannya. Tidak semua, namun beberapa anak yang ingin kreativitas mereka terasah dan dibiasakan orang tua tanpa pengawasan atau batasan menjadikan anak tersebut berkembang dengan salah.

Anak yang memiliki jiwa musik tinggi diperbolehkan menjadi musisi, namun orang tua memiliki kedisplinan yang lemah selama anaknya bahagia. Selanjutnya tinggal tunggu waktu bahwa anak tersebut terlibat narkoba atau kehidupan malam seperti minum dan sejenisnya. Semua itu akan berdampak pada anak tersebut berkembang dan berubah menjadi anak yang justru kreatif namun sayangnya kelewat batas.

4. Bermain

Dunia anak memang bermain kan ? mereka masih anak-anak butuh hiburan dan juga perkembangan, namun hal yang mendidik juga didalamnya. Bisa jadi salah satu alternatif untuk mengembangkan potensi kreativitas anak adalah dengan bermain. Tidak terasa seperti belajar padahal anda sedang mencoba mengajarkan sesuatu pada mereka. Bermain memang bukan hal yang salah untuk anak-anak, namun jenis permainan apa dulu yang anda kenalkan karena yang buruk jelas tidak akan memancing kreativitas mereka namun justru sebaliknya.

Untuk memicu daya kreativitas anak cobalah dengan bermain secara acak, jenis permainan bisa anda tanyakan pada ahli psikologi anak atau mereka yang menjadi pengajar anak kecil untuk mengasah motorik dan skill anak. Mereka pasti lebih tahu, jangan lupa terapkan dan buat anak sebahagia mungkin untuk menerima permainannya.


5. Imajinasi

Mencoret dinding rumah anda kemudian anda marah ? sedangkan anda berharap anak menjadi kreativ. jelas hal tersebut diak akan terjadi sampai kapanpun, karena anda membatasi imajinasi mereka. Memang mengarahkan untuk berbuat sesuatu yang sesuai hal yang wajar dan boleh dilakukan. Namun membatasi imajinasi mereka merupakan hal yang buruk.

Biarkan mereka mengembangkan imajinasinya, berikan permainan yang membebaskan mereka membangun dan membentuk sesuatu sesuai keinginan mereka, dengan begitu imajinasi akan bekerja.

6. Pertanyaan kreatif

komunikasi antara orang tua dan anak sangatlah penting. Peran Lingkungan Dalam Pendidikan Karakter Anak sangatlah tinggi, anda sebagai orang tua atau anggota keluarga merupakan salah satu lingkungan terdekatnya. Coba tanyakan pertanyaan yang mungkin ringan namun bisa membiasakan mereka menjawab pertanyaan yang memancing daya pikir mereka.

Seperti hal sepele, apakah mereka pernah melihat pemadam kebakaran, bagaimana mereka bekerja, apa cita-cita anak anda. Ketika cita-cita tersebut tercapai jenis pekerjaan apa yang ingin mereka kerjakan dan mereka kuasai. Hal seperti ini memancing kreatifitas mereka untuk mencoba mewujudkannya. NAmun jelas dibawah pengawasan orang tua.

7. Minat dan Bakat

Anak tidak akan dilahirkan tanpa minat ataupun bakat. Terutama jika minat dan bakat mereka sduah termasuk yang kreativ, anda jelas tinggal mengasah hal tersebut menjadi semakin baik dan semakin hebat kan?

Selain itu ada beberapa anak yang membutuhkan pancingan atau stimulan terlebih dahulu untuk bisa mengeluarkan minat dan bakatnya, pancingannya bisa dari tes minat dan bakat, mengikuti beberapa kegiatan ekstrakulikuler di sekolah dan sejenisnya. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan terkait minat dan bakat.

8. Tantangan 

Anak-anak menyukai tantangan dan percayalah mereka akan semakin tertarik mendalaminya, meskipun beberapa anak akan mengalami ketakutan di awal. Pengalaman baru itulah yang bisa menarik anda untuk memancing kreativitas anak lebih baik dan lebih tinggi lagi.

Pengalaman mengajarkan segalanya, bukan hanya ketakutan saja namun apa yang anak anda sukai. Siapa tahu anda baru saja menemukan kreativitas anak anda setelah melewati tantangan bersama. Namun usahakan untuk tetap dalam batasan dan usianya, jangan memaksakan jika memang anak anda tidak bisa menangani ketakutannya, mengingat setiap anak berbeda. Apalagi jika anda termasuk orang tua yang tidak pernah mendidik mereka dengan keras.

9. Pujian

Memuji bisa meningkatkan rasa percaya diri anak dan itu benar-benar berhasil untuk beberapa anak yang ingin kreativitasnya muncul. Bukan main-main, mereka bisa merasa seperti melayang di awan dan akhirnya bisa menghasilkan karya yang luar biasa. Pujian boleh diberikan, namun jika itu layak karena ada banyak hal yang seringkali anak tidak mengerti.

Misalnya jika anda terlalu banyak memuji maka mereka terbiasa ditinggikan dan sombong, ketika sudah berbaur dengan lingkungan maka mereka akan kesulitan. Namun jika sekedar memuji hasil karya yang mereka senangi dan percaya dirikan jelas itu bisa membangun anak untuk berkembang lebih baik.

10. Hubungan Sosial

Kreativitas tidak hanya berkaitan dengan keahlian diri sendiri saja namun juga hubungan sosial seseorang. Anda akan mengajarkan siapa mereka dan bagaimana hubungan sosial berjalan. Anda harus bisa membangun hubungan sosial dengna baik dibarengi dengan relasi. Kreativitas bisa memicu banyak sekali keahlian seperti mudah nya anda memiliki hubungan, teman, cara bergaul dan sejenisnya.

11. Eksplorasi

Eksplorasi merupakan hal yang wajar dilakukan oleh anak-anak terutama mereka yang batita atau balita. Sejak usia beberapa bulan anak memiliki perbekalan yang bisa dianggap sebagai rasa ingin tahu yang tinggi, dimana rasa ingin tahu menumbuhkan kreativitas secara alami. Anda bisa memenuhi eksplorasi selama memenuhi kebutuhan dan dalam batasan yang tepat.

12. Hindari Stress

orang dewasa saja tidak bisa mengatasi rasa kesal dan stress yang mereka alami, terutama anak-anak anda jangan sampai memaksakan hal-hal yang akhirnya menjadi stress. Tekanan membunuh semua seperti halnya kreativitas dan sejenisnya. Anda harus bisa mengurangi rasa stress, perhatikan rasa stress dan juga keinginan anak berbeda jangan sampai tertipu dna mengikutinya karena akan berbahaya.


13. Bertanggung Jawab

Anak yang selalu dilindungi dan tidak diberi kesempatan untuk berpikir jelas akan membuat mereka berlindung, pengecut dan hanya merasa bahwa tanggung jawab merupakan hal yang main-main. Biarkan mereka mencari solusi sendiri atas apa yang mereka lakukan dan juga biarkan mereka mengembangkan pikirannya sendiri.

14. Pahami Anak

Anak merupakan individu yang berbeda, mereka memiliki pemikiran, karakter dan juga sifat masing-masing. Hal ini jelas akan berkaitan dengan kreativitas mereka. Anda tidak bisa menyamakan ataupun membandingkan, jangan pernah menyamakan atau membandingkan anak dengan yang lain semua memiliki kelebihan dan kelemahan termasuk kreativitasnya. Pekerjaannya adalah anda harus bisa mencari hal yang bisa menumbuhkan dan memancing kreativitas mereka dengan baik tanpa mengganggu atau merusak perkembangan dan keinginan anak.

Baca juga :

Demikianlah yang dapat disampaikan, semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Anak