Sponsors Link

13 Gangguan Psikologis Pada Dewasa Awal

Sponsors Link

Gangguan psikologis bisa juga dikaitkan dengan sebuah gangguan kejiwaan, meski gangguan ini tidak memandang batasan umur, namun bukan berarti kita bisa mengesampingkan berbagai gejala yang seringkali terjadi.

ads

Karena gangguan yang seringkali terjadi pada remaja dan orang dewasa ini memang tidak memandang tingkatan usia. namun untuk saat ini masih ada saja orang yang berfikiran jika gangguan kejiwaan ini memang sangat jarang terjadi, namun nyatanya sudah banyak sekali penyakit mengenai gangguan psikologis yang terjadi pada orang dewasa.

Gangguan psikologis pada orang dewasa bisa dibagi menjadi beberapa tahapan, misalkan untuk yang pertama adalah masih dalam kategori ringan, dan untuk kategori berikutnya masuk ke dalam kategori penyakit yang sudha menjurus kepada gangguan kejiwaan yang cukup parah, sehingga bisa juga dikatakan sebagai sebuah gangguan yang berhubungan dengan gangguan psikotik.

Adapun beberapa jenis gangguan jiwa atau penyakit yang etrmasuk ke dalam gangguan psikologis yaitu pada penyakit Schizofrenia dan juga Schizoaffective, gangguan penyakit bipolar, penyakit halusinasi dna juga jenis penyakit lainnya yang seringkali berhubungan dengan masalah gangguan psikologis pada orang dewasa. untuk itu dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai jenis gangguan psikologis yang seringkali terjadi pada orang dewasa.

  1. Penyakit Fobia social

Jenis fobia social juga termasuk ek dalam jenis gangguan psikologis yang biasanya terjadi pada orang dewasa, adapaun gangguan tersebut terjadi pada orang dewasa yang seringkali merasa cemas atau tidak nyaman berada pada sbeuah lingkungan social, seperti berbicara di depan umum, rasa gemetaran saat bertemu orang lain, sampai rasa ingin menyendiri di dalam rumah dan tidak ingin bertemu dnegan siappaun.

Jenis fobia ini harus segera diobati jika tidak ingin berlarut-larut, untuk itu memang perlu abntuan dari terapis untuk menanganinya.

  1. Gangguan depresi

Gangguan depresi dalam psikologi juga bisa termasuk ke dalam macam-macam gangguan jiwa pada manusia atau yang seringkali terjadi pada orang dewasa.  Gangguan ini memang seringkali terjadi pada seseorng yang memang seringkali mengalami gangguan kecemasan berlebih pada suatu hal.

Hal ini juga bisa sangat mempengaruhi kepribdian orang tersebut, biasanya adapun gejala yang sering timbul pada gangguan psikologis ini seperti sering menyendiri, rasa kesal, perasaan sedih yang sulit dikontrol, tidak memiliki kepercayaan diri sampai dengan memiliki gejala insomnia, untuk itu dalam hal ini memang sangat perlu untuk segera melakukan pengobatan pada psikologis yang tepat.

  1. Kepribadian ganda

Kepribadian gand ajuga termasuk ke dalam jenis jenis gangguan psikologi yang memang seringkali terjadi pada orang dewasa awal.

Ganggguan ini biasanya terjadi akibat dari berbagai tekanana yang banyak mempengaruhi diri seseorang, mislanya adanya tekanan keluarga, namun tekanan lingkungan juga biasanya sangat amat bisa mmepengaruhi dari adanya sebuah gangguan psikologis ini.

Biasanya pada seseorang yang memiliki gangguan kepribadian ganda seperti ini awal mula tejadinya saat masa remaja, untuk itu jika ada beberapa ciri-ciri dari gangguan ini untuk segera diobati.


  1. Schizophrenia

Gangguan psikologis lainnya yang seringkali terjadi pada orang dewasa awal adalah gangguan Schizophrenia, gangguan semacam ini etrmasuk juga ke dalam sebuah gangguan psikotik dan terjadi pada masyarakat yang memiliki ekonomi rendah.

Gangguan penyakit ini juga biasanya terjadi pada orang dewasa yang memiliki gangguan otak, misalnya seperti pada strukutur otak, fakor genetic dan akan menimbulkan halusinasi, delusi juga terjadinya kegagalan dalam system cara berfikir seseorang. Gangguan ini biasanya terjadi secara tiba-tiba.

  1. Bipolar

Gangguan bipolar merupakan salah satu jenis gangguan psikologis yang sangat sering tejadi pada orang dewasa. Gangguan semacam ini biasanya muncul akibat dari sisa trauma masa lalu yang diteruskan menjaid sebuah rasa takut dna tidka nyaman pada dirinya sendiri, sehingga biasanya pada orang bipolar akan memiliki kondisi mengatas kecemasan emosi yang sangat sulit untuk dikendalikannya, orang  yang mmeiliki penyakit ini juga cenderung akibat dari kondisi lingkungan yang banyak mempengaruhinya.

  1. Anorexia

Meski banyak yang mengatakan bahwa aneroxia merupakan sebuah penyakit, namun penyakit ini juga termasuk ke dlaam sebuah gangguan psikologis yang seringkali terjadi oleh orang dewasa.

Orang yang memiliki gangguan ini biasanya cenderung merasa tidak puas pada dirinya sendiri, sehingga orang-orang yang memiliki gangguan psikologis tersebut merasa depresi dnegan berat badan yang dimilikinya, sheingga biasanya akan kekurangan gizi dan merasa diirnya sellau gemuk, padahal berat badannya sendiri sudha sangat kurus, orang yang memiliki gangguan ini juga tidak jarang sellau memuntahkan makanan yang dimakannya.

  1. Psikopat

Psikopat termasuk ke dalam gangguan psikologis yang terjadi pada orang dewasa yang paling parah. Gangguan ini termasuk juga ke dalam sebuah gangguan jiwa yang muncul diakibatkan dari sebuah obsesi, sehingga akan snagat merugikan orang lain yang ada di sekitarnya, orang yang memiliki gangguan psikopat juga bisa menyembunyikan sifat aslinya dihadapan banyak orang, namun jika sedang muncul akan sangat merugikan banyak orang lain bahkan bisa sangat membahayakan jiwa. Untuk itu memang harus dilakukan pengobatan khusus.

  1. Bulimia

Bulimia termasuk ke dalam gangguan kesehatan yang sudah mengarah pada gangguan psikologis seseorang, khusunya untuk orang dewasa, namun tak jarang terjadi juga pada gangguan psikologis remaja.

Orang yang memiliki kondiis seperti ini pun umumnya memiliki kecenderungan tidak nyaman pada diirnya sendiri. Gejala yang biasa ditimbulkannya hampir mirip dengan pasien aneroxia yang sellau memuntahkan makanan yang sudha dimakannya.

  1. Kleptomania

Penyait klepto ini termasuk ke dlaam gangguan psikologi yang sangat merugikan orang lain, dimana penyakit kleptomania di dalam psikologis ini merupakan sebuah kebiasaan mencuri yang di dasari bukan karena sebuah kebutuhan, hanya karena orang tersebut mengingikan barang atau benda yang dimiliki orang lain, sehingga orang yang memiliki penyakit semacam ini tidak segan-segan mencuri hanya untk memuaskan perasaan nya saja.

  1. Gangguan kecemasan

Gangguan kecemasan merupakan salah satu gangguan psikologis yang sering terjadi pada orang dewasa, namun gangguan ini masih dlaam batas yang cukup sederhana jika dikatakan etrmasuk ke dalam gangguan psikologis pada orang dewasa. Pada orang-orang yang memiliki gangguan seperti ini biasanya akan memiliki sifat yang tidak nyaman dan sangat mudah etrtekan pada lingkungannya sendiri.

  1. Perubahan mood

Gangguan mood juga termasuk ke dalam sebuah gangguan psikologi yang memang sering terjadi pada orang dewasa, gangguan psikologis ini terjadi dikarenakan sebuah tekanan yang terjadi pada dirinya yang sulit untuk dihindari, sehingga bisa juga kehilangan rasa kepercayaan dirinya sendiri. Meskipun masih termasuk ke dalam jenis gangguan psikologis yang sederhana, namun gangguan ini pun harus segera ditangani.

  1. Gangguan obsesif komplusif

Gangguan obsesif kompulsif ini termasuk juga ke dalam gangguan psikologis yang dimanaorang yang mengidap penyakit ini memiliki gangguan obsesi yang sangat menganggu dna juga bisa snagat aneg, adapun ciir-ciri drai gangguan ini biasanya pada seseorang yang terjadi kegelisahan, rasa ragu dan rasa tidka nyaman pada lingkungannya.

  1. Tempramental

Tempramental termasuk juga ke dalam sebuah gangguan psikologis yang seringkali terjadi pada orang dewasa, gangguan ini bisa diikuti dnegan seseorang yang mudah terbakar emosi dan sulit untuk mengendalikannya,sehingga pastinya akan sangat merugikan orang lain da juga dirinya sendiri.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gangguan Psikologi