Sponsors Link

Berikut Rekomendasi Lapangan Pekerjaan Untuk Penderita Skizofrenia

Sponsors Link

Penyakit skizofrenia merupakan penyakit mental yang memang bisa menyerang siapa saja. Macam- macam gangguan kejiwaan ini memang termasuk jenis penyakit yang sulit diobati, tapi bukan berarti tidak bisa diobati. Karena sudah ada banyak juga yang sembuh dari gangguan mental seperti ini asalkan ada bantuan dari keluarga dan juga dukungan orang disekitarnya. Pastinya juga dilakukan berbagai jenis terapi untuk meringankan berbagai gejala yang muncul. Untuk di indonesia bisa kita ibaratkan tujuh dari seribu orang terkena jenis penyakit mental ini. Penyakit ini sebenarnya mirip dengan gangguan kecemasan seperti depresi dan stress yang pada akhirnya bisa memberikan efek negatif untuk orang yang ada di sekitarnya.

ads

Penyakit skizofrenia secara umum memang menghabiskan biaya yang cukup banyak, bahkan dari sisi ekonomi juga bisa dikatakan cukup membawa masalah yang cukup besar, karena seseorang yang terkena penyakit ini tidak akan bisa memiliki pekerjaan dan juga bahkan untuk di lingkungan sosialnya akan terisolasi. Dan pastilah selain membawa masalah besar bagi sistem ekonomi akan juga membawa masalah pada psikologis sosialnya. Banyak juga yang mengatakan bahwa seseorang yang terkena jenis penyakit skizofrenia tidak akan mudah untuk mendapatkan pekerjaan, tapi harus anda ketahui juga apabila penyakit ini benar- benar dilakukan pengobatan yang tepat, bukan tidak mungkin si penderita akan mampu untuk bekerja seperti biasanya.

Untuk Negara amerika sendiri semakin besar presentase peningkatan dari jenis penyakit ini maka semakin besar pula presentase pekerjaan yang tidak bisa dimiliki oleh orang tersebut. tapi beberapa psikiater asal amerika juga mengungkapkan bahwa sebagian besar orang akan merasa dirinya lebih baik apabila memiliki kehidupan yang produktif, berbeda untuk mereka yang tidak produktif akan senantiasa merasa hidupnya tidak baik dan semakin kalut menjalani kehidupannya di rumah. Untuk itu memang sangatlah penting bagi mereka penderita penyakit skizofrenia yang masih bisa dikendalikan untuk bisa melanjutkan kehidupan mereka salah satunya dengan kembali bekerja ataupun pergi ke sekolah.

Sebelum mengetahui jenis pekerjaan apa yang memang layak untuk penderita, memang sebaiknya keluarga juga mengetahui apa saja cara menghadapi orang penderita skizofrenia. Sehingga akan jauh lebih mudah untuk mengendalikan orang tersebut nantinya. Di Negara amerika sendiri pernah dilakukan penelitian mengenai para penderita skizofrenia, dimana para peneliti tersebut juga tengah menemukan untuk penderita yang bekerja dan memiliki aktivitas serta kegiatan di luar rumah malah menunjukan gejala yang ringan, bahkan memiliki pendidikan yang jauh lebih tinggi dan juga banyak akses pada tempat rehabilitasi. Memiliki pengobatan dan juga terapi yang teratur dan tepat juga merupakan salah satu hal yang sangat penting dan pastinya harus dilakukan penderita skizofrenia, karena hal tersebut juga bisa membuatnya bisa bekerja lebih baik dan juga mempertahankan pekerjaan yang dimilikinya.

Apabila penderita tidak memiliki pekerjaan hal tersebut juga pastinya akan sangat memiliki banyak kerugian dari sisi ekonomi penderitanya. Selain tidak memiliki aktivitas yang normal penderita juga akan merasa hidupnya semakin keruh dan sulit, karena tidak adanya pemasukan setiap bulan yang dimilikinya, hal tersebut juga akan sangat mempengaruhi dari tingkat kepercayaan diri penderita, dan merasa dirinya akan semakin terisolasi dari lingkungan dan membuat rasa percaya dirinya runtuh. Sehingga selain membuat pemasukan ekonominya runtuh hal tersebut juga akan membebankan ekonomi keluarga si penderita.

Para penderita skizofrenia ini memang sebaiknya dialihkan pikirannya dengan bekerja, hal tersebut memang tidak akan mudah, namun dengan secara bertahap bukan tidak mungkin penderita juga bisa memiliki kehidupan normal seperti layaknya orang lain, karena semakin tidak memiliki pekerjaan dan juga rutinitas yang tetap akan membuat si penderita gangguan jiwa ini semakin parah dan akan jauh lebih sulit untuk diobati. Dengan memiliki pekerjaan juga bisa membuat si penderita semakin percaya diri dengan hidupnya dan juga akan lebih cepat dalam proses penyembuhan. Sehingga cara yang satu ini juga bisa lebih mudah untuk mengatasi gejalanya yang memang sangat efektif.

Adanya Intervensi Untuk Masalah Pekerjaan Penderita Skizofrenia

Skizofrenia memang lebih dikenal dengan gangguan psikotik, dimana jika dilakukan terapi yang tepat dan pengobatan tepat bisa juga disembuhkan. Namun untuk hal yang berkaitan dengan jenis pekerjaan yang cocok untuk si penderita juga biasanya akan memiliki banyak pengaruh dan intervensi dari perusahaan dimana kesulitan ini akan membuat si penderita semakin merasa tidak yakin dengan kemampuannya. Dalam penyembuhan skizofrenia ini memang merupakan proses yang sangat panjang dan juga tidak bisa dilakukan dengan mudah, karena harus dilakukan dengan cara keseluruhan. Beberapa penelitian pun tengah mengungkapkan bahwa tidak ada salahnya memberikan pekerjaan pada penderita skizofrenia, namun tidak banyak perusahaan yang bisa menerima hal tersebut.


Satu hal yang perlu kita ketahui juga sebagai kerabat maupun keluarga yang memiliki saudara penderita skizofrenia, dimana kita bisa memberikan jenis pekerjaan yang memang bisa menyalurkan bakat dan juga minat si penderita, sehingga hal ini akan jauh lebih mudah membawa penyembuhan bagi si penderita. Harus ada upaya dan gebrakan yang dilakukan, bahwa tidaklah tepat mengatakan bahwa penderita gangguan jiwa tidak bisa bekerja seperti orang normal dengan cara yang optimal. Untuk itu beberapa perusahaan yang memang peduli sudah seharusnya lah memberikan kesempatan dan juga mulai membuka jenis kerjaan yang bisa dilakukan untuk mereka penderita gangguan jiwa.

Adanya dukungan sosial, dukungan keluarga dan juga pengobatan yang tepat akan membuat si penderita sembuh jauh lebih cepat. untuk itu perusahaan juga harus mau bekerja selama untuk mulai mempekerjakan mereka yang menderita penyakit gangguan jiwa, karena selain akan membantu si penderita juga akan membantu ekonomi keluarganya, selain itu ada juga dampak positif yang bisa di dapatkan di tengah masyarakat. Adanya dukungan empati dan juga memiliki nilai sosial yang tinggi membuat masyarakat akan sadar mengenai pentingnya membantu antara sesama, bukan hanya untuk penderitanya saja, namun untuk lingkungan lainnya di luaran sana. Karena yang namanya penyakit gangguan jiwa seperti ini bukan untuk dijauhi atau ditinggalkan, melainkan kita harus merangkul agar mereka yang menderita penyakit bisa sembuh seperti sedia kala. Kenali pula macam-macam skizofrenia yang mungkin bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Gangguan Psikologi