Sponsors Link

12 Sifat Hakiki Manusia dalam Psikologi

Sponsors Link

Sifat hakiki manusia adalah sifat yang sudah ada dalam diri manusia sejak manusia dilahirkan yang merupakan pemberian Tuhan yang maha esa dan tidak dapat diganggu oleh siapapun atau tidak dapat berubah dengan perkembangan lingkungan. Walaupun secara luar manusia terlihat berubah atau berbeda, pada dasarnya tetap memiliki sifat hakiki manusia yang mendasar dan terus menetap pada dirinya, berikut 12 Sifat Hakiki Manusia.

ads

1. Sifat Hakiki Memimpin

Tiap orang sudah tentu punya sifat hakiki manusia untuk memimpin sekalipun hanya memimpin dirinya sendiri. Individu tersebut termasuk kategori individu yang dapat mengontrol penuh apa yang sedang dilakukan, menurut individu tersebut bertanggung jawab dengan pilihan dirinya adalah yang terpenting. (Baca juga mengenai cara mengetahui sifat seseorang)

Sifat hakiki memimpin juga punya keistimewaan untuk berpegang teguh pada nilai kebenaran yang diyakini. Tidak banyak tingkah dan sekaligus individu yang haus akan prestasi, sehingga ambisi itupun akan mengantarkan dirinya untuk berada di posisi puncak atau paling tinggi dalam hal karir ataupun yang lain. (Baca juga mengenai sifat dasar manusia)

2. Sifat Hakiki Stabil

Stabil cenderung penuh dengan kestabilan. Menurut individu tersebut merobek sesuatu yang masih tabu adalah hal yang tidak dibolehkan, aturan individu tersebut banyak namun justru itulah keistimewaan dirinya. Berpegang teguh pada pendirian dan nilai hidup (Baca juga mengenai makna hujan dalam psikologi)

yang diyakini membuat Stabil dapat dipercaya dan diandalkan. Stabil tak begitu lihai dalam mengganti ide untuk perubahan, hal itu yang membuat dirinya menghindari sesuatu yang mendadak dan memilih hidup secara teratur dan terjadwal. (Baca juga mengenai pengaruh warna pada psikologi anak)

3. Sifat Hakiki Berfikir

Berfikir punya ciri khas pemikiran luas dan suka sekali belajar hal baru. Individu tersebut jago dalam mengabaikan kritik yang tidak membangun atau tidak begitu penting dalam kehidupan dirinya. Namun ketika Berfikir mulai mencampuri masalah yang lebih besar lain di luar diri dirinya, individu tersebut akan dengan sepenuh hati mengambil tanggung jawab penuh. Individu dirinya yang terbuka dan ramah juga mengantarkan Berfikir sukses mengambil perhatian banyak individu. (Baca juga mengenai dasar dasar biologis perilaku)

4. Sifat Hakiki Peduli

Peduli akan selalu menomorsatukan keluarga di atas segala dirinya. Individu tersebut dapat menjalin hubungan kuat dan hangat dengan teman atau individu yang baru dikenal. Bertanggung jawab dan berkerja dengan sepenuh hati adalah salah satu kelebihan yang dimiliki Peduli, individu tersebut punya kemungkinan lebih kecil untuk membuat individu lain kecewa. Meski dikenal sensitif, justru itu yang menjadikan Peduli lebih mudah bersimpati dengan individu lain.

5. Sifat Hakiki Dominan

Satu sifat hakiki manusia yang dimiliki individu Dominan adalah sifat hakiki manusia dominasi dirinya yang kuat, sehingga dari itu individu tersebut juga tidak suka jika didominasi oleh individu lain. Individu Dominan juga cukup detail dan tidak dapat melewatkan hal kecil dalam perhatian dirinya.

Sifat hakiki manusia pemimpin dan dominansi yang tinggi membuat Dominan juga lebih mungkin untuk jadi pusat perhatian. Individu tersebut dapat menghancurkan siapa saja yang ingin menghalangi jalan dirinya dalam mencapai tujuan. Meski begitu, individu Dominan juga cukup dermawan dibanding dengan sifat hakiki manusia hakiki individu lain.


6. Sifat Hakiki Sederhana

Individu Sederhana dikenal sederhana dan bijak, individu tersebut tidak mempermasalahkan hal rumit dan memilih untuk hidup damai. Sederhana juga terindikasi sebagai individu yang adil dan jujur. Kehatian hatian dan sifat hakiki manusia apa adanya yang dimiliki Sederhana mungkin membuat dirinya tampak lebih lambat, namun hal itu justru jadi keistimewaaan yang individu tersebut punya karena selalu berusaha memberikan yang terbaik.

7. Sifat Hakiki Detail

Detail termasuk individu yang penuh detail dan hati hati saat memutuskan suatu hal. Keistimewaan lain dari Detail adalah individu tersebut individu yang diam diam menghanyutkan, tampak dari luar biasa tapi sebenar dirinya punya pemikiran brilian. Individu Detail dikenal tenang,

hal itu membuat dirinya punya ciri khas pesona atau kharisma yang menawan bagi individu lain. Detail mungkin akan menjadi marah jika ada satu hal yang ganjil atau tak seimbang, hal itu terjadi karena individu tersebut selalu memegang teguh hidup dengan penuh keseimbangan.

8. Sifat Hakiki Tegas

Tegas dapat jadi punya sifat hakiki manusia hakiki individu berubah ubah sesuai dengan keadaan yang individu tersebut hadapi. Meski begitu, individu tersebut suka kejujuran dan membenci individu munafik yang melakukan segala cara untuk keuntungan sendiri.

Individu Tegas yang tegas membuat dirinya banyak disegani individu lain. Individu tersebut mungkin akan berbuat licik dengan individu lain, tapi tidak dengan individu yang dicintai. Tegas juga termasuk individu yang penuh ambisius dan dapat melihat keindahan.

9. Sifat Hakiki Santai

Santai dikenal ceplas ceplos, atau secara halus individu tersebut individu yang kalau ngomong apa ada dirinya. Individu tersebut tak pernah memikirkan apa yang mungkin akan terjadi ketika melontarkan satu per dirinyataan, karena menurut individu tersebut kejujuran dan ketulusan adalah nomor satu. Individu Santai juga punya sisi optimis dan dikenal mandiri daripada individu yang lain. Individu tersebut terbuka untuk belajar hal baru.

10. Sifat Hakiki Disiplin

Disiplin ialah individu yang disiplin dan bergang teguh pada aturan. Individu tersebut senang bekerja, bahkan seperti dirinya individu tersebut hidup untuk bekerja. Dalam hal hubungan, Disiplin cukup dapat diandalkan karena punya ciri khas komitmen yang kuat dibanding individu lain. Keistimewaan lain dari Disiplin adalah sifat hakiki manusia empati dan peduli terhadap individu lain.

11. Sifat Hakiki Kreatif

Kreatif dan punya keingintahuan yang besar terhadap berbagai hal membuat Kreatif terlihat istimewa dari pada yang lain. Individu tersebut juga dikenal penuh energi dan ide baru yang unik. Individu dirinya yang ramah menjadikan Kreatif punya banyak teman dan dapat dekat dengan individu lain dengan mudah. Individu tersebut juga dikenal punya kemampuan adaptasi yang cukup dan dewasa dari pada individu lain.

12. Sifat Hakiki Pantang Menyerah

Pantang menyerah dikenal sebagai individu positif yang punya banyak  semangat. Kegagalan tak pernah membawa dirinya jadi kecil hati, individu tersebut penuh motivasi dalam menggapai apa yang individu tersebut mau. Hal lain yang membuat Pantang menyerah menjadi individu yang istemewa adalah ketika individu tersebut menjadi kuat dan dapat menginspirasi banyak individu dengan kreativitas yang individu tersebut miliki.

Demikian yang dapat disampaikan penulis, semoga menjadi wawasan yang bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi