Sponsors Link

10 Cara Meningkatkan Persepsi Antar Pribadi

Sponsors Link

Menerapkan cara meningkatkan persepsi antar pribadi memang penting dilakukan supaya hubungan sosial kita bisa berlangsung dengan baik. Adanya masalah terkait dengan mis-persepsi antar individu, bisa menyebabkan hubungan sosial tersebut menjadi kurang baik. Oleh karenanya, kita bisa menggunakan beberapa macam hal yang memang bisa meningkatkan kemampuan untuk memiliki persepsi yang baik dalam hubungan interpersonal. Ada banyak konsep mengenai pengertian persepsi menurut para ahli.

ads

Persepsi merupakan sebuah cara pandang dari seorang individu dalam melihat suatu hal. Seseorang mungkin bisa memiliki sifat yang kurang baik manakala tidak dapat menyamakan persepsinya saat berinteraksi dengan orang lain.

Beberapa macam teknik untuk meningkatkan persepsi ini bervariasi. Kita bisa memulainya terlebih dahulu dengan cara yang mudah. Tentunya ini akan sangat berguna manakala kita akan memperbaiki kualitas hubungan sosial kita dengan orang lain. Lantas, apa saja cara yang bisa kita lakukan? Simak beberapa perinciannya berikut ini:

  1. Menghindari Debat Kusir

Perdebatan yang tidak ada ujung penyelesaiannya dikenal dengan istilah debat kusir. Persepsi dalam psikologi antar individu tidak akan meningkat apabila kebiasaan debat kusir ini masih saja kita lakukan. Berdebat bisa dilakukan selama konteks yang dilakukan adalah untuk menyamakan persepsi dan menemukan sebuah pemecahan masalah bersama. Debat kusir hanya akan membuang waktu dan membuat hubungan antar individu menjadi kurang baik,

  1. Menghargai Pendapat Orang Lain

Menghargai pendapat orang lain bisa dilakukan dengan sikap menerima yang baik. Tidak mudah melakukan judgement merupakan cara yang bisa digunakan untuk membuat perbedaan pendapat menjadi sesuatu hal yang positif. Tentunya ini akan diperlukan keterampilan tersendiri. Ego masing-masing individu perlu ditekan sehingga keterbukaan terhadap pendapat orang lain bisa dilakukan di sini.

  1. Melihat Hal dari Banyak Sisi

Mampu melihat suatu hal dari banyak sisi juga merupakan keterampilan yang bagus untuk diterapkan. Persepsi akan menjadi lebih luas dan tidak sempit lagi. Biasanya, ini digunakan sebagai cara meningkatkan persepsi antar pribadi dalam rangka membuka wawasan dengan lebih luas lagi. Sangat disayangkan apabila kita mempertahankan pendapat kita hanya karena persepsi kita yang menyempit. Manakala persepsi kita menyempit, segala macam bentuk informasi orang lain pasti tidak akan pernah bisa diterima dengan baik.

  1. Menjadi Pendengar yang Baik

Keterampilan lain yang juga penting untuk diasah adalah keterampilan untuk menjadi pendengar yang baik. Cara ini mungkin termasuk memerlukan keterampilan tersendiri. Namun demikian, melatih diri kita menjadi pendengar yang baik akan mampu meningkatkan persepsi antar individu dengan lebih baik pula. Kadang-kadang, hanya dengan mendengarkan orang lain dan menyimak apa yang menjadi pendapatnya bisa menjadikan kita memandang masalah tidak hanya dari satu sisi. Tapi juga menelaah dari berbagai macam sudut pandang. Psikologi konseling biasa memakai teknik ini.

  1. Belajar Berpendapat

Selain menjadi pendengar yang baik, kita juga bisa belajar berpendapat. Rasanya akan sangat disayangkan sekali manakala kita hanya menjadi pendengar pasif. Kita sekedar mendengarkan tetapi tidak memberikan umpan balik berupa pendapat atau argumen yang akan kita berikan kepada orang lain. Tentu saja hal ini akan membuat seseorang menjadi lebih skeptis kepada kita. Kesalahan persepsi orang lain bisa terbentuk hanya karena kita tidak mau memberikan pendapat atau umpan balik kepada mereka.

  1. Menyamakan Persepsi tanpa Saling Bertentangan

Manakala kita sudah mampu untuk saling berargumen, maka kita juga harus mulai mengambil jalan tengah untuk saling menyamakan persepsi. Ini adalah hal yang paling esensial dari berbagai macam cara lainnya. Penyamaan persepsi berfungsi untuk saling mendapatkan pemahaman yang sama tanpa harus berakhir dalam pertentangan. Cara ini bisa dilakukan dengan mengumpulkan semua argumen, kemudian bersama-sama mengambil kesepakatan yang mufakat.

  1. Menggunakan Komunikasi Interpersonal yang Baik

Cara kita berkomunikasi juga akan sangat berpengaruh dalam meningkatkan persepsi antar personal. Oleh karenanya, penting bagi kita untuk menerapkan komunikasi interpersonal yang baik. Kita bisa melatihnya dengan menggunakan teknik-teknik asertif, yaitu menyampaikan apa yang menjadi ketidaksetujuan kita tanpa harus membuat orang lain sakit hati. Kecerdasan interpersonal dibutuhkan di sini.

Sponsors Link

  1. Tidak Cepat Menyimpulkan

Terlalu cepat dalam menyimpulkan suatu masalah adalah tanda bahwa persepsi kita sedang menyempit. Penting untuk menelaah informasi dengan baik sebelum kita menyimpulkan suatu hal. Poin tentang memandang suatu hal dari banyak sisi menjadi cukup penting sehingga kita bisa melakukan hal yang memang kita yakini tepat. Hubungan persepsi  dengan orang lain juga akan terbina dengan baik.

  1. Tidak Menerima Informasi Mentah

Menelan mentah-mentah suatu informasi juga akan mengarahkan sikap kita kepada sikap yang cepat menyimpulkan suatu hal. Pastikan kita memproses informasi tersebut dengan matang-matang terlebih dahulu. Jangan sampai terjadi mis-persepsi hanya karena kesalahpahaman informasi yang telah dibagikan. Kita bisa mencoba melatihnya dengan tidak buru-buru membenarkan sebuah informasi yang kita terima.

  1. Menggunakan Proses Berpikir Intrapersonal

Supaya semua proses tersebut bisa berjalan dengan baik, maka kemampuan berpikir intrapersonal kita juga harus baik. Teori psikologi kepribadian akan membantu kita menganalisis kepribadian kita. Kita bisa melakukannya dengan menggunakan refleksi diri terhadap apa saja tindakan yang sekiranya sudah dan akan kita lakukan. Dengan kecerdasan intrapersonal yang baik, maka hubungan interpersonal pun akan sama-sama baik. Cara meningkatkan persepsi antar pribadi ini ternyata memang harus melibatkan proses berpikir dalam diri sendiri.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :