Sponsors Link

Gejala dan Cara Menghadapi Orang Penderita Skizofrenia

Sponsors Link

Pernahkah anda menemui seseorang yang selalu bertingkah aneh, dan sulit membedakan mana khayalan dengan juga kenyataan, bisa jadi orang tersebut terkena sebuah penyakit yang dinamakan skizofrenia. Nah, sebelum membahas lebih dalam mengenai penyakit yang satu ini alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu mengenai apa itu skizofrenia. Skizofrenia merupakan sebuah gangguan mental yang bisa terjadi dalam jangka panjang. Pada penderita gangguan yang satu ini biasanya akan mengalami yang namanya halusinasi, delusi dan juga kekacauan pada pikiran, bahkan ada juga beberapa diantaranya yang mengalami perubahan perilaku yang signifikan yang biasanya terjadi pada jenis macam- macam gangguan kejiwaan.

ads

Gejala skizofrenia sebenarnya hampir mirip dengan psikosis, dimana dalam kondisi ini seseorang penderitanya sulit untuk bisa membedakan antara kenyataan dengan apa yang dipikirkannya. Meskipun gejalanya tampak serupa, sebenarnya kedua penyakit ini berbeda, karena yang namanya psikosis merupakan salah satu gejala dari munculnya penyakit skozofrenia. gangguan psikologis pada dewasa awal atau Pada penyakit skizofrenia umumnya terdapat jenis penyakit gangguan mental lainnya, misalnya kecemasan dan juga depresi. Nah, untuk anda yang memiliki keluarga, saudara yang mengidap jenis penyakit seperti yang sudah disebutkan diatas, berikut cara menghadapi orang penderita skizofrenia yang bisa anda lakukan.

1. Jaga Jarak yang Cukup
Perlu anda ketahui sebagian besar penderita skizofrenia memang seringkali merasa cemas dan juga paranoid. Bahkan tidak jarang mereka ini selalu merasa curiga pada orang lain dan juga merasa orang- orang yang ada disekitarnya itu sangat berbahaya. Terkadang mereka juga cukup agresif agar bisa menjaga dirinya, sehingga agar tidak terjadi hal- hal yang tidak diinginkan memang sebaiknya anda menjaga jarak yang cukup, salah satunya bisa dengan membiarkan penderitanya untuk sendirian di kamar. Karena mereka memang akan jauh lebih nyaman sendirian apalagi jika rasa cemas dan juga ketakutan yang ada di dalam dirinya sedang kambuh. Untuk itu pengertian diantaranya keluarga juga dalam hal ini memang sangat dibutuhkan.

2. Menghindari Stimulasi atau Menyentuh Ketika Sedang Paranoid

Untuk anda yang memiliki keluarga penderita skizofrenia memang sebaiknya jangan mendekati barang- barang seperti televisi, radio dan lain sebagainya, karena penderita skizofrenia ini biasanya akan merasa bahwa suara- suara yang ada di televisi maupun radio sedang membicarakannya, sehingga hal tersebut pasti akan membuatnya panik, apalagi ketika paranoidnya sedang kambuh, sebaiknya jangan pernah menyetel televisi maupun radio di dekat mereka.

3. Hindari Benda- benda Berbahaya Di Sekelilingnya
Penderita skizofrenia memang jauh lebih mudah merasa panik dan juga paranoid, untuk itu mereka bisa saja melakukan hal apapun yang bisa membuat mereka terlindungi, bahkan ancaman yang tidak nyata pun bisa seolah- olah menjadi hal yang berbahaya bagi penderitanya.bahkan kebanyakan penderita yang sedang mengalami paranoid bisa saja mengumpulkan beberapa benda- benda yang ada di sekitarnya untuk dijadikannya sebagai senjata. Untuk itu agar bisa melindungi dan juga menjaga orang- orang yang ada di sekitar penderita skizofrenia memang sebaiknya anda mengamankan segala macam benda yang berbahaya di sekitaran mereka.

4. Lindungi Dari Adanya Ancaman Bunuh Diri
Beberapa penderita skizofrenia memang selalu merasa ingin bunuh diri dan juga mencelakakan dirinya secara tidak langsung, hal ini juga bisa jadi dikarenakan halusinasi yang ada terjadi pada dirinya, bahkan rasa paranoid juga bisa menjadi sebuah kecenderungan mereka untuk melakukan upaya bunuh diri. Sehingga setiap anggota keluarga memang harus terus mengawasi dan juga menjaga penderita dari keinginan bunuh diri, dan jangan lupa untuk menjauhkan berbagai benda- benda yang berbahaya di sekitaran mereka.

5. Pastikan Penderita Selalu Berkonsultasi Rutin dan Terhubung Dengan Layanan Kesehatan
Sebagai keluarga atau kerabat dekat penderita memang sebaiknya kita harus memastikan bahwa pasien penderita skizofrenia ini mendapatkan perawatan yang memang tepat dari dokter dan juga psikiater, karena saat ini memang sudah cukup banyak berbagai layanan kesehatan yang memberikan pelayanan mengenai masalah gangguan kejiwaan ini.

Gejala skizofrenia
• Halusinasi
Pasien penderita skizofrenia sebenarnya bisa dideteksi dengan mudah, pertama pasien tersebut selalu merasa paranoid dan juga mendengar hal- hal yang sebenarnya tidak ada, melihat dan juga merasakan hal- hal yang sebenarnya tidaklah nyata. Namun kebanyakan dari mereka biasanya merasakan dan juga mendengar suara- suara orang yang mereka kenal. Biasanya suara- suara yang sering mereka dengar ini menyuruh mereka untuk melakukan sesuatu sehingga membuat mereka ini merasa tidak nyaman, misalnya membunuh orang lain, dan juga bunuh diri.




• Delusi

Penderita skizofrenia juga umumnya selalu mempunyai keyakinan yang sangat kuat mengenai sesuatu yang salah, misalnya saja keadaan dirinya yang selalu ingin mencelakakan diri orang lain atau bisa saja membunuh dirinya sendiri. bahkan untuk gejala dari penyakit yang satu ini bisa berdampak secara langsung pada pengidapnya juga.

• Pikiran Kacau
Beberapa kondisi orang- orang yang mengidap penyakit skizofrenia biasanya akan kesulitan untuk mengatur pikiran mereka sendiri. ada yang menyebutkan jenis gangguan psikotik dari beberapa diantaranya bahkan tidak memahami mengenai apa yang mereka bicarakan pada saat itu. Bahkan pasien penderita skizofrenia juga selalu mengucapkan hal- hal yang membingungkan.

• Kesulitan Untuk Konsentrasi

Beberapa kondisi orang- orang yang mengidap penyakit skizofrenia memang selalu mengalami kesulitan konsentrasi dan juga sulit merasa fokus pada sesuatu hal. Pikiran mereka bisa saja kemana- mana dan tidak bisa tertuju pada suatu hal yang dibiarkan, sehingga ketika anda berbicara pada mereka biasanya akan sulit nyambung.

• Memiliki Gerakan yang Berbeda
Seseorang yang mengalami skizofrenia memang umumnya selalu tampak gelisah dan juga seringkali melakukan sebuah gerakan dengan cara berulang, walaupun begitu tidak jarang mereka pun bisa saja diam dalam waktu berjam- jam dan tidak berbicara apapun.

Nah, berikut ulasan mengenai cara menghadapi orang yang memiliki gangguan skizofrenia yang perlu anda ketahui, dari penjelasan diatas juga diketahui bahwa setiap keluarga perlu menerima terlebih dahulu dari keluarga yang mengalami gangguan ini agar nantinya akan jauh lebih mudah melakukan pengobatannya. Dan untuk menghadapi seseorang yang terkena psikologi abnormal ini juga dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran yang benar- benar dari anggota keluarga. Baca juga tentang macam-macam skizofrenia yang mungkin bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Gangguan Psikologi