Sponsors Link

10 Kontribusi Psikolog dalam Mewujudkan Generasi

Sponsors Link

Generasi tentu menjadi cikal bakal atau gambaran masa depan, generasi yan berkualitas dan berkarakter mulia serta memiliki semangat kerja yang tinggi tentunya akan menjadi masa depan yang berkualitas dan penuh dengan kemajuan. Dalam hal masa depan, generasi memang memiliki peran yang kuat untuk menentukan kemajuan dan nasib suatu bangsa.

ads

Tentunya yang teringat dalam benak pertama kali ialah tentang peran orang tua dalam mewujudkan generasi yang berkualitas atau guru sebagai pendidik, namun sobat, generasi tak hanya terwujud dari hal itu saja, ternyata psikologi juga memiliki peran di dalamnya untuk mewujudkan generasi yang berkualitas dan membanggakan. Apa saja sobat? selengkapnya simak dalam ulasan berikut, 10 Kontribusi Psikolog dalam Mewujudkan Generasi.

1. Mengarahkan untuk Penciptaan Lingkungan yang Harmonis

Setiap generasi berhak hidup dalam lingkungan yang memiliki hubungan harmonis antar anggota lingkungan (suami isteri, generasi, atau anggota lingkungan lainnya). Selain itu, kedekatan emosional juga dibutuhkan antara generasi dan psikolog. 3 hal yang perlu dilakukan adalah yang pertama tatapan penuh kasih 2. sayang, kedua sentuhan lembut pada tubuh, ketiga perhatian yang tidak terpecah saat berinteraksi. (Baca juga mengenai terapi kognitif pada lansia).

2. Menciptakan Kedekatan Emosional

Dengan terciptanya kedekatan emosional, maka generasi akan merasa diberikan kasih sayang oleh psikolognya. Hubungan seperti ini yang akan membentuk karakter generasi secara positif. Sebaliknya, kehidupan yang diwarnai dengan pertengkaran, makian, bentakan, dan kemarahan akan memberi dampak negatif bagi pemahaman psikologis generasi. (Baca juga mengenai peran remaja dalam mengatasi ancaman).

3. Mengembangkan Kepribadian

Pemahaman kepribadian individu generasi sangat dipengaruhi keadaan dan pola pengasuhan dalam lingkungannya yang diarahkan psikolog. Oleh karena itu, peranan keluarga dalam proyek pembentukan generasi berkualitas sangat penting untuk ditekankan.

Peranan psikolog dalam mempersiapkan generasi baru berkualitas, pertama kali adalah dengan mewujudkan pemeliharaan yang terbaik. Setiap generasi memerlukan untuk tumbuh dan dibesarkan dalam lingkungan yang sehat. (Baca juga mengenai contoh peran remaja dalam masyarakat).

4. Memberi Contoh

Beberapa cara yang dapat dilakukan psikolog untuk mengasuh kecerdasan spiritual generasi adalah : memberi contoh. Generasi usia dini mempunyai sifat suka meniru. Karena psikolog merupakan lingkungan yang ditemui generasi,

maka ia cenderung meniru apa yang diperbuat oleh psikolognya. Disinilah peran psikolog untuk memberi contoh yang baik bagi generasi. Jadi jika ingin menghasilkan generasi yang berkualitas, tanamkan karakter pada generasi dari usia dini. (Baca juga mengenai peran remaja dalam perkembangan desa).

5. Mengajarkan Komunikasi yang Baik

Dari komunikasi yang terjalin dengan baik maka psikolog dapat menentukan pendidikan psikologi oleh psikolog psikologi dan karakter dan pola pendekatan yang tepat. Komunikasi yang efektif akan dapat diterima dengan baik bagi generasi remaja dan generasi, khususnya bagi sang generasi komunikasi yang terjalin dengan baik merupakan sebuah cerminan dan contoh yang akan dijadikan teladan. (Baca juga mengenai peran dalam perkembangan emosi remaja).


6. Menyadarkan Pentingnya Pendidikan psikologi oleh psikolog psikologi dan karakter

Pendidikan psikologi oleh psikolog psikologi dan karakter yang benar harus menjadi lahan pemahaman unsur-unsur rohani, mental, dan jasmani. Ketiga unsur ini harus berkembang secara seimbang dan lengkap. Pemahaman yang tidak seimbang dan harmonis dari ke tiga unsur ini akan mengakibatkan kepincangan yang mengurangi keutuhan jiwa generasi.

Ketiganya sama pentingnya dan harus saling mengisi. Oleh karena itu, kesehatan jasmani harus dijaga sebagaimana mental dan rohaninya juga harus diperkembangkan. Maka agar sebuah generasi menjadi generasi yang kuat dan berkualitas, pendidikan psikologi oleh psikolog psikologi dan karakter dan lembaga pendidikan psikologi oleh psikolog psikologi dan karakter harus mendapat perhatian yang khusus.

Sebisa mungkin, pendidikan psikologi oleh psikolog psikologi dan karakter diselenggarakan dalam lembaga dan sistem yang baik, yang memungkinkan generasi didik mencapai segenap kualitas yang diperlukan olehnya dalam mengarungi kehidupan. Pendidikan psikologi oleh psikolog psikologi dan karakter merupakan tanggung jawab semua pihak yang berkepentingan, keluarga, masyarakat, dan psikolog.

7. Menanamkan Cinta pada Bangsa

Pendidikan psikologi oleh psikolog karakter hendaknya dibentuk dengan cara yang sistematis yang di dalamnya terdapat aspek afektif, kognitif dan psikomotorik yang berjalan beriringan dalam proses pendidikan psikologi oleh psikolog. Sebagai contoh wujud implementasi tiga hal diatas adalah ketika individu telah mampu untuk menjadi individu generasi cerdas dalam proses belajar di kelas,

memiliki akhlak yang baik, serta aktif dalam kegiatan ekstra maupun olahraga. Tanpa adanya sikap yang baik maka perkembangan pengetahuan dapat menurunkan nilai luhur bangsa, melemahkan kepribadian yang baik, dan membuat generasi bangsa sebagai generasi yang tidak berpotensi mempertahankan dan mengembangkan kesejahteraan bangsa.

8. Mengarahkan Penggunaan Teknologi

Perkembangan ilmu teknologi dan komunikasi  selain dapat memberikan dampak positif, juga berdampak negatif yang akan menimbulkan generasi yang terbelakang. Sebagai contoh, ditayangkannya film-film yang dapat merusak generasi dalam bentuk budaya berfoya-foya, melanggar peraturan sekolah maupun lalu lintas, pergaulan bebas, dan penggunaan narkoba yang secara gamblang dipertontonkan pada acara televisi.

Selain itu, internet akan tidak menguntungkan bagi generasi penerus apabila para anak-anak dan remaja menghabiskan waktu bermain games di warung internet tanpa berperan aktif di lingkungan sekitar yang membiasakan prilaku anti sosial karena sikap sosial merupakan salah satu syarat penting yang harus dilatih untuk melahirkan pribadi yang berkualitas mempunyi karakter.

9. Meningkatkan Kemampuan Belajar

Solusi dari masalah yang muncul dalam proses pendidikan karakter oleh psikolog generasi adalah memiliki psikolog yang professional. Psikolog yang professional akan meningkatkan hal belajar siswa lebih baik daripada psikolog yang belum professional.

10. Mewujudkan Generasi Maju

Tujuan dari pendidikan karakter oleh psikolog adalah agar generasi Indonesia dapat menunjukan jati dirinya untuk bersaing di dunia apapun. Lingkungan dan psikolog professional mempunyai peran penting dalam mewujudkan pendidikan karakter oleh psikolog disamping adanya peran pemerintah, orang tua dan masyarakat.

Cara mewujudkannya adalah dengan menyesuaikan dengan tuntutan pengetahuan dan apa yang dibutuhkan oleh peserta didik dan pemerintah. Adanya pendidikan karakter oleh psikolog ini  mampu mengatasi hal negatif dari dampak perkembangan pengetahuan.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, apapun yang terjadi yang penting tetap memiliki prinsip dan meningkatkan kualitas diri masing masing ya sobat, sehingga bangsa ini juga memiliki masa depan cemerlang dari hari ke hari. Oke sobat, sampai jumpa di artikel berikutnya. Terima Kasih.

Sponsors Link
, , , , ,