Sponsors Link

13 Implikasi Psikologi Perkembangan Dalam Pendidikan

Sponsors Link

Hello sobat terkasih semua, kembali bertemu dengan penulis yang selalu setia menemani waktu luang anda nih sobat tentunya dengan berbagai macam informasi yang dapat memperkaya informasi serta wawasan anda. Seperti yang sudah penulis jelaskan sebelumnya bahwasanya ilmu dan wawasan yang luas tersebut adalah suatu kekayaan yang tidak akan ada habisnya dan akan bisa anda gunakan kapanpun dan  tentu saja bisa anda wariskan kepada anak cucu anda kelak ya sobat, untuk itu perbanyaklah membaca niscaya ilmu yang kita peroleh juga hari demi hari pasti akan bertambah dan berkembang.

ads

Nah sobat semua, pada kesempatan kali ini penulis masih akan membahas seputar psikologi nih sobat, karena memang aspek psikologi itu sendiri sangatlah luas dan kompleks cakupannya. Namun sobat, pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas mengenai klasifikasi psikologi perkembangan dalam pendidikan. Wah tentunya materi ini lumayan menarik untuk segera kita bahas ya sobat, yuk mari kita simak ulasan berikut dengan seksama.

Mungkin sering diantara kita sering bertanya –  tanya, apa sih ilmu psikologi itu? Dan mengapa kita harus mempelajari ilmu psikologi? Nah biar tidak penasara langusng saja kita bahas ya sobat. Adapun ilmu psikologi itu sendiri merupakan sebuah cabang dari ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang jiwa, karakter, tingkah laku, perilaku, sikap manusia dalam segala aktivitasnya, baik itu manusia secara individu maupun kelompok. Baca juga mengenai metode belajar dalam psikologi pendidikan.

Jadi bisa dikatakan ilmu psikolog tersebut tentunya sangat berperan dalam kehidupan kita sehari –  hari ya sobat karena memang setiap aktivitas yang kita lakukan baik itu secara sadar maupun tidak sadar, apa yang kita lakukan tersebu sangatlah berhubungan dengan psikologi ini.

Adapun pengertian psikologi perkembangan adalah sebuah cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari mengenai segala bentuk perubahan tingkah laku manusia dalam segala aktivitasnya yang juga cenderung menyertai pertumbuhan dan perkembangannya. Baca juga mengenai penerapan psikologi dalam pendidikan inklusi.

Sesuai dengan pembahasan kita kali ini sobat, bahwasanya psikologi perkemabngan tersebut erat hubungannya dengan pendidikan. Adapun pengertian psikologi pendidikan itu sendiri adalah sebuah cabag dari ilmu psikologi yang memiliki prinsip dan lebih mengarah pada prses pembelajaran yang terlibat denagn penemuan –  penemuan dan menerapkan prinsip –  prinsip dan cara untuk meningkatkan keefisienan di dalam pendidikan tersebut.

Atau dengan kata lain psikologi pendidikan adalah sebuah cabang dari ilmu psikologi yang berhubungan dengan penerapan  pengetahuan tentang perilaku manusia dalam usahanya untuk hal pendidikan. Nah sobat semua, tentunya psikologi perkembangan ini erat kaitannya atau peranannya terhadap pendidikan. Baca juga mengenai contoh motif dalam psikologi pendidikan.

Karena dengan memahami setiap perilaku, karakter, sikap, jiwa dan sifat seseorang berdasarkan kategori perkembangannya, maka seorang pendidik juga tentunya dapat menyesuaikan diri dengan mengerti bagaimana teori atau praktek pendidikan yang dibutuhkan seorang anak atau individu sesuai dengan masa perkembangannya.

[AdSense- B]

Adapun implikasi psikologi perkembangan dalam pendidikan adalah sebagai berikut :

  • Di dalam perkembangan seorang individu tentunya sebagai pendidik juga harus tau menempatkan dirinya terhadap perkembangan dengan memberikan metode atau cara pengajaran yang sesuai dengan tahap atau fase perkembangan individu yang akan di didiknya. Karena cara mendidik anak SD dengan mendidik anak SMA tentunya ada perbedan yang sangat signifikan, begitupun dengan usia atau mental mereka sangatlah berbeda pula. Untuk itu dengan memahami psikologi perkembangan ini diharapkan dapat berpengaruh di dalam pendidikan.

  • Dengan memahami psikologi perkembangan, maka kita akan mengetahui tingkat kemampuan individu dalam setiap fase perkembangannya.
  • Untuk mengetahui pada fase perkembangan yang mana seseorang bisa diberi stimulus tertentu.
  • Dengan adanya psikolgi pendidikan ini, maka diharapkan dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahan –  perubahan yang akan dihadapi oleh setiap individu.
  • Khusus untuk tim pengajaar atau guru, dengan memahami psikologi pendidikan ini maka sudah pasti dapat memberikan pengajaran yang sesuai dengan usia anak didiknya.
  • Dapat memberikan, mengukur, dan menerangkan perubahan dalam tingkah laku serta kemampuannya yang sedang berkembang sesuai dengan tingkat usia yang mempunyai ciri –   ciri universal, dalam artian yang berlaku bagi anak –  anak serta semua usia dan juga berlaku untuk semua tempat.
  • Dengan memahami psikologi pendidikan ini, maka kita dapat mempelajari karakteristik umum perkembangan peserta didik, baik secara fisik, kognitif, maupun psikososial dalam segala aspek pendidikan anak atau individu tersebut.
  • Dengan memahami psikologi perkembangan ini, anda dapat mempelajari perbedaan –   perbedaan yang bersifat pribadi pada tahapan, fase, atau pada masa perkembangan tertentu.
  • Dengan memahami dan menerapkan psikologi pendidikan ini, maka kita dapat mempelajari tingkah laku seorang anak atau seorang individu pada lingkungan tertentu yang menimbulkan reaksi yang berbeda pula satu dengan yang lainnya.
  • Dengan adanya psikologi perkembangan ini, maka kita dapat mempelajari penyimpangan tingkah laku yang dialami oleh seseoranh seperti kenakalan, kelainan –  kelaianan, dan juga fungsional inteleknya.
  • Memungkinkan bukan hanya pengajar saja yang bisa memberiakn cara atau metode pengajaran yang tepat sesuai usianya, namun juga orang tua juga dapat berperan penting dalam hal ini.
  • Dengan memahami psikologi perkembangan ini, maka diharapkan setiap individu yang memang masih mengalami perkembangan dapat mencari epdoman yang terbaik baginya, baik secara psikis maupun mental dan juga dari aspek sosialnya.
  • Nah sobat yang terakhir nih, dengan adanya psikologi pendidikan ini dan dengan menerapkannya di dalam pendidikan, maka diharapkan pengajar maupun orang tua dapat memberikan cara untuk menghadapi segaala perubahan yang terjadi pda setiap fase pertumbuhan yang ada pada seseorang.

Nah sobat semua, jika kita perhatikan kembali ulasan diatas, implikasi psikologi perkembangan ini sangatlah besar pengaurhnya terhadapa pendidikan. Bukan tidak berasalan ya sobat, karena pada setiap fase atau tahap perkembangan yang terjadi pada seseorang tentunya juga akan berbeda dengan cara mendidiknya.

Oke sobat semua, sampai disini dulu pembahasan artikel kali ini ya sobat, sampai bertemu di artikel selanjutnya tentunya dengan pembahasan yang tidak kalah menarik lainnya. Terima kasih bagi sobat semua yang sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Salam hangat.

Sponsors Link
, , , , ,