Sponsors Link

6 Gejala Pengenalan Dalam Psikologi

Sponsors Link

Dalam ilmu psikologi mengenal istilah pengenalan yang biasanya berhubungan dengan pengamatan akan suatu hal. Contoh seperti istilah psikologi kognitif, suatu proses mental karena mencermikan pemikiran dan tidak dapat diamati secara langsung. Berikut ini contoh dari indikasi dan gejala kognisi dalam psikologi.

ads

Begitupun dengan gejala dari psikologi, ada beberapa gejala pengenalan dalam psikologi yang dapat diketahui yang masih berhubungan dengan masalah pengamatan seseorang. Hal ini dapat diketahui dari beberapa contoh dibawah ini :

1. Penginderaan

Pengindraan adalah penyaksian indera atas rangsangan sesuatu  kesatuan yang kabur atau tidak jelas. Contohnya dalam jiwa kita pasif pengindraan kita atas kendaraan-kendaraan yang berlalu lalang dijalan raya, sinar panas terik matahari yang dirasakan saat asyik bermain dan sebagainya.

Sejak manusia dilahirkan ke dunia secara langsung dapat melihat dengan dunia luarnya. Saat itu pula individu dapat menerima  rangsangan dari luar dan menerima rangsangan dari dalam dirinya sendiri, seperti merasakan kedinginan, panas, sakit, bahagia dan sebagainya. Seseorang mengenal dunia sekitarnya dengan menggunakan alat inderanya seperti mata, hidung, telinga dan lainnya. Anda perlu mengetahui gejala konasi dalam psikologi.

2. Pengamatan

Salah satu gejala pengenalan dalam yaitu pengamatan yang merupkan proses mengenal dunia luar dengan menggunakan indera. Atau dapat diartikan pengamatan adalah sebuah hasil perbuatan jiwa secara aktif dan penuh perhatian untuk menyadari adanya perangsang atau sentuhan. Melalui pengamatan seseorang dapat memisahkan unsur dari obyek yang terjadi. Misalnya, mobil melampaui Anda, mula-mula terlihat bulatnya (penginderaan), lalu kemudian makin jelas warnanya, fisiknya, pengendaranya, rodanya, dan sebagainya. Berikut beberapa teori pengenalan pola dalam psikologi kognitif.

3. Tanggapan

Tanggapan adalah kesan-kesan yang dialami seseorang apabila perangsang sudah tidak ada. Jika proses pengamatan sudah berhenti dan hanya meninggalkan kesannya saja, maka peristiwa ini disebut dengan tanggapan. Contoh kasus pada kesan pemandangan alam yang baru kita lihat, pesona indah, udara yang segar, dan lain-lain. Bekas kesan dari luar yang tertinggal pada kita itu dapat kita timbulkan kembali sebagai tanggapan. Respon tanggapan itu keluar dari keadaan bawah sadar kedalam ke alam sadar. Peranan dan juga fungsi psikodignostik dalam berbagai bidang psikologi.

4. Reproduksi

Penyebab gejala pengenalan dalam psikologi lainnya yaitu reproduksi. Yaitu daya jiwa yang dapat menimbulkan banyak tanggapan-tanggapan ke kesadaran Anda. Contoh pada saat Anda mengingat kembali sesuatu yang telah lama diamati dan dan dialami, karena adanya perangsang atau pengaruh dari luar. Reproduksi juga dapat muncul dengan sendirinya atau tanpa disengaja, atau secara spontan muncul dalam kesadaran. Contoh  tanpa sebab tertentu muncul peristiwa pedih yang mengingatkan pada masa-masa lalu Anda. Kenali berikut ini faktor psikologis dalam menyimak hal dalam kehidupan Anda.

5. Asosiasi

Asosiasi terdidi dari beberapa tanggapan yaitu perkaitan dari tanggapan-tanggapan itu sendiri. Tanggapan akan benda-benda disekitar diri Anda yang selalu terasosiasi dengan nama-nama dari bendanya. Setiap asosiasi selalu menyertakan reproduksi. Pada proses asosiai, bisa berlangsung suatu hambatan emosional. Contohnya berupa perasaan malu, kecemasan, rasa minder, rasa takut, yang dapat menghambat proses repruduksi dan asosiasi itu sendiri. Berikut contoh asosiasi dalam psikologi komunikasi.

6. Apersepsi

Gejala pengenalan dalam psikologi selanjutnya adapa apersepsi. Dalam sebuah peristiwa apersepsi memiiki unsur seperti pengamat penuh minat, pemasakan dan pemahaman tanggapan dan meningkatkan ketaraf hubungan yang lebih tinggi dan juga  proses pengaruh tanggapan-tanggapan lama oleh tanggapan baru.

Jadi kesan-kesan yang sampai pada Anda tidak secara lengkap atau belum jelas tidak sempurna, selesaikan, atau sesuaikan dengan bantuan kesan yang sudah ada sehingga Anda mengenal, memahami dan mengerti apa maksudnya. Beberapa jenis dan macam – macam apersepsi secara umum.

Demikianlah penjelasan mengenai 6 gejala pengenalan dalam psikologi dan semoga menjadi manfaat untuk Anda semua.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi