Sponsors Link

12 Cara Agar Nyaman Bekerja di Kantor

Sponsors Link

Banyak  individu yang bekerja lebih dari 8 jam sehari karena menganggap bekerja di kantor sebagai sesuatu yang harus mereka lakukan agar bisa menikmati hidup setelah pensiun. Walau demikian, Sobat sudah bisa menikmati hidup apabila memiliki kenyamanan positif

ads

yang membuat Sobat ingin merasa nyaman sejak masih bekerja. Dengan membentuk jadwal kerja yang menyenangkan, bekerja di kantor dan interaksi di bekerja di kantor akan lebih bermakna. Bacalah artikel 12 Cara Agar Nyaman Bekerja di Kantor berikut ini agar Sobat merasa nyaman bekerja di kantor.

1. Biasakan bangun pagi satu jam sebelum berangkat bekerja di kantor

Sediakan waktu untuk menikmati saat saat menyendiri sebelum memulai kegiatan pagi. Tidur malam adalah saat yang istimewa, tetapi berikan juga waktu kepada diri sendiri tanpa merasa terbebani. Sediakan cukup waktu untuk menikmati sarapan pagi, membaca buku, olahraga pagi, atau melakukan apa saja yang Sobat sukai. Memberikan waktu kepada diri sendiri sebelum berangkat ke bekerja di kantor adalah cara terbaik mengawali hari dengan cara yang menyenangkan. (Baca juga mengenai cara menjadi 3pemimpin yang baik)

2. Perhatikan penampilan Sobat

Berangkat ke kantor dengan penampilan yang rapi dan siap bekerja membuat keseharian Sobat terasa menyenangkan. Apabila Sobat boleh berbusana kasual atau harus mengenakan seragam kantor, jangan memakai aksesori atau riasan secara berlebihan. Biasakan mandi pagi, mencuci rambut, dan berpenampilan rapi. Penampilan yang menarik membuat  individu lain lebih menghargai Sobat sehingga Sobat merasa lebih senang berada di bekerja di kantor. (Baca juga mengenai perbedaan boss dan leader)

3. Jangan memikirkan masalah pribadi saat bekerja di kantor

Salah satu cara merasa nyaman bekerja di kantor adalah memisahkan antara masalah pribadi dan bekerja di kantor, meskipun Sobat merasa khawatir karena baru saja bertengkar dengan pacar, ibu yang sedang kurang sehat, atau rencana pernikahan yang tiba tiba berubah dsb. Apa pun masalah yang sedang terjadi (kecuali masalah yang sangat penting), katakan kepada diri bahwa Sobat harus bekerja dengan tenang sampai jam kerja usai lalu bekerjalah sebaik mungkin. (Baca juga mengenai cara meningkatkan semangat kerja)

4. Berangkatlah bekerja di kantor minimal sepuluh menit lebih awal

Persiapan yang tergesa gesa di pagi hari cenderung membuat suasana kerja dan keseharian Sobat kurang menyenangkan. Apabila terlambat masuk kerja, Sobat akan merasa terlambat sepanjang hari dan kekurangan waktu untuk menyelesaikan bekerja di kantor yang tertunda.

Hindari, biasakan berangkat bekerja di kantor 15 menit lebih awal, bahkan lebih pagi lagi, tergantung situasi perjalanan menuju bekerja di kantor. Mungkin Sobat ingin menghemat waktu dengan menunda berangkat beberapa menit, tetapi pada kenyataannya, Sobat malah merasa kurang nyaman bekerja di kantor. (Baca juga mengenai hubungan kecerdasan emosional dengan stres kerja)

5. Sapalah rekan rekan saat Sobat sampai di kantor

Saat memasuki ruang kerja, sapalah teman teman sebelum mulai bekerja. Cara ini membuat Sobat merasa lebih terhubung dengan  individu lain dan meningkatkan energi positif. Walaupun Sobat sendiri sedang tertekan, tergesa gesa, atau kesal, menghindari  individu lain bukanlah cara yang membuat Sobat merasa senang bekerja di kantor. Hindari, bersikaplah ramah di bekerja di kantor, meskipun Sobat sedang merasa kurang nyaman. (Baca juga mengenai cara mengatasi stres pada karyawan )

6. Ciptakan suasana kerja yang nyaman

Biasakan menata dan merapikan meja atau area kerja supaya Sobat tahu letak semua yang Sobat butuhkan dan tidak kehabisan waktu karena mencari sesuatu yang hilang. Terapkan sistem penyimpanan file atau gunakan rak untuk menaruh berkas berdasarkan tenggat dengan memisahkan tugas yang harus diselesaikan hari ini, minggu depan, atau akhir bulan. Merapikan area kerja 10 menit setiap hari membuat Sobat merasa nyaman bekerja di kantor. Selain itu, Sobat akan merasa nyaman dan tidak tertekan saat berada di area kerja.


7. Selesaikan tugas kecil secepatnya

Balaslah email yang bisa langsung ditanggapi (tidak perlu mencari informasi pendukung) dan kirimkan dokumen secepatnya. Setelah itu, masukkan tugas lain dalam kategori “urgent: harus ditanggapi akhir minggu” dan seterusnya. Ingatlah bahwa tugas yang diselesaikan tanpa menunda membuat Sobat merasa sudah meraih sebuah pencapaian yang menimbulkan rasa nyaman bekerja di kantor.

8. Berbanggalah atas bekerja di kantor Sobat

Bekerja secara profesional saat menyelesaikan tugas kecil atau tugas besar membuat Sobat layak menerima pujian dan penghargaan dari rekan kerja dan manajemen, misalnya saat Sobat menyiapkan laporan, memasak makanan yang lezat, atau mengajarkan materi kuliah tentang karya. Apa pun yang Sobat lakukan, berbanggalah atas bekerja di kantor Sobat dan manfaatnya bagi  individu lain. Setiap  individu yang bekerja dengan baik layak dipuji, merasa nyaman, dan berbangga atas keberhasilannya.

9. Hargai klien dan pelanggan

Berikan pelayanan sebaik mungkin. Mereka akan mengucapkan terima kasih dengan berbagai cara apabila Sobat memberikan pelayanan terbaik. Kita akan merasa senang apabila berguna bagi  individu lain dan ketika mereka berterima kasih karena kita sudah bekerja dengan baik atau memberikan lebih daripada yang mereka harapkan. Di mana pun Sobat bekerja, di kantor atau di restoran,

tidak ada manfaatnya bersikap kasar atau merendahkan  individu lain. Walaupun Sobat merasa kesal atau ingin marah, interaksi negatif dengan  individu lain membuat Sobat merasa tidak nyaman. Hindari, bangunlah hubungan yang positif dengan semua  individu yang Sobat temui di bekerja di kantor agar Sobat merasa nyaman bekerja di kantor.

10. Bergeraklah sesering mungkin selama bekerja

Apabila Sobat lebih banyak duduk atau melakukan postur tertentu, ada beberapa cara meningkatkan aktifitas fisik selama bekerja. Sobat akan lebih bersemangat dan merasa nyaman apabila semakin banyak melakukan aktifitas fisik. Mulailah bergerak dalam perjalanan ke bekerja di kantor, Apabila jaraknya cukup jauh, carilah cara mencapai bekerja di kantor yang membutuhkan aktifitas fisik, misalnya berjalan kaki sampai halte bus tertentu.

11. Sempatkan beristirahat

Agar Sobat merasa nyaman bekerja di kantor, sempatkan rehat sekali sekali untuk mencegah stres atau menghilangkan perasaan tidak bisa meninggalkan meja kerja dan keluar ruangan sampai jam kerja usai. Penelitian menunjukkan pentingnya beristirahat setiap 90 menit

dengan menjauhi komputer atau meninggalkan meja kerja untuk rehat selama 10 menit sambil merilekskan mata, melakukan peregangan, berjalan santai, atau membaca buku. Apabila Sobat boleh menikmati istirahat bekerja di kantor, anggaplah hal ini sebagai sebuah kemewahan yang membuat Sobat merasa nyaman.

12. Tentukan tujuan yang ingin Sobat capai dengan bekerja

Agar merasa nyaman bekerja di kantor, tentukan tujuan yang Sobat impikan. Sobat tidak perlu menjadi direktur utama organisasi nirlaba agar mampu mengubah kehidupan  individu lain. Akan tetapi, Sobat harus tahu apa alasan dan tujuan Sobat bekerja, entah sebagai guru, pramusaji, atau direktur perusahaan. Mungkin Sobat ingin membantu  individu lain, pelajar, pelanggan, atau klien. Apabila Sobat belum bisa menentukan untuk apa Sobat bekerja, kenyamanan belum bisa Sobat rasakan bekerja di kantor.

Nah sobat, semoga memiliki hari hari yang nyaman dan indah dalam pekerjaan sobat ya, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi