Sponsors Link

6 Alasan Orang Tidak Mau Menatap Mata Lawan Bicaranya

Sponsors Link

Ada kalanya saat berinteraksi dengan sesama atau teman, kerabat dan pasangan diperlukan adanya tatapan mata, fokus dan respon. Apabila ke semua tersebut seimbang maka lawan bicara juga akan melakukan hal yang sama. Namun, ada satu posisi dimana saat Anda berbicara justru lawan bicara sungkan atau enggan untuk menatap mata langsung. Contoh cara membaca karakter seseorang dengan tepat.

ads

Ada banyak hal mengapa orang melakukan hal tersebut, untuk mengetahuinya berikut ini cari tahu alasan orang tidak mau menatap mata lawan seperti contoh dan penjelasan di bawah ini:

1. Malu

Berikut mengapa alasan orang tidak ingin menatap mata lawan bicara dalam waktu lama yaitu karena malu. Biasanya orang yang seperti ini kalau tidak dirinya sedang jatuh hati, merasa menyukai lawan bicaranya atau memang sifat orang tersebut pemalu.

Orang yang memiliki rasa malu tinggi akan sukar untuk menatap mata langsung atau karena ada beberapa ajaran agama tertentu yang menatap mata lawan jenis secara tidak berlebihan. Ketahui bahasa tubuh pria yang berbohong secara spontan.

Baca juga :

2. Sakit Mata

Selanjutnya alasan orang tidak mau menatap mata yaitu karena sakit mata. Orang yang sakit mata lebih sering untuk menghindari tatapan secara langsung dengan lawan bicaranya. Hal ini agar tidak menular dan juga lawan bicara tidak menjauh.

Apabila kondisi seperti ini memang sebaiknya menggunakan kaca mata hitam atau menutup mata dengan perban atau memang menghindari keluar rumah agar tidak menular.

3. Tidak Percaya Diri

Selanjutnya sungkan menatap mata langsung karena tidak merasa percaya diri, bisa jadi karena ia memiliki mata yang kurang sempurna seperti juling, sipit, atau lainnya. Karena tidak semua orang dengan mudah memiliki kepercayaan diri yang baik.

Karena itu apabila Anda bertemu dan berbicara dengan pribadi yang kurang percaya diri cobalah untuk mengacuhkan atau mengalihkan pembicaraan pada topik yang lainnya. Simak gaya komunikasi dalam Psikologi.

4. Berbohong

Berikut alasan orang tidak mau menatap mata karena ia menyembunyikan atau berbohong suatu hal. Orang yang berbohong akan sulit menatap lawan bicaranya, contoh atasan dengan bawahan.

Umumnya seorang yang menipu akan memalingkan pandangannya untuk tidak diketahui apabila ia berbohong. Karena itu jika Anda bertemu dengan seseorang yang sulit untuk menatap ketahui dulu alasannya jangan asal berasumsi.

Baca juga :

5. Bosan

Bisa juga orang tidak menatap mata lawan bicara karena ia merasa bosan atau sudah ingin menyudahi pembicaraan tersebut. Kebosanan bisa membuat orang mengalihkan pandangan ke arah manapun dengan maksud mengganti topik atau menyudahinya.

Bisa juga karena bosan ia mengalihkan dengan gadgetnya dibandingkan menatap mata Anda. Karena itu penting untuk tahu setiap postur tubuh lawan bicara apakan ia merasa bosan ataukah tidak. Berikut penggunaan Psikologi komunikasi dalam konseling.

6. Tidak Menyukai Lawan Bicaranya

Berbeda apabila lawan bicara Anda tidak ingin menatap mata karena merasa tidak menyukai Anda. Biasanya hal ini terjadi saat seorang atasan yang tidak disukai bawahannya berbicara, maka mereka akan menunduk atau memalingkan pandangan dari orang yang tidak disukai. Hal ini tentu tidaklah nyaman bagi Anda yang menjadi pembicaranya.

Semoga saja penjelasan dan contoh alasan orang tidak mau menatap mata bisa menjadi satu pengalaman baru dalam mengenal lawan bicara Anda saat berkomunikasi.

Sponsors Link
, ,