Sponsors Link

13 Faktor Psikologi dalam Penyembuhan Penyakit

Sponsors Link

Penyakit merupakan sesuatu keadaan atau perubahan tubuh yang tadinya sehat kemudian dirasa ada hal tidak normal yang terjadi di dalamnya. penyakit bisa terjadi pada siapapun, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. terjadinya peyakit di dalam tubuh juga menyebbakan ketidaknyamanna terjadi, rasa sakit yang tidak nyaman dan juga kesulitan lainnya. untuk penyembuhan suatu penyakit, biasanya setiap orang menggunakan dua cara yaitu dengan cara medis dan juga cara herbal arau tradisional.

ads

Pengobatan secara medis dipilih karena menggunkan teknologi kedokteran yang canggih dna juga berdasarkan ilmu pengetahuan yang ditemukan, sedangkan penyembuhan dnegan cara herbal atau tradisional. cara tradisional biasany digunakan untuk penyembuhan secara herbal, biasanya menggunakan teknik berdasarkan pengobatan tempo dulu atau tidak menggunakan obat-obatan.

Dari berbagai cara penyembuhan tersebut ada yang bisa mengalami kesembuhan dengan cepat namun ada pula yang dalam waktu lama, karena biasanya hal tersebut tergantung dari cara penyembuhandan berbagai faktor lainnya. mislanya dari faktor psikologis sesorang pasien yang terkena penyakit. faktor psikologis merupakan faktor yang sangat penting dan juga memiliki peranan cukup baik dalam melakukan penyembuhan penyakit. karena ada beberapa psikologis  yang ternyata bisa membantu pasien untuk bisa menyembuhkan penyakitnya, terutama dengan komponen kesehatan jiwa pasien.

Kondisi pada pasien yang sedang menderita suatu penyakit tentunya akan snagat berbeda dengan seseorang yang sehat. dan dari psikologis juga bisa timbul suatu penyakit, mislakan penyakit depresi yang timbul karena psikologi seseorang dan dengan adanya kondisi stress yang bisa menimbulkan reaksi penyakit darah tinggi. oleh karenanya kondiis psikologis ini tentu akan snagat memiliki peranna penting, dna dengan psikologis pula biasanya penyembuhan terhadap suatu penyakit bisa cepat sembuh. diantara faktor psikologis dalam penyembuhan penyakit:

  1. Menghindari kecemasan

Kecemasan memang bisa terjadi pada siapapun, khusunya pada seorang pasien yang terkena penyakit, rasa cemas ini biasanya akan muncul karena saat pasien mengetahui mengenai jenis penyakityang terjadi pada dirinya, kemudian rasa cemas itu akan muncul dna membayangkan  sesuatu yang belum tentu terjadi, mislanya mengenai kematian yang akan terjadi pada pasien, sehingga hal tersebut malah menimbulkan kecemasan yang berakibat semakin parahnya penyakit.

Untuk itu sebaiknya hindari rasa cemas dan mencari cara menghilangkan kecemasan yang berlebihan sehingga tidak akan berfikir yang tidak-tidak agar nantinya proses penyembuhan akan berjalan dengan baik.

  1. Menghilangkan perasaan depresi

Depresi merupakan keadaan dimana seseorang mengalami ketidakstabilan mental, dan pada seseorang yang sedang terkena penyakit, umumnya depresi muncul krea sebuah penyakit yang memang termasuk ke dalam gejala kronis.

Di dalam ilmu psikologi tentunya membutuhkan pemahaman yang khusus sehingga bisa dilakukan terapi kesehatan mental. Dengan adanya penyakit kronis juga dapat menghasilkan berbagai perubahan pada tubuh pasien, untuk itu sebaiknya memang dihindari.

  1. Kehidupan social

Dengan menhidupkan dan menciptakan kehidupan social atau psikologis sosial  yang baik tentunya bisa membantu psikologis dari pasien yang menderita penyakit, khsuusnya pada pasien yang menderita penyakit cukup kronis. Sehingga dengan kehidupan social yang baik akan membuat para penderita ini menajaid lebih semangat lagi menghadapi penyakit yang sedang dialaminya.


  1. Dukungan keluarga

Peran serta dukungan keluarga dan juga sahabat tentunya sangat dibutuhkan sebagai factor psikologis pada pasien yang menderita penyakit, dengan adanya dukungan tersebut secara tidak langsung dapat membantu pasien untuk bisa menghadapi penyakit yang dialaminya, bahkan bisa membuat perubahan pada perilaku emosionalnya juga.

Untuk iru sebagai keluarga sebaiknya memberi support yang baik pada pasien yang sedang terkena penyakit kronis. Sehingga dalam mencapai kesembuhan akan tercapai.

  1. Komunikasi yang lancar

Komunikasi yang baik dan lancar tentu sanagt dibutuhkan sebagai factor psikologis pendukung pasien, komunikasi ini bisa berhubungan dengan keluarga atau memiliki komunikasi yang lancar dengan dokter atau medis yang akan menyembuhkan pasien tersebut. untuk itulah peran penting dalam hal ini agar bisa mempercepat proses penyembuhan pada pasien.

  1. Kepercayaan pasien pada diri sendiri

Suatu penyakit haruslah dihadapi dengan optimis agar bisa memperoleh kesembuhan, untuk itu keyakinan pasien untuk kesembuhan dalam hal ini memang sangat dibutuhkan, sebagai seorang pasien yang sedang terkena suau penyakit ada baiknya kita memiliki keyakinana bahwa penyakit yang sedang diderita akan sembuh.

  1. Mempercayai penanganan medis dokter

Saat seseorang sudah yakin dan juga percaya pada dokter yang menanaganinya, secara tidak langsung juga akan mempengaruhi psikis dan kondisi dari pasien tersebut, sehingga akan lebih mempermudah penyembuhan penyakit nantinya, namun sebaliknya, jika pasien tidak yakin pada penanganan dokternya, tentunya akan sangat mempengaruhi kesembuhan pada pasien tersebut.

  1. Kehidupan religius

Setiap penyakit tentu ada obatnya, untuk itu memang dibutuhkan keasabaran dna juga kemampuan pasien serta keluarga untuk bisa terus sabar dn ikhlas agar bisa memperoleh kesembuhan, selain melaui perawatan medis, khususnya bagi anda umat muslim dapat mengubah kehidupan dan pandangan anda seperti menjadi lebih rajin beribadah, sering membaca alquran dan kegiatan religious lainnya, sehingga akan membanti secara psikologis dalam penyembuhan penyakit tersebut.

  1. Berfikir positif

Bagia setiap orang yang sedang terkena penyakit, khususnya jenis penyakit serius tentunya akan sanagt sulit untuk bisa berfikir positif, namun dalam hal penyembuhan secara psikologis tentu sangat lah penting, karena dengan berfikir positif akan membuat siapapun yang sedang menderita penyakit menjadi tawakal dan tidak pernah berfikir negative pada penyakitnya tersebut, tentu hal tersebut bisa membantu penyembuhan penyakit pada pasien nantinya,

  1. Kehendak tuhan yang maha esa

Yang harus anda perhatikan dalam factor penyembuhan secara psikologis adalah mengenai kehendak dari tuhan yang maha esa, karena saat tuhan memberikan seorang hamba penyakit, dengan cara tuhan jugalah penyakit tersebut bisa disembuhkan, sheinggaa nda hanya perlu berusaha agar bisa sembuh dari penyakit tersebut.


  1. Pola hidup

Pola hidup yang baik tentunya akan semakin membuat kondisi penderita penyakit berangsur membaik, pola hidup juga bisa snagat mempengaruhi dai kesehatan pasien, ntuk itu sebaiknya rubahlah pola hidup anda yang tadinya tidak baik menuju pola hidup yang sehat, sehingga nantinya akan lebih memudahkan anda untuk bisa sembuh drai penyakit tersebut.

  1. Perubahan aktivitas

Suatu penyakit memang membutuhkan proses dalam melakukan penyembuhan, namun dalam hal ini bukan berarti semua aktivitas anda benar-benar bisa berubah, karena jika terjadi perubahan yang snagat mendadak pada kondisi atau aktivitas para penderita penyakit kroonis, tentunya akan mmepengaruhi fikirannya, untuk itu jangan sampai kondisi tersebut mempengaruhi hobi dan juga aktivitas yang masih bisa anda lakukan.

  1. Kondisi psikologis

Kondisi psikologis tentu akan snagat mempengaruhi dari penyembuhan suatu penyakit, dengan mislanya saja hal yang berkaitan dnegan kondiis fisik seseorang, jika terjadi perubahan yang sangat cepat tentunya akan sangat mempengaruhi kondisi pasien, misalnya dengan terjadi kecemasan dan juga depresi, untuk itu sebaiknya jangan sampai hal tersebut menganggu kondisi psikologis anda.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Klinis