Sponsors Link

13 Teknik Observasi Dalam Psikologi Paling Lengkap

Sponsors Link

Masih membahas seputar psikologi nih sobat, karena memang topik atau materi yang satu ini sedikit banyak sangat menyita perhatian dan minat paras pembaca karena memang psikologi ini bisa langsung kita praktekkan dan terapkan dalam kehidupan kita sehari –  harinya ya sobat. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwasannya psikologi tersebut sangatlah luas cakupannya karena memang ilmu pengetahuan yang satu ini mencakup semua aspek kehidupan manusia. Baca juga mengenai teknik observasi dalam psikodiagnostik.

ads

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas mengenai “ Teknik Observasi Dalam Psikologi “ . Nah bagi sobat semua yang sebelumnya belum mengetahi atau bahkan belum paham apa itu teknik observasi dalam psikologi, ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini ya sobat, agar pemahaman dan wawasan anda serta informasi yang anda dapatkan bertambah mengenai observasi dalam psikologi ini. Berikut ulasannya ntuk sobat semua.

Teknik Observasi Dalam Psikologi

Secara umum, yang dimaksud dengan observasi adalah suatu langkah yang dilakukan dalam proses pengumpulan data yang dilakukan secara sistematis dan denagn unsur kesengajaan melalui pengamatan dan pencatatan terhadap gejala objek yang sedang diteliti serta dapat dikontrol atau dipertanggung jawabkan keandalannya ( reabilits ) serta kesahannnya ( validalitasnya ).

Sedangkan yang dimaksud dengan teknik observasi adalah suatu teknik atau suatu metode, suatu sistem, suatu cara yang dilakukan atau digunakan untuk melakukan pengumpulan data terhadap suatu objek yang sedang diteliti oleh sang peneliti itu sendiri. Baca juga mengenai teknik investigasi dalam psikologi forensik.

Jika berbicara mengenia pengertian psikologi tentunya sobat smeua sudah memahami dan mengerti ya sobat. Namun pada kesempatan kali ini penulis akan tetap mengulasnya kembali untuk sobat semua ya. Adapun pengertian psikologi adalah sebuah cabang ilmu pengetahuan yang membahas, meneliti, mempelajari, atau mengulas tentang perilaku atau sikap setiap individu dalam hubungannnya dengan individu yang lainnya.

Jadi apabila sobat sedang melakukan interaksi atau komunikasi dengan individu atau masyarakat dilingkungan anda, sesungguhnya anda sedag mempraktekkan atau menerapakan psikologi ini loh sobat.

Didalam melaksanan tugas psikologi tersbeut, tentu adanya tekhnik observasi yang digunakan agar apa yang akan diteliti atau dipelajari lebih valid atau lebih sah kebenarannya dan bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Nah sobat, pada kesepatan kali ini penulis juga akan memberikan infomasi kepada sobat mengenai teknik observasi apa saja yang digunakan dalam psikologi tersebut. Berikut ulasannya untuk anda.

1. Teknik Observasi Partisipan

Adapun teknik observasi  partisipan yaitu suatu teknik observer yang ikut seta dalam kegiatan individu yang akan diobservasi tersebut, serta bertanggung jawa akan hasil dari suatu objek yang sedang diteliti. Baca juga mengenai teknik interogasi dalam psikologi forensik.

Sponsors Link

2. Teknik Observasi Non Partisipan

Teknik observasi non partisipan merupakan kebalikan dari partisipan itu sendiri, yaitu suatu teknik dimana observer tidak ikut dalam dalam kegiatan observasi, melainkan hanya sebagai pengamat yang menilai atau melihat dari jauh, namun tetap mengontrolnya.

3. Teknik Observasi Overt

Teknik observasi overt yaitu suatu teknik dimana keadaan subjek dalam observasi tersebut mengetahui dan mnegerti bahwasanya ia sedang diobservasi oleh sang observer. Baca juga mengenai strategi behavioristik dalam modifikasi perilaku.

ads

4. Teknik Observasi Covert

Teknik observasi covert yaitu kebalikan dari teknik overt, yaitu  suatu teknik dimana keadaan subjek dalam observasi tersebut tidak  mengetahui dan tidak  mengerti bahwasanya ia sedang diobservasi oleh sang observer.

5. Teknik Observasi Alamiah

Teknik observasi alamiah yaitu sutau teknik observasi dimana obser tidak mengendalikan situasi pada saat dilakukannya observasi. Baca juga mengenai ruang lingkup kesehatan mental.

6. Teknik Observasi Buatan

Teknik observasi buatan yaitu sutau teknik observasi dimana observer denagn senagja menciptakan pengendalian situasi pada saat melakukan observasi .

7. Teknik Observasi Legal Setting

Teknik observasi ini digunakan dalam hal psikologi yang berkaitan dengan peradilan, lembaga pemasyarakatan, atau tempat rehabilitasi unutk membantu proses peradilan supaya permasalahan psikologi yang dialami oleh seseorang dapat menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

8. Teknik Observasi Clinical Setting

Teknik observai ini digunakan pada usaha untuk mendeteksi gangguan psikis yang dialami oelh individu atau klien dan untuk mengukur kemampuan untuk kekuatan pribadi yang dimiliki individu tersebut, sehingga dapat diterapkan pada pola ataupun terapi atau treatment yang efektif. Hal ini sudah terbukti ya sobat, karena apda saat sekarang ini sudah banyak Rumah Sakit yang sudah menggunakan teknik ini, pusat kesehatan mental, ataupun dnegan klinik –  klinik psikology tertentu sudah banyak yang berhasi mengguankan teknik yang satu ini.

9. Education And Vocational Guidance

Teknik observasi ini adalah sebuah teknik yang fokus pemeriksaannya atau pemeriksaa ataupun penelitiannya lebih ditekankan dalam bidang pengembangan studi dan kerja, yang nantinya pengembangan dan studi kerja tersebu dapat digunakan untuk menyempurnakan hasil penelitian selnajutnya agar hasil penelitiannya semakin valid.

10. Education And Vocational Selection

Teknik observasi ini adalah sebuah teknik yang biasanya digunakan untuk proses recruitmen diperusahaan dalam bidang pekerjaan, penempatan pekerjaan, mutasi pekerjaan dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pekerjaan yang ada dalam perusahaan tersebut.

Sobat semua tentunya sdah sering melihat atau bahakan mengalami pendekatan semacam ini ya sobat, karena pada saat anda melamar pekerjaan sesungguhnya andalah  yang menjadi objek dari penelitian yang satu ini.

11. Teknik Observsi dan Resarching

Teknik observasi yang satu ini merupakan sebuah teknik yang biasanya digunakan unutk kepentingan pengembangan ilmu dan pengembangan teknik dengan mneggunakan metode diagnostic.

12. Teknik Observasi Longitudinal

Teknik observasi longitudinal adalah sebiah teknik dnegan melakukan pendekatan penelitian yang digunakan untuk meneliti perkembangan psikologi anak dalam dalam rentan waktu yang sukup lama. Teknik observasi ini akan melibatkan beberapa subjek yang sama hingga beberapa tahun lamanya.

Sponsors Link

13. Teknik Observasi Cross Culture

Teknik observasi Cross Culture ini merupakan sebah teknik observasi yang melakukan pendekatan dengan mengguankan pertimbangan faktor –  faktor lingkungan budaya yang bisa saja berpengaruh pada perkemabangn psikologi setiap individu yang ada dalam kelompok masyarakat tersebut.

Nah bagaimana sobat penjelasan mengenai teknik observasi dalam psikologi di atas, semoga infomasi ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda ya sobat. Sampai ketemu diartikel selanjutnya tentunya dengan pembahasan yang tidak kalah menarik buat anda. Salam hangat selalu, salam psikologi.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi