Sponsors Link

15 Bahasa Tubuh Pria yang Berbohong Secara Spontan

Sponsors Link

Mengatakan sebuah kebohongan pastinya menjadi hal yang tidak suka dilakukan banyak orang. Banyak wanita yang beranggapan jika pria lebih pintar dalam urusan berbohong untuk menutupi kesalahan yang diperbuat. Sebenarnya berbohong untuk alasan apapun juga tetap saja salah dan bisa berujung pada salah paham atau pertengkaran dan bahkan seseorang tidak lagi percaya dengan pria yang suka berbohong tersebut. Untuk mengetahui apakah seorang pria sedang berbohong tidak hanya bisa dilakukan ketika mendapati dirinya sedang berbohong saja, akan tetapi juga bisa terlihat dari bahasa tubuh yang dilakukan pria ketika berbohong. Agar bisa lebih jelas dan memahami tentang bahasa tubuh pria yang berbohong, anda bisa melihat beberapa ciri dan tanda yang akan kami berikan berikut ini.

ads
  1. Mengangkat Kedua Bahu dan Tangannya

Mengangkat kedua bagian bahu yang diikuti juga dengan kedua tangan menjadi salah satu bahasa tubuh yang menjadi pertama jika seorang pria sedang bingung atau tidak mengerti apa yang sedang dihadapi. Saat anda sedang bertanya hal serius pada pria dan ia menunjukkan bahasa tubuh seperti ini, maka ia sebenarnya sedang berusaha untuk meyakinkan anda pada sebuah hal yang sebenarnya juga tidak ia ketahui dengan pasti sekaligus meyakinkan anda agar tidak curiga pada dirinya yang bisa anda gunakan sebagai cara mengetahui orang berbohong menurut psikologi.

  1. Mengalihkan Pandangan

Pria yang sedang berbohong juga akan memalingkan pandangannya dari seseorang yang bertanya serius padanya. Mengalihkan pandangan ini menjadi sebuah bentuk sikap jika seorang pria sedang berusaha untuk menyembunyikan sesuatu dari orang yang sedang diajak bertanya.

  1. Menggaruk Hidung

Apabila anda sedang berbicara pada seorang pria dan ia menggaruk bagian hidungnya, maka sebaiknya anda juga berhati hati karena kemungkinan besar ia juga sedang berbohong. Saat pria sedang berbohong ketika berbicara, maka adrenalinnya juga akan meningkat yang kemudian menyebabkan pembuluh kapiler membesar dan membuat area di sekitar hidung pria menjadi gatal yang juga menjadi tanda tanda stress. Selain itu, otak nantinya juga akan mengeluarkan katekolamin yang menyebabkan jaringan saraf pada hidung jadi membengkak sehingga akan terasa panas dan gatal dan akhirnya mereka akan menggaruk hidung lebih sering.

  1. Menjilat Bibir dan Mata Terlihat Gelisah

Ketika pria sedang berbohong, maka secara tidak sadar mereka akan sering menjilati bagian bibirnya sebelum mereka mengatakan sebuah kebohongan yang ia lakukan sebagai cara menghilangkan kecemasan. Hal ini dilakukan dibawah sadar sehingga akan dilakukan secara spontan dan tidak bisa dihentikan. Apabila pria tersebut sangat cepat menjilati bibir atau bahkan menjulurkan lidahnya keluar dari mulut, maka sebuah kebohongan akan segera dikatakan pria tersebut. Selain itu, bahasa tubuh umum lain yang dilakukan pria ketika berbohong adalah ketidakmampuan pria tersebut untuk melihat ke mata pembicaranya dan akan berkedip dari sisi ke sisi lainnya atau berkedip lebih banyak dari biasanya. Pria tersebut akan melakukan segala cara untuk menghindari tatapan mata anda agar tidak mengungkapkan kebohongan yang sedang ia simpan.

  1. Membuat Jeda Panjang dan Perubahan Nafas

Bahasa tubuh pria yang sedang bohong juga terlihat dari ketidakmampuan pria tersebut bahkan untuk menjawab pertanyaan sederhana tanpa memikirkan jawabannya lebih dulu. Untuk itu saat sedang berbicara, maka pria yang sedang berbohong akan membuat jeda terlalu panjang tidak seperti biasanya. Selain itu, perubahan nafas saat pria berbohong juga akan terjadi. Denyut nadi dan juga detak jantung pria akan meningkat ketika berbohong sehingga akan mengubah cara mereka ketika bernapas. Pria berbohong akan terlihat seperti kehabisan nafas saat berbicara, gugup dan cemas saat ia sedang menyembunyikan kebenaran dari anda.

  1. Menyentuh Wajah dan Menggerakan Kepala Tiba Tiba

Seorang pria yang sedang berbohong juga akan lebih sering menyentuh wajah dan juga hidung tanpa sadar. Hal ini bisa terjadi karena merupakan reaksi gugup secara naluriah yang tidak bisa dikendalikan atau sebagai cara mengatasi stres berat. Pria seakan akan tidak sadar untuk menyentuh wajahnya lebih sering saat ingin menyembunyikan sesuatu dari anda. Selain itu, pria juga akan dengan cepat menggerakan kepalanya ketika ingin berbohong seperti melihat ke bawah, berpaling atau memiringkan kepalanya ke salah satu sisi. 

Sponsors Link

  1. Melakukan Pengulangan dan Menyembuyikan Telapak Tangan

Pria pembohong yakin jika mereka mengatakan sesuatu berulang kali, maka akan membuat lawan bicaranya bisa percaya atas apa yang sedang ia katakan. Sebagai contoh saat ia ingin menyangkal, maka ia akan secara berulang mengatakan tidak, saya tidak, tidak akan pernah, tidak melakukannya dan seterusnya secara berulang kali. Selain itu, pria yang sedang berbohong juga akan sering menyembunyikan telapak tangannya sebagai salah satu bahasa tubuh umum yang diperlihatkan. Pria akan menyembunyikan tangannya di dalam saku, meletakkan tangan di meja, mengangkat tangan ke belakang kepala yang dilakukan karena berusaha untuk menyembunyikan sesuatu.

  1. Perubahan Suara dan Menarik Napas

Bahasa tubuh selanjutnya ketika seorang pria sedang melakukan kebohongan adalah dari nada suara. Kemungkinan besar, ia akan berbicara berbeda dari biasanya seperti berteriak atau berbicara tidak terlalu banyak atau bahkan marah secara tiba tiba sebagai cara mengatasi stres dan depresi. Sementara jika lawan bicara sudah selesai bertanya, maka pria tersebut akan menarik napas sebagai tanda kelegaan karena berpikir ia sudah lolos dengan sebuah kebohongan. Bahu pria tersebut tidak lagi terlihat menegang, mendesah lega atau bahkan bersikap sangat baik dengan anda.

  1. Menutup Mulut dan Batuk

Pria yang menutup mulut menjadi salah satu gerakan yang paling banyak dilakukan pria saat berbohong yang diikuti juga dengan berpura pura batuk. Hal ini sebenarnya tidak hanya menjadi bahasa tubuh pria ketika berbohong namun juga sering dilakukan wanita. Hal ini terjadi untuk menutupi kebohongan dan secara tidak sadar ia akan melakukan gerakan seperti sedang batuk yang dikombinasikan juga dengan beberapa gerakan tangan lain ke area wajahnya. 

ads

  1. Menarik Telinga dan Tidak Berkedip

Ketika pria sedang berbohong, mereka umumnya akan terlihat gelisah dan merasa bersalah tentang apa yang akan mereka katakan. Untuk itu, tanpa sadar ia juga akan melakukan beberapa hal yang tidak ingin mereka dengar seperti menarik telinga mereka. Pria yang sedang berbohong akan sering menarik telinga, menggaruk telinga atau bahkan hanya sekedar menyentuh telinga. Selain itu, pria yang sedang berbohong juga akan menatap lawan bicaranya tanpa berkedip sebab sudah banyak orang yang mengetahui jika saat berbohong, maka banyak orang yang lebih sering berkedip dibandingkan biasanya. Untuk itu ia akan berusaha berkonsentrasi untuk menatap mata anda untuk meyakinkan diri anda sekaligus cara menghilangkan beban pikiran.

  1. Menghindari Sentuhan Dengan Lawan Bicara

Pria yang sedang berbohong juga akan berusaha menghindar untuk bersentuhan dengan lawan bicaranya. Ia akan menghindari kontak fisik, saat anda ingin mengambil sesuatu, melangkah atau sekedar bergerak, maka ia akan tampak ketakutan dan melakukan gerakan seperti menghindar.

  1. Gerakan Tubuh Tidak Sinkron Dengan Perkataan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ketika seseorang sedang berbohong makan akan lebih banyak bergerak sambil terus berkata kata untuk menutupi kebohongan. Namun saat sedang banyak berbicara, tanpa ia sadari ia lupa untuk melakukan beberapa gerakan spontan dan kehilangan refleks otomatisnya. Pria berbohong akan kurang bereaksi sederhana seperti mengangguk atau melakukan gerakan tangan. Saat ia sedang berusaha untuk bertingkah seperti biasa, perkataan yang mereka ucapkan tidak akan sesuai dengan gerakan tubuh yang dilakukan seperti mengangguk saat berkata tidak atau menggelengkan kepala saat berkata ya sebagai cara menghilangkan rasa takut yang berlebihan.

  1. Sering Tertawa dan Tersenyum Palsu

Pria pembohong juga akan lebih sering tersenyum atau tertawa yang dilakukan untuk menyembunyikan kebenaran sekaligus meredakan stress yang mereka rasakan. Senyum atau tawa yang dipaksakan akan memaksa bibir untuk tersenyum namun otot mata tidak akan melakukan hal yang sama. Senyum yang sebenarnya akan membuat bibir mengarah ke atas, sedangkan senyum atau tawa palsu akan terlihat seperti sedang dipaksakan namun bagian mata tetap terlihat menegang.

  1. Menggosok Mata

Hal selanjutnya yang bisa dilihat ketika seorang pria sedang berbohong adalah seringnya ia menyentuh area mata. Ketika sedang berbohong, maka area di sekitar mata akan terasa gatal seperti yang terjadi pada hidung. Hal ini membuat para pria terlihat sering menggosok atau hanya menyentuh mata mereka selama sedang berbicara untuk cara menghilangkan rasa gugup.

  1. Melepaskan Kancing Kerah

Ketika sedang berbohong, maka area leher juga akan terasa seperti tersedak karena tekanan sehingga pria akan mencoba melegakan leher mereka dengan cara melepaskan kancing pada kerah baju atau melonggarkan dasi mereka yang juga menjadi bahasa tubuh ketika pria sedang melakukan sebuah kebohongan.

Sponsors Link
, , ,