Sponsors Link

17 Makanan Untuk Kesehatan Mental Penting Untuk Dikonsumsi

Sponsors Link

Nutrisi yang berasal dari makanan sehari hari tanpa disadari sangat berpengaruh terhadap struktur dan fungsi otak seseorang dan juga kesehatan mental. Dengan mencukupi nutrisi terbaik, maka nantinya juga akan berdampak pada kesehatan mental seseorang. Ada begitu banyak makanan untuk kesehatan mental yang sebaiknya dikonsumsi secara rutin setiap hari agar kesehatan mental bisa terjaga dengan baik. Berikut ini akan kami berikan beberapa jenis makanan terbaik yang bisa dikonsumsi untuk mendukung kesehatan mental.

ads
  1. Omega 3

Lemak tak jenuh ganda terutama asam lemak omega 3 mempunyai peranan penting dalam menjaga struktur saraf agar bisa selalu sehat dan bisa berfungsi seperti seharusnya sekaligus proses perubahan penting dari jalur inflamasi tubuh. Omega 3 berguna untuk mengatasi berbagai gejala depresi seperti depresi bipolar, tanda tanda stress pascatrauma sekaligus bisa membantu dalam mencegah masalah psikosis. Untuk mendapatkan kesehatan mental terbaik, maka rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3 tinggi menjadi salah satu cara terbaik. Beberapa sumber omega 3 yang bisa anda konsumsi diantaranya adalah biji bijian, kacang kacangan, sarden, tiram dan juga salmon.

  1. Yogurt

Yogurt yang merupakan makanan fermentasi dari banyak bakteri probiotik ini sangat membantu untuk memecah nutrisi sehingga penyerapannya akan semakin baik. Tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan namun juga memungkinkan otak serta tubuh bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan lebih baik lagi.

Dalam penelitian juga dibuktikan jika ada kaitan antara usus yang sehat dengan kesehatan mental yang juga baik. Bakteri baik dalam usus nantinya juga akan berperan dalam pemeliharaan mental manusia. Pastikan yogurt yang dikonsumsi masih memiliki bakteri hidup seperti yogurt yunani atau greek yogurt yang mempunyai kandungan protein tertinggi dengan konsistensi lebih tebal untuk dikonsumsi sehari hari.

  1. Ikan Berlemak

Dalam The American Diet membuktikan jika tubuh kekurangan omega 3 seperti asam eicosapentanoic [EPA] dan juga asam docosahexaeonic [DHA], maka bisa berdampak buruk untuk kesehatan otak sebab sebagian besar otak terdiri dari lemak dan tubuh manusia tidak bisa memproduksi asam lemak esensial sehingga harus didapatkan dari makanan yang tinggi akan kandungan omega 3.

Makanan mengandung omega 3 seperti salmon, sarden dan mackerel, rumput laut dan ayam yang diberi makan biji rami serta kenari terbukti ampuh bisa mengurangi berbagai gejala gangguan mental dan otak seperti depresi, cara menghilangkan kecemasan, gangguan attention deficit hyperactivity, skizofrenia dan juga berbagai gangguan mental lain.

Omega 3 nantinya akan memproduksi neurotransmitter yakni zat kimia otak yang bertanggung jawab terhadap suasana hati termasuk serotonin dan dopamine yang nantinya juga meningkatkan proses belajar serta memori seseorang.

  1. Whole Grains

Sumber utama energi otak merupakan glukosa yang bersumber dari karbohidrat. Namun karbohidrat sederhana bisa memperburuk suasana hati seseorang karena lonjakan gula darah dan sudah terbukti akan memberikan efek pada otak seperti penyalahgunaan obat obatan. Namun karbohidrat kompleks akan berperan sebaliknya yakni melepaskan glukosa dengan perlahan sehingga bisa membantu seseorang merasa kenyang lebih lama sekaligus menyediakan bahan bakar yang stabil untuk otak dan juga tubuh. Sumber karbohidrat kompleks yang sehat dan bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mental diantaranya adalah produk gandum utuh, oat, beras liar, kacang dan juga kedelai.

  1. Lean Protein

Makanan yang dikonsumsi nantinya akan dipecah menjadi zat yang akan dipakai untuk membuat neurotransmitter dan juga bahan kimia lain yang memiliki fungsi berbeda beda dari sistem saraf untuk berkomunikasi dengan efektif antara satu dengan yang lain dan juga seluruh bagian tubuh. Selain karbohidrat, protein merupakan zat yang paling dibutuhkan tubuh dengan beberapa kegunaan seperti mempengaruhi suasana hati dan cara mengatasi stres berat dengan cara memproduksi serotonin neurotransmitter.

Serotonin yang terkadang disebut dengan prozac alami sangat berhubungan dengan depresi. Beberapa sumber protein terbaik yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mental diantaranya adalah kalkun, ayam, kacang kacangan, ikan dan juga telur yang sangat baik untuk menjaga keseimbangan serotonin untuk memfasilitasi masuknya triptofan ke otak, mengurangi gejala depresi, kecemasan dan juga meningkatkan fungsi kognitif secara menyeluruh.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, sawi dan brokoli memiliki kandungan asam folat yang sangat tinggi. Jika tubuh kekurangan folat dan vitamin B maka bisa meningkatkan kelelahan, depresi dan juga insomnia semakin tinggi. Dalam brokoli mengandung selenium yakni trace mineral yang memegang peranan penting dalam fungsi kekebalan tubuh, reproduksi dan juga metabolisme hormon steroid. Dari beberapa penelitian juga membuktikan jika kadar selenium yang rendah berkontribusi terhadap terjadinya kecemasan, depresi, kelelahan dan berbagai gangguan mental lainnya. Beberapa sumber selenium yang baik dikonsumsi selain sayuran hijau adalah kenari, kacang brazil, produk gandum utuh, ayam, makanan laut dan juga bawang.

  1. Alpukat

Alpukat menjadi salah satu jenis buah yang sangat sehat untuk dikonsumsi karena kandungan lemak sehat yang tinggi untuk menjaga kestabilan gula darah dan juga menjaga kesehatan kulit. Tidak hanya itu, dalam alpukat juga mengandung folat dan vitamin K yang bisa mencegah pembekuan darah di otak untuk meningkatkan fungsi kognitif khususnya dalam memori, cara mengatasi stres dan depresi, meningkatkan konsentrasi dan kesehatan mental secara menyeluruh.

Alpukat juga mengandung vitamin B dan vitamin C yang tidak bisa disimpan dalam tubuh sehingga harus dikonsumsi setiap hari yang membuat alpukat menjadi salah satu makanan terbaik untuk kesehatan mental dan juga otak.

  1. Bit

Bit juga menjadi salah satu sayuran bergizi yang bisa mengatasi berbagai penyakit seperti peradangan, tinggi kandungan antioksidan untuk melindungi diri dari kanker, membersihkan darah dari racun dan tentunya menjaga kesehatan mental. Nitrat alami dalam bir akan meningkatkan aliran darah menuju otak untuk membantu kinerja mental semakin baik.

  1. Kacang Kacangan

Kacang kacangan mengandung banyak jenis mineral khususnya seng, magnesium dan juga zat besi yang mempunyai peran penting dalam fungsi neurologis untuk cara menghilangkan kecemasan. Seng berguna dalam banyak reaksi kimia pada otak. Jika tubuh kekurangan seng maka sering dikaitkan dengan masalah depresi. Sedangkan magnesium juga dikaitkan dengan tingkat depresif seseorang dan juga gejala kecemasan yang juga bisa terjadi saat tubuh kekurangan zat besi. Selain bisa mendapatkan sumber mineral dari kacang kacangan, mineral juga bisa didapatkan dengan cara mengkonsumsi sayuran dan juga buah buahan.

  1. Hati Ayam

Hati ayam menjadi salah satu makanan yang tidak hanya nikmat namun juga memiliki nutrisi tinggi untuk kesehatan mental. Dalam hati ayam mengandung zat besi, protein, seng, selenium, niasin, vitamin B6 dan juga folat serta vitamin B12 yang semuanya sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan otak manusia.

  1. Makanan Tinggi Flavonoid

Dari penelitian membuktikan jika makanan yang mengandung flavonoid bisa mempertahankan dan meningkatkan kemampuan daya ingat seseorang. Flavonoid bahkan bisa mencegah dan memperbaiki kerusakan sel otak yang bertugas mentransmisikan informasi ke otak dan mengatasi gangguan mood dalam psikologi. Untuk itu dengan mengkonsumsi makanan tinggi flavonoid, maka ingatan bisa dipertahankan dan dicegah kerusakannya.

  • Teh: Teh hijau, hitam dan juga teh oolong mengandung flavonoid sehingga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mental yang disarankan untuk dikonsumsi sekitar 5 gelas per hari.
  • Buah berry berwarna cerah: Blueberry, blackberry dan juga raspberry sangat tinggi akan kandungan antioksidan serta flavonoid kuat yang baik untuk menajamkan daya ingat.
  • Buah sitrus: Jeruk, grapefruit dan berbagai jenis buah sitrus lainnya merupakan buah super flavonoid yang sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mental.
  1. Protein Hewani

Protein hewani seperti daging kalkun, ayam dan bahkan telur sangat baik dikonsumsi karena mengandung tryptophan asam amino yang membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi iritabilitas. Sedangkan tirosin dan asam amino lain yang terkandung dalam protein hewani juga baik untuk mengurangi stress, meningkatkan ketenangan dan berinteraksi dengan serotonin otak untuk menjaga kesehatan mental secara menyeluruh.

  1. Produk Susu

Produk susu seperti 1 gelas susu murni, yogurt, keju dan berbagai olahan susu lainnya merupakan makanan yang kaya akan vitamin D, kalsium, whey protein dan nutrisi penting lain yang sangat efektif untuk mengurangi kelelahan, memperbaiki kerusakan sel otak, tips meningkatkan daya ingat, menstabilkan suasana hati dan meningkatkan mood.

  1. Aneka Jenis Rempah

Berbagai rempah yang ada di Indonesia seperti kunyit, kayu manis, bawang putih, jahe dan juga cabai sangat tinggi kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan mental. Tambahkan berbagai bumbu ini dalam masakan sehari hari bersama dengan makanan tinggi antioksidan lain untuk menjaga kesehatan mental anda.

  1. Jamur

Jamur tidak hanya baik dikonsumsi untuk menurunkan kadar gula darah namun juga baik untuk kesehatan mental yakni sifat kimia yang bisa menurunkan kadar gula darah dan juga meningkatkan mood atau suasana hati sehingga baik digunakan sebagai cara mengendalikan emosi wanita. Jamur juga tinggi akan kandungan probiotik yang bisa mempromosikan bakteri sehat dalam usus sebab sel saraf pada usus bisa memproduksi antara 80 hingga 90 persen serotonin sehingga menjaga kesehatan neurotransmitter.

Makanan Lain Untuk Kesehatan Mental

Selain beberapa jenis makanan sehat diatas, ada beberapa makanan lain yang sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mental seperti:

  • Bawang: Segala jenis bawang seperti daun bawang, bawang merah dan bawang putih bisa meningkatkan kesehatan mental dan neurotransmitter.
  • Tomat: Tomat mengandung asam folat dan asam alpha lipoic yang keduanya sangat baik untuk melawan depresi.

Sponsors Link
, ,