Sponsors Link

10 Cara Mudah Menghadapi Depresi Seorang Diri

Sponsors Link

Menjalani hidup dengan depresi dapat menjadi pengalaman yang keras dan sepi bagi siapa pun, muda maupun tua. Adanya kekosongan dan kehampaan di dalam diri bisa membuat Sobat mati rasa. Hidup dengan depresi adalah perjalanan membuat hidup Sobat bermakna lagi, berikut 10 Cara Mudah Menghadapi Depresi Seorang Diri agar akhirnya Sobat mendapatkan kebahagiaan dari hal hal yang Sobat lakukan.

ads

1. Catat perasaan dan aktivitas Sobat

Ketika Sobat merasa lebih tertekan, mungkin Sobat mulai menarik diri dari aktivitas yang normalnya Sobat lakukan, seperti pergi ke sekolah atau bekerja, mengunjungi teman teman, olahraga, dan bahkan mandi. Mungkin Sobat juga mulai merasa lebih buruk atau mempunyai gejala depresi yang lebih parah. Buat catatan mengenai aktivitas dan perasaan Sobat untuk bisa melacak kapan Sobat merasa lebih tertekan. Baca juga mengenai : cara mengatasi depresi ekonomi

2. Awasi diri Sobat jika sedang sedih

Kadang, kasus kesedihan yang buruk tampak seperti depresi. Jika Sobat pernah mengalami peristiwa besar dalam hidup, seperti kematian seorang kerabat dekat, mungkin Sobat mengalami beberapa gejala yang sama dengan depresi. Baca juga mengenai : cara mengatasi depresi berat

3. Minum obat Sobat secara teratur

Banyak studi menemukan bahwa perawatan terbaik mencakup obat depresi dan psikoterapi.Antidepresan memengaruhi sistem neurotransmiter otak untuk mencoba melawan masalah dalam cara neurotransmiter itu dibuat dan/ atau digunakan oleh otak. Cobalah meminum obat depresi pada waktu yang sama setiap hari. Akan membantu bila obat depresi dikonsumsi dengan makanan.  Baca juga mengenai : gejala depresi terselubung

  • Apabila Sobat lupa minum obat depresi, kembalilah pada waktu minum obat depresi yang sudah dijadwalkan dengan mengikuti petunjuk. Jangan minum dua dosis obat depresi sekaligus. Baca juga mengenai :

4. Bersabarlah

Memilih pilihan perawatan tertentu merupakan proses yang mengharuskan Sobat untuk terus mencoba sampai menemukan yang berhasil. Bila Sobat berkonsultasi dengan seorang profesional kesehatan mental, jangan berkecil hati jika perawatan pertama atau kedua tidak menunjukkan hasil; artinya Sobat harus mencoba jenis perawatan lain. Baca juga mengenai : gejala awal orang depresi

5. Buat daftar orang orang yang termasuk dalam jaringan pendukung Sobat

Masukkan konselor dan/atau psikiater Sobat, dokter medis, serta beberapa anggota keluarga dan teman dekat.

  • Realistis terhadap kemampuan setiap orang dalam menolong Sobat. Memiliki lebih dari satu orang dalam daftar ini sangat penting, karena tidak realistis bila Sobat berpikir bahwa satu orang itu akan bisa membantu setiap waktu. Hal itu akan menguras seluruh energi mereka dan dapat berpotensi membuat hubungan Sobat menegang.
  • Pikirkan orang orang yang akan mendukung dan tidak menghakimi. Orang yang mungkin membuat Sobat lebih cemas atau marah bukanlah pilihan terbaik sebagai jaringan pendukung.

6. Tetap libatkan diri dalam aktivitas favorit

Bila Sobat hidup dengan depresi, kadang sulit untuk keluar dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan. Namun terus melakukan hal hal yang Sobat nikmati penting untuk membangun hubungan yang suportif.


Tentukan beberapa aktivitas yang Sobat suka atau hal hal yang ingin Sobat coba. Mungkin mengikuti kursus, bekerja sukarela di penampungan hewan, atau bahkan ke bioskop dengan seorang teman. Buat tujuan untuk melakukan paling tidak satu aktivitas favorit setiap minggu.

7. Miliki hewan peliharaan. Seekor peliharaan merupakan salah satu bagian penting dalam jaringan pendukung Sobat. National Institute for Mental Health Amerika mengakui bahwa memiliki peliharaan bermanfaat bagi orang yang hidup dengan depresi. Peliharaan bisa memberi persahabatan konstan. Selain itu, meskipun tidak senang, Sobat tetap harus memperhatikannya, seperti mengajak anjing jalan jalan.

  • Jika tempat tinggal Sobat tidak mengizinkan hewan peliharaan, Sobat tetapi bisa mendapat terapi hewan peliharaan dengan bekerja sukarela di organisasi yang mengurus binatang.

8. Manjakan diri Sobat sedikit setiap hari

Luangkan waktu bagi diri sendiri untuk memperbarui energi dan bersantai setiap hari. Sobat bisa melakukan sesuatu yang kecil seperti berjalan jalan atau menonton pertandingan basket. Kadang, Sobat bisa memilih sesuatu yang lebih besar, seperti liburan. Beri diri Sobat sesuatu yang ditunggu tunggu setiap harinya.

9. Tingkatkan penghargaan diri Sobat

Membangun kepercayaan dan penghargaan diri adalah bagian penting dalam menjalani kehidupan dengan depresi.

  • Buat daftar kekuatan dan prestasi Sobat. Minta bantuan seorang teman atau keluarga untuk membantu bila Sobat mengalami kesulitan menyusun daftar ini. Tempelkan daftar tersebut di kulkas atau cermin kamar mandi sebagai pengingat akan betapa berharganya Sobat.
  • Perhatikan kebersihan pribadi. Sobat akan merasa lebih baik di dalam maupun di luar bila merawat tubuh.

10. Cobalah memiliki sikap yang positif

Memang kadang sulit tetap bersikap positif ketika depresi, tetapi psobatngan positif dalam hidup dapat membantu Sobat mengendalikan depresi dengan lebih efektif. Akui pikiran negatif tersebut dan kemudian lepaskan.  Mulailah mengganti pikiran negatif dengan yang positif.

  • Contohnya, bila Sobat bingung karena tagihan terasa berat sekali, cobalah mengganti pikiran itu dengan, “Aku merasa lebih terkendali karena aku sudah menghemat pengeluaran bulanan.” Ucapkan kata kata ini dengan suara keras sehingga dapat memberi efek positif pada cara psobatng Sobat.
  • Beri diri Sobat motivasi dengan menetapkan tujuan untuk diri sendiri. Yang penting adalah membuat tujuan yang mudah dicapai, jadi mungkin Sobat bisa mulai dengan tujuan tujuan yang lebih kecil dan berusaha menuju yang lebih besar.
  • Hadiahi diri Sobat ketika tujuan Sobat tercapai.
  • Sebagai contoh, tetapkan tujuan untuk meluangkan paling tidak 15 menit seminggu dengan pendukung Sobat, seperti saudara atau sahabat. Sobat juga bisa menetapkan tujuan untuk menjadwalkan dua aktivitas menenangkan per minggu, seperti pergi ke bioskop atau dipijat.
  • Perhatikan sisi kreatif Sobat. Beberapa penelitian menemukan hubungan antara depresi dan kreativitas yang tertahan. Ketika seorang kreatif mengalami kesulitan menemukan penyaluran yang ekspresif, ia mungkin rentan terhadap depresi. Beri diri Sobat penyaluran kreatif dengan melukis, menulis atau berpartisipasi dalam kelas seni.
  • Cari sinar matahari. Sinar matahari memberi Sobat vitamin D. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peningkatan jumlah vitamin D dan sinar matahari memiliki efek positif pada perasaan Sobat. Bukalah tirai jendela atau pergi keluar untuk merasakan sinar matahari pada wajah Sobat dan untuk mengangkat suasana hati.
  • Cobalah meditasi. Teknik relaksasi adalah cara lain untuk mengendalikan stres dan menemukan ketenangan dalam hidup. Meditasi hanya memerlukan beberapa menit sehari dan ruangan yang tenang untuk meringankan pikiran dan memulihkan diri Sobat.

Sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi