Sponsors Link

6 Contoh Relaksasi Dalam Modifikasi Perilaku

Sponsors Link

Di dalam jiwa yang sehat terdapat fisik yang sehat dan kuat, itulah salah satu penggalan dari pepatah lama yang sudah Anda ketahui. Artinya apabila jiwa Anda sehat dan baik maka fisik Anda juga akan mendukung hal tersebut, sehingga apapun yang Anda lakukan pasti hasilnya akan baik. Berikut contoh macam- macam relaksasi agar hati dan pikiran tenang.

ads

Namun, sebaliknya apabila jiwa Anda mengalami masa sulit atau sakit maka imbasnya fisik akan terasa lemah dan tidak berdaya. Oleh sebab itu perlunya sebuah terapi dan pengobatan untuk mengurangi jiwa yang sakit tadi seperti perlunya sebuah relaksasi. Nah, berikut ini mengenal contoh relaksasi dalam modifikasi perilaku agar jiwa dan raga lebih sehat.

1. Pilih Tempat Yang Membuat Anda Menjadi Rileks

Rileksasi sendiri merupakan suatu kondisi jiwa, hati, pikiran dan fisik yang tenang, rileks, nyaman dan ditandai dengan tingkatan rendahnya ketegangan dan gejolak baik secara fisik maupun psikisnya. Untuk mencapai hal tersebut dalam relaksasi tentu membutuhkan sebuah tempat yang layak untuk membiarkan fisik serta psikis Anda menjadi rileks dan juga nyaman. Tempat untuk rileksasi sangat penting agar fokus dan hasil yang dicapai lebih maksimal. Beberapa dampak dan manfaat relaksasi bagi jiwa dan kesehatan.

2. Atur Waktu Yang Tepat Merelaksasi Perilaku Anda

Kemudian contoh relaksasi dalam modifikasi perilaku selanjutnya yaitu sebelum Anda memutuskan untuk merelaksasikan tubuh dan juga pikiran. Pilihlah waktu yang sesuai dengan kondisi Anda, karena apabila kondisi tidak memungkinkan maka tujuan dan hasil relaksasi tentu tidak dapat dinikmati oleh diri Anda. CAri waktu kosong atau lenggang dimana memang Anda membutuhkan media tersebut untuk terapi ketenangan jiwa dan fisik. Salah satu contoh pengaruh musik terhadap jiwa manusia yang bisa Anda lakukan.

3. Pilih Jenis Relaksasi Yang Sesuai Dengan Karakter Anda

Salah satu hal penting yang bsia dilakukan sebelum Anda relaksasi adalah dengan menentukan jenis terapi apa yag sesuai dan cocok. Tidak semua terapi relaksasi benar – benar sesuai bagi setiap orang, banyak pilihan yang bisa Anda terapkan. Sehingga jenis yang tepat sangat memudahkan Anda untuk fokus dan merasakan ketenangan yang Anda harapkan. Berikut langkah dan cara peduli terhadap diri sendiri dalam usaha memperbaikinya.

4. Optimalkan Sesi Terapi Dengan Sebaik – baiknya

Contoh relaksasi dalam modifikasi perilaku lain yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memaksimalkan terapi yang sudah Anda jalani. Dengan terapi yang optimal dapat membuat Anda jauh dari kondisi jiwa dan fisik yang berbeda, sensasi relaksasi akan membuat jiwa, pikiran, hati dan fisik Anda jauh lebih tenang dan juga nyaman. Maka dari itu banyak manfaat relaksasi yang penting untuk memulihkan psikis dan fisik seseorang. Hal yang dapat Anda ketahui mengenai cara mengatasi depresi diri sendiri.

5. Komitmen Terhadap Latihan Relaksasi

Hal penting lainnya pada saat Anda melakukan relaksasi yaitu komitmen untuk menerapkan terapi tersebut ke dalam kegiatan rutin Anda. Memang tidak semua bisa berjalan dengan baik, namun paling tidak komitmen yang sudah Anda buat haruslah dijaga untuk hasil yang lebih baik. Karena dengan tiadanya komitmen yang tinggi tentu hasil yang Anda dapat juga menjadi setengah – setengah dan tidaklah optimal. Berikut ini contoh bagaimana langkah dan cara mengatasi stress saat ada masalah yang menimpa Anda.

6. Buat Goal Yang Ingin Dicapai Dalam Relaksasi

Selain itu contoh relaksasi dalam modifikasi perilaku lain, Anda harus memiliki motivasi dan tujuan yang pasti. Apa goal yang ingin Anda capai dengan mengikuti terapi relaksasi, apakah hanya sekedar pengobatan, ataukah hanya sekedar gaya hidup saja. Tentukan goal Anda agar hasil yang dicapai juga dapat dirasakan oleh Anda dalam perubahan psikis dan fisik. Berikut beberapa jenis dan ragam terapi untuk kesehatan mental yang patut untuk dicoba.

Dengan modifikasi relaksasi menjadi salah satu media untuk merubah kondisi semula menjadi kondisi yang lebih baik, dengan ketenangan dan juga mengurangi ketegangan secara psikis dan fisik Anda.

Sekian penjelasan mengenai contoh relaksasi dalam modifikasi perilaku, semoga menjadi pengetahuan dan juga referensi Anda dalam melakukan relaksasi untuk kesehatan jiwa dan raga.

Sponsors Link
, , , ,