Sponsors Link

10 Implementasi Konsep Dasar Psikologi Sosial dalam Kehidupan Bermasyarakat

Sponsors Link

Mengetahui implementasi konsep dasar psikologi sosial dalam kehidupan bermasyarakat rasanya cukup penting terutama saat kita akan mempelajari lebih lanjut mengenai ilmu psikologi dan penerapannya. Salah satu cabang dari ilmu psikologi itu sendiri adalah psikologi sosial. Psikologi sosial akan banyak sekali membahas mengenai bagaimana kehidupan sosial dan bermasyarakat. Tentu saja, ini ada kaitannya dengan bagaimana perilaku individu pada saat terlibat dalam kehidupan sosial tersebut bisa berpengaruh signifikan terhadap kualitas hubungan sosialnya. Seorang individu bisa saja mengalami masalah sosial akibat ketidakmampuannya dalam berperilaku yang sesuai standar. (Baca juga: Sejarah psikologi sosial)

ads

Standar penilaian masyarakat sosial terhadap individu itulah yang biasanya timbul karena adanya psikologi sosial. Berikut ini adalah beberapa macam konsep dasar dari perkembangan psikologi sosial yang bisa kita pelajari. Kita bisa menjadikannya sebagai referensi mengenai gambaran psikologi sosial yang diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Apa sajakah itu? Ini penjelasan ringkasnya:

  1. Penggunaan Bahasa

Penggunaan bahasa merupakan salah satu bentuk penerapan dari psikologi sosial. Bahasa menjadi sebuah media untuk saling berinteraksi pada saat individu satu berkomunikasi dengan lainnya. Ini bisa diamati lebih mendalam lagi dalam psikologi sosial sehingga menjadikannya bagian dari penerapan yang sering kita jumpai dalam sehari-hari.

  1. Etik

Lahirnya sikap yang pantas dan tidak pantas dalam suatu masyarakat juga merupakan bentuk dari penerapan psikologi sosial. Etik dan etika menjadi dua hal yang saling berkaitan erat, dimana di dalamnya akan mengatur bagaimana seyogyanya individu dalam bertindak. Tanpa adanya psikologi sosial, etik mungkin tidak akan pernah ada.

  1. Tiga Dimensi Waktu

Psikologi sosial juga akan memberikan pemahaman mengenai tiga dimensi waktu yang akan dihadapi oleh seseorang. Ia akan hidup dalam masa sekarang, masa lalu dan masa depan. Ketiga dimensi ini kemudian akan mempengaruhi cara dalam ia bertindak di  lingkungan. Sebagai contoh, masa lalu seseorang mungkin akan sangat erat kaitannya dengan trauma tentang tujuan yang ia akan capai di masa mendatang untuk saat ini.

  1. Pengaruh Lingkungan terhadap Individu

Penerapan lain dari psikologi sosial bisa dilihat dari bagaimana lingkungan mampu membentuk kepribadian tertentu pada seseorang. Psikologi sebagai ilmu yang mengamati perilaku akan menunjukkan fenomena ini. Kita bahkan mungkin pernah mendengar tentang aliran psikobehaviorisme yang jelas-jekas menunjukkan bahwa lingkungan memang memiliki pengaruh.

  1. Keseimbangan Aspek Jasmani dan Rohani

Kegagalan antara aspek jasmani dan rohani akan berdampak pada psikologi sosial seseorang. Ini adalah implementasi konsep dasar psikologi sosial dalam kehidupan bermasyarakat paling terlihat terutama ketika seseorang mengalami suatu permasalahan. Individu bisa diamati bagaimana perilakunya dalam menghadapi permasalahan tersebut.

  1. Pengaturan Hubungan Antar Kelompok

Hubungan antar kelompok akan menjadi lebih teratur dengan adanya psikologi sosial. Contoh yang paling jelas adalah ketika kita melihat bagaimana warga dari RW yang berbeda akan dikumpulkan dalam satu wadah di kelurahan untuk membahas mengenai permasalahan-permasalahan lingkungan yang mungkin saja ada. Psikologi sosial akan menunjukkan bagaimana perilaku-perilaku dalam kelompok tersebut yang berusaha mencari penyelesaian. (Baca juga: Penerapan psikologi sosial dalam bidang organisasi)

  1. Pembuatan Norma dan Peraturan

Norma dan peraturan juga lahir karena adanya psikologi sosial. Di poin sebelumnya, telah dijelaskan bahwa etik dan etika merupakan produk dari psikologi sosial. Ini kemudian akan berkembang menjadi norma dan peraturan tersendiri dalam kehidupan bermasyarakat. Psikologi sosial akan banyak memberikan pengetahuan tentang mana yang wajar dan tidak wajar pada seseorang dalam berperilaku. Ini kemudian dijadikan sebagai norma dan aturan tertentu yang berlaku di lingkungan tersebut. (Baca juga: Penerapan psikologi sosial dalam bidang hukum)

  1. Pembuatan Kesepakatan Mufakat

Kesepakatan mufakat merupakan kesepakatan yang diambil secara bersama-sama, dengan saling menguntungkan pihak dan tidak ada yang merasa terintimidasi. Pengambilan keputusan ini juga bisa dilakukan dengan lebih mudah dengan adanya psikologi sosial. Ini merupakan sebuah bentuk penerapan yang ada kaitannya juga dengan beberapa poin penjelasan sebelumnya.


  1. Proses Komunikasi

Jika di awal tadi sudah dijelaskan bahwa bahasa merupakan bagian yang paling penting dalam interaksi dan merupakan hasil dari adanya penerapan psikologi sosial, maka kita akan mengetahui bahwa proses komunikasi juga merupakan penerapan psikologi sosial yang bisa kita amati. Cara berkomunikasi seseorang akan menunjukkan bagaimana kualitasnya dalam bersosialisasi.

  1. Individu sebagai Makhluk Sosial

Sebagai poin penutup, individu akan dipandang sebagai makhluk sosial seutuhnya di dalam psikologi sosial. Ini merupakan penerapan yang jelas bisa kita rasakan sendiri, dimana kita tidak bisa jika hanya hidup sendiri. Kita membutuhkan orang lain untuk membantu memecahkan permasalahan yang sedang kita hadapi. Terdapat pendekatan humanistik dalam psikologi sosial yang terasa di sini.

Jadi, bagaimana? Sepertinya beberapa implementasi dari psikologi sosial memang bisa kita amati secara langsung. Kita bisa mengembangkannya lebih mendalam lagi dengan mempelajari banyak hal tentang psikologi sosial. Yang jelas, implementasi konsep dasar psikologi sosial dalam kehidupan bermasyarakat ini sangat berguna dan kita bisa turut mengamatinya.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Sosial