Sponsors Link

Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Mental

Sponsors Link

Meditasi untuk kesehatan mental atau sering juga disebut dengan Semadi adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari. 

ads

Makna meditasi untuk kesehatan mental adalah kegiatan mengunyah-unyah atau membolak-balik dalam pikiran, memikirkan, merenungkan. Arti definisinya, meditasi untuk kesehatan mental adalah kegiatan mental terstruktur, dilakukan selama jangka waktu tertentu, untuk menganalisis, menarik kesimpulan, dan mengambil langkah-langkah lebih lanjut untuk menyikapi, menentukan tindakan atau penyelesaian masalah pribadi, hidup, dan perilaku. Baca juga mengenai : alasan kenapa bernostalgia bisa menyehatkan mental

Meditasi untuk kesehatan mental juga dapat diartikan sebagai Pemusatan pikiran dan perasaan untuk mencapai sesuatu (KBBI). Selain itu meditasi untuk kesehatan mental juga dapat diartikan sebagai suatu cara untuk melatih diri kita sendiri untuk mengalami kehidupan dengan tataran cita atau sikap yang lebih bermanfaat. Baca juga mengenai : alasan pentingnya keluarga dalam menjaga kesehatan mental

Dengan kata lain, Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Mental melepaskan kita dari penderitaan pemikiran baik dan buruk yang sangat subjektif yang secara proporsional berhubungan langsung dengan kelekatan kita terhadap pikiran dan penilaian tertentu. Kita mulai paham bahwa hidup merupakan serangkaian pemikiran, penilaian, dan pelepasan subjektif yang tiada habisnya yang secara intuitif mulai kita lepaskan. Dalam keadaan pikiran yang bebas dari aktivitas berpikir, ternyata manusia tidak mati, tidak juga pingsan, dan tetap sadar. Baca juga mengenai : alasan tidak boleh mengabaikan gangguan mental

Satu contoh sederhananya, kita mungkin cuma ingin cita yang lebih tenang dan jernih. Sudah jelas, satu alasan untuk tujuan ini adalah karena cita kita tidak tenang, dan karenanya kita merasa sangat terganggu, tidak bahagia, dan terhambat dalam melakukan yang terbaik dalam hidup ini. Cita yang bermasalah bisa juga berpengaruh buruk terhadap kesehatan kita, atau menyebabkan atau memperkeruh masalah di keluarga kita dan membahayakan hubungan kita dengan yang lain. Dapat juga menimbulkan kesulitan di tempat kerja. Baca juga mengenai : dampak prostitusi bagi kesehatan mental wanita

Di contoh ini, tujuan kita adalah mengatasi semacam kekurangan atau masalah yang kita miliki, baik secara batin maupun perasaan. Kita memutuskan untuk bertanggung jawab untuk mengatasi masalah tersebut secara tertib lewat laku meditasi untuk kesehatan mental. Baca juga mengenai : pentingnya olahraga untuk kesehatan mental

Meditasi untuk kesehatan mental Meningkatkan Mutu Hidup

Bila dilakukan dengan benar, laku meditasi untuk kesehatan mental kita akan mulai mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari di antara sesi-sesi meditasi untuk kesehatan mental formal kita. Jika kita sedang melatih tataran cita tertentu selama sesi meditasi untuk kesehatan mental kita, baik itu tataran cita yang lebih tenang, lebih terpusat, atau lebih mengasihi, tujuannya bukanlah sekadar mampu membangkitkan tataran cita tersebut sambil duduk hening dalam meditasi untuk kesehatan mental. Tujuan besarnya adalah membina tataran positif ini dengan begitu menyeluruh hingga akhirnya menjadi kebiasaan, kebiasaan yang dapat kita terapkan kapan pun kita membutuhkannya, setiap waktu, siang maupun malam. 

Pada puncaknya, ia menjadi sesuatu yang alamiah; senantiasa ada setiap saat: kita selalu dan tanpa susah-payah jadi orang yang lebih mengasihi, memahami, terpusat perhatiannya, dan tenang. Jika kita mendapati diri kita tidak berada pada tataran batin yang seperti itu, kita cukup mengingatkan diri: “Jadilah orang yang lebih pengasih.” Karena sudah sangat terbiasa dengan tataran cita ini lewat latihan, kita bisa seketika itu juga membangkitkannya. 

Sebagai contoh, ketika kita mendapati diri hilang sabar terhadap seseorang, kita segera menyadarinya dan mengingatkan diri sendiri, baik secara sadar maupun tidak sadar: “Aku tidak ingin seperti itu!” Lalu, seperti sepetikan jari tangan, kurang-lebih seperti mengulang komputer kita ketika pesan galat muncul, kita tutup “sesi” perangai buruk ini dan membangkitkan kembali sikap sabar dan penuh kasih terhadap orang itu.


Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Mental

  1. Apabila anda secara rutin melakukan meditasi untuk kesehatan mental, organ-organ tubuh dan sel tubuh akan mengalami keadaan baik dan bekerja lebih teratur.
  2. Mampu mengerti orang lain dan memaafkannya.
  3. Selalu bertekun dalam hidup yang baik, sebagai pembawa berkat bagi sesama.
  4. Mampu menerima suka dan duka, kesulitan, dan kebaikan hidup dengan baik
  5. Membangkitkan percaya diri, kita semua tahu bahwa salah satu kunci sukses adalah punya percaya diri tapi bukan Over confidence atau Under Confidence, cukup Confidence
  6. Mengatasi rasa takut, Menenangkan, menemukan kedamaian batin terutama bagi mereka sang penakut
  7. Membantu meningkatkan ketabahan dan kekuatan dalam menghadapi dan mengatasi problema. terutama bagi merek yang sering memiliki masalah yang berkelanjutan gak berhenti-berhenti
  1. Mengatasi stress dan menemukan relaksasi, terutama bagi mereka yang sibuk
  2. Mengembangkan dan memelihara kepuasan batin. Kepuasan = keinginan terpenuhi, Keinginan harus dikontrol dengan baik, bedakan antara keinginan dan kebutuhan. Dengan meditasi untuk kesehatan mental kita bisa membangung kekuatan untuk memilah mana yang keinginan dan mana yang kebutuhan, selanjutnya kita mampu memilih pemenuhan yang tepat sesuai kemampuan dan mendapatkan kepuasan batin.
  3. Membantu menghilangkan keraguan dalam melangkah….. dengan meditasi untuk kesehatan mental, ketenangan didapat sehingga kita bisa melihat apa manfaat dari melangkah itu apa dampak terburuk dari melangkah dan tidak melangkah….
  4. Menyadari ketidak abadian apapun yang ada di dunia ini termasuk kegagalan, kesedihan, musibah, penderitaan.
  5. Mampu mengembangkan ketenangan batin dan tidak terpengaruh oleh semua kejadian itu. Tidak patah hati, tidak patah semangat, tidak putus asa.
  6. Membantu meningkatkan pengertian yang lebih dalam tentang kehidupan ini.
  7. Bagi Pemabuk, dengan bermeditasi untuk kesehatan mental anda dapat mengatasi kebiasaan buruk yang menjerumuskan anda.
  8. Apabila anda adalah seorang yang berpikiran sempit/picik, meditasi untuk kesehatan mental dapat membantu anda untuk mengembangkan pengertian bahwa akan sangat bermanfaat bagi anda dan teman anda dan keluarga apabila menghilangkan salah pengertian.
  9. Apabila anda sangat kuat dipengaruhi emosi, dengan bermeditasi untuk kesehatan mental emosi anda tidak akan memiliki kesempatan untuk menjerumuskan anda.
  10. Apabila anda menderita karena penyakit tertentu seperti kehancuran batin, meditasi untuk kesehatan mental dapat mengaktifkan kekuatan positif dalam batin dan jasmani anda untuk memulihkan kesehatan, khususnya apabila bagi yang mengalami masalah psikosomatis.
  11. Apabila anda seorang yang berpikiran lemah atau rendah diri/minder, meditasi untuk kesehatan mental dapat menguatkan pikiran anda untuk mengembangkan usaha dalam mengatasi kelemahan anda.
  12. Apabila anda seorang yang bijaksana, meditasi untuk kesehatan mental akan membimbing anda kepada kebijaksanaan agung. Kemudian anda akan memandang segala sesuatu sebagaimana hakekat yang sesungguhnya, dan tidak sebagaimana ‘nampaknya.’ dan masih banyak lagi.

Demikian, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi