Sponsors Link

12 Tips Bertahan di Tempat Kerja yang Tidak Nyaman

Sponsors Link

Bagi kebanyakan individu, kata “kerja” dan “tidak nyaman” artinya hampir sama, bahkan pemikiran tentang menghilangkan tidak nyaman di tempat kerja rasanya seperti melakukan suatu hal yang tidak mungkin. Tetapi jangan takut, selama Sobat dapat menyesuaikan pola pikir,

ads

menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, dan melakukan kebiasaan yang sudah terbukti dapat meredakan rasa tidak nyaman, Sobat pasti akan merasa bahagia dan bebas dari tidak nyaman selama berada di tempat kerja. Apabila Sobat ingin tahu caranya, ikuti saja tips berikut. 12 Tips Bertahan di Tempat Kerja Yang Tidak Nyaman.

1. Rapikan meja kerja Sobat

Meja kerja yang rapi akan membuat Sobat terbebas dari tidak nyaman. Jagalah agar meja kerja Sobat tidak berantakan dan gunakan meja ini hanya untuk menaruh barang barang yang sering Sobat gunakan seperti tempat pensil, buku catatan, telepon, dan benda benda yang enak dilihat untuk mengistirahatkan mata Sobat. Susunlah berkas Sobat dengan rapi di tempatnya, dan buanglah bolpoin yang sudah tidak digunakan lagi. Semakin rapi tempat kerja Sobat, semakin nyaman rasanya pekerjaan dan hidup Sobat. (Baca juga mengenai cara agar nyaman bekerja di kantor)

2. Ciptakan kondisi kerja yang ergonomis

Apabila ruang kerja Sobat ditata secara ergonomis, tubuh Sobat akan bebas dari ketegangan, begitu juga dengan pikiran Sobat. Apabila lengan Sobat selalu tertekuk selama mengetik, Sobat harus berusaha mencari papan ketik yang terpisah atau menggunakan tetikus untuk meredakan tekanan pada pergelangan tangan dan jari jari Sobat. Letakkan barang barang yang sering digunakan di dekat Sobat agar tidak perlu tegang hanya karena harus mencarinya apabila diperlukan. (Baca juga mengenai cara menjadi pemimpin yang baik)

3. Nikmatilah aroma yang menenangkan

Apabila kantor Sobat mengijinkan, cobalah gunakan pengharum ruangan yang lembut atau taruhlah bunga melati di meja kerja Sobat dan biarkan wanginya yang alami membuat Sobat merasa lebih tenang dan damai. Selain itu Sobat bisa menggunakan aromaterapi dari tumbuhan yang dikeringkan untuk membuat tempat kerja Sobat terasa seperti milik Sobat sendiri, juga membuat pikiran dan tubuh Sobat lebih bahagia. (Baca juga mengenai perbedaan boss dan leader)

4. Bayangkan liburan favorit Sobat

Apabila kondisi di tempat kerja terasa semakin tegang, tutuplah mata Sobat sejenak lalu cobalah mengingat tempat liburan favorit Sobat. Cobalah menciptakan lagi aromanya, suara suara, dan rasa yang membuat tempat ini sangat istimewa bagi Sobat. Kapan pun apabila Sobat merasa sangat tertekan, kembalilah ke tempat ini. Akan lebih mudah mengingatnya apabila Sobat meletakkan kenang kenangan dari tempat favorit ini. (Baca juga mengenai cara meningkatkan semangat kerja)

5. Baik dengan rekan kerja Sobat

Mungkin Sobat mengalami tidak nyaman di tempat kerja karena Sobat merasa seperti hanya sendirian saja dan tidak punya rekan bicara sepanjang hari. Meskipun Sobat tidak harus menjadi rekan yang paling baik, mengenal mereka pada saat makan siang atau waktu istirahat di tempat minum kopi akan membuat Sobat merasa memiliki rekan seperjalanan yang mau mendukung dan mengerti masalah Sobat. (Baca juga mengenai hubungan kecerdasan emosional dengan stres kerja)

6. Ubahlah cara pikir Sobat

Apabila Sobat merasa tidak sanggup lagi menanggung beban, misalnya karena tidak pernah bisa menyelesaikan pekerjaan, khawatir akan dipecat, atau apa pun yang Sobat lakukan sepertinya tidak pernah cukup baik, coba tenangkan diri, tariklah napas dalam dalam, dan katakan kepada diri sendiri untuk mengubah cara pikir. Meskipun pekerjaan dapat sangat menguras energi, pada akhirnya, pekerjaan hanyalah pekerjaan, bukan urusan hidup dan mati, kecuali apabila hidup Sobat dipertaruhkan dalam pekerjaan Sobat tentunya.


7. Bermeditasi

Melakukan meditasi di meja kerja atau di lantai selama dua puluh menit sehari dapat membuat Sobat merasa lebih bahagia dan lebih nyaman. Untuk bermeditasi, cobalah mencari tempat yang tenang untuk duduk yang nyaman lalu letakkan telapak tangan Sobat di atas paha, tegakkan tubuh Sobat, dan fokuskan perhatian Sobat untuk mebahagiakan setiap bagian di tubuh Sobat satu per satu.

8. Buatlah catatan

Meskipun Sobat mungkin sangat terikat dengan komputer, sempatkan untuk beristirahat dan mencatat beberapa hal, dimulai dari daftar tugas tugas harian sampai informasi yang Sobat terima melalui telepon. Menulis beberapa kata, bahkan yang tidak penting untuk pekerjaan Sobat, dapat memberikan kesempatan agar pikiran Sobat terbebas dari layar komputer, memulihkan lagi energi Sobat, dan membuat Sobat tidak terlalu terbebani.

9. Aturlah beban kerja Sobat

Tips lain untuk menenangkan pikiran Sobat di tempat kerja adalah dengan memastikan bahwa Sobat tidak terlalu terbebani dengan semua pekerjaan yang harus Sobat lakukan. Berusahalah mengatur beban kerja dengan mendelegasikan beberapa tugas kepada individu lain, mintalah dukungan rekan kerja dalam sebuah proyek, atau bahkan kurangilah pekerjaan yang sudah pernah Sobat terima.

10. Berusahalah agar bekerja terasa lebih menyenangkan

Apabila Sobat dapat membuat pekerjaan lebih menyenangkan, Sobat akan lebih suka datang ke tempat kerja, menghabiskan waktu di sana, dan kembali lagi hari berikutnya. Meskipun sepertinya tidak mungkin membuat pekerjaan Sobat menyenangkan, Sobat dapat melakukannya

dengan membawa makanan kecil untuk rekan rekan kerja Sobat, mentraktir diri sendiri makan siang yang enak seminggu sekali, atau memberikan hadiah diri kepada sendiri dengan membeli novel tentang kisah cinta yang menyedihkan atau kue yang enak karena berhasil menyelesaikan beberapa pekerjaan dengan baik.

11. Konsumsi makanan yang dapat meredakan tidak nyaman

Ada makanan tertentu yang dapat membuat Sobat lebih fokus dan tidak mudah gelisah dan tidak nyaman. Beberapa penelitian membuktikan bahwa makan jeruk atau bahkan hanya mengisap sepotong jeruk dapat membuat Sobat merasa lebih damai. Makanan lainnya yang dianggap dapat meredakan tidak nyaman yaitu alpukat, ikan salmon, kacang almon, dan sayur bayam, jadi cobalah mengonsumsi makanan ini pada saat makan siang atau menjadikannya sebagai camilan sekali sekali.

12. Berlatih yoga

Yoga dikenal karena manfaatnya dalam memberikan ketenangan untuk pikiran dan tubuh. Ikut kelas yoga sebelum atau sesudah bekerja dapat membantu Sobat mengalami hari kerja yang lebih menyenangkan, dan sejenak berlatih yoga selama istirahat makan siang juga dapat membuat Sobat lebih fokus dan terhubung dengan pikiran dan tubuh Sobat. Carilah individu yang mau menemani Sobat berlatih yoga, dan nikmatilah manfaatnya untuk pikiran dan tubuh Sobat.

Nah sobat, selamat menikmati hari bekerja yang indah, tetap bertahan dan niatkan untuk masa depan sobat, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi