Sponsors Link

12 Cara Peduli Terhadap Diri Sendiri

Sponsors Link

Selama ini, apakah sobat sudah melewati perjalanan panjang untuk belajar cara cara peduli terhadap diri sendiri dengan baik? bagaimana dengan kemampuan sobat untuk peduli terhadap diri sendiri? Banyak di antara sobat yang belum memahami istilah ini karena masih terasa asing bagi orang orang.

ads

Kemampuan cara peduli terhadap diri sendiri yaitu gabungan dari penerimaan pribadi, penguasaan pribadi (berbeda dengan obsesi pribadi), kesadaran pribadi, kebaikan hati, dan rasa hormat pada pribadi sendiri. Cara peduli terhadap diri sendiri pribadi sendiri mencakup dua sesuatu, pemahaman dan tindakan. Agar bisa cara peduli terhadap diri sendiri, lakukan sesuatu berikut, 12 Cara Peduli Terhadap Diri Sendiri.

1. Hormati Diri Sendiri

Pertama tama Sobat harus memahami gagasan bahwa Sobat layak menghormati pribadi sendiri dan layak menerima kebaikan. Setelah itu, Sobat harus melakukan tindakan yang menunjukkan bahwa Sobat peduli terhadap diri sendiri, mampu memperlakukan pribadi Sobat dengan penuh kasih sayang dan kepedulian. Singkat kata, cara peduli terhadap diri sendiri yaitu merasa positif tentang pribadi sendiri dalam tindakan. (Baca juga mengenai penyebab galau menurut psikologi)

2. Hilangkan Keyakinan Negatif tentang Pribadi Sendiri

Banyak individu yang mengalami kesulitan untuk menghilangkan pikiran negatif tentang pribadi sendiri. Pikiran negatif ini biasanya berasal dari individu lain yang sobat hormati dan dari individu individu yang cinta dan penerimaannya sobat butuhkan. Hindari menuntut kesempurnaan. Ada individu individu yang tidak bisa menerima pribadi sendiri karena merasa ada sesuatu sesuatu yang tidak sempurna pada pribadinya. (Baca juga mengenai penyebab marah menurut psikologi)

Jika Sobat selalu ingin menjadi individu yang sempurna dan sering merasa negatif karena menganggap ada kekurangan pada pribadi Sobat, coba lakukan tiga cara berikut. Mulailah dengan menghentikan kebiasaan berpikir tentang kesempurnaan, fokuskan pribadi dengan berusaha mencapai tujuan Sobat, dan tetaplah berusaha. (Baca juga mengenai penyebab imsomnia secara psikologi)

3. Buanglah Cara Berfikir yang Negatif

Kebiasaan berfokus hanya pada sesuatu sesuatu negatif dalam kehidupan yaitu kebiasaan buruk. Perhatian yang terfokus secara berlebihan pada sesuatu sesuatu negatif atau peristiwa yang tidak menyenangkan akan membuat peristiwa tersebut terasa sangat penting secara tidak proporsional. (Baca juga mengenai penyebab psikologi terganggu)

Jika Sobat sering mengeluh semua yang Sobat alami terasa tidak menyenangkan, cobalah mencari bukti yang bertentangan dengan pendapat Sobat. Sepertinya, akan sangat kecil kemungkinannya bahwa semua sesuatu yang Sobat alami sungguh sungguh bisa dikatakan buruk. (Baca juga mengenai penyebab LGBT dalam psikologi)

4. Hindari Merendahkan Pribadi Sendiri

Merendahkan pribadi sendiri berarti menurunkan martabat Sobat dari manusia menjadi aspek tertentu yang Sobat sendiri tidak suka. Hindari menganggap akan terjadi sesuatu sesuatu yang paling buruk. Sobat biasanya mudah membuat asumsi

bahwa hasil yang terburuk akan terjadi pada setiap situasi. Akan tetapi, Sobat bisa mencegah kebiasaan menggeneralisasi atau melebih lebihkan yang menyertai asumsi bahwa akan terjadi sesuatu terburuk. Caranya yaitu dengan mengubah pola pikir sehingga Sobat bisa berpikir realistis dan sungguh sungguh.


5. Perbaiki Pola Pikir

Jika Sobat sadar bahwa Sobat sedang berpikir negatif tentang pribadi sendiri, akuilah apa yang Sobat rasakan, cari tahu apa yang menyebabkan perasaan ini, dan buatlah pernyataan baru secara sadar dengan memperbaiki pola pikir Sobat agar menjadi lebih positif.

6. Buatlah Daftar untuk Mencatat Semua Karakter Positif

Lakukan perkiraan atas karakter positif ini setiap hari. Cara ini mungkin akan sulit bagi individu individu yang terbiasa berpikir negatif tentang pribadi sendiri, tetapi cobalah mencari satu sesuatu positif dari pribadi Sobat lalu tambahkan dalam daftar ini satu kali seminggu.

Setiap malam, cobalah melakukan perkiraan atas semua karakter positif yang ada di dalam daftar. Buatlah daftar dengan menuliskan sesuatu sesuatu positif secara spesifik. Hindari menggunakan kata karakter yang umum untuk menggambarkan pribadi Sobat.

7. Tulis Tindakan Baik

Tulislah tindakan atau karakter karakter yang bisa menjelaskan secara spesifik siapa pribadi Sobat dan apa yang sudah Sobat lakukan. Sebagai contoh, bukannya menulis “Saya baik hati”, cobalah menulis “Pada saat ada teman yang sedang mengalami masalah, saya berikan bingkisan kecil yang bermanfaat untuk menunjukkan bahwa saya peduli padanya.

Tindakan ini membuat saya merasa baik hati”. Pada saat Sobat membaca dan melakukan perkiraan, ingatlah bahwa setiap pernyataan di dalam daftar ini meskipun rasanya tidak penting yaitu alasan bahwa Sobat layak dihargai dan dicintai.

8. Berikan Waktu untuk Pribadi Sobat Sebagai Hadiah

Hindari merasa bersalah karena Sobat menghabiskan waktu untuk memikirkan dan melakukan perkiraan tentang pribadi sendiri dan kehidupan Sobat. Sobat harus memberikan waktu untuk pribadi sendiri dan mengizinkan pribadi Sobat untuk cara peduli terhadap pribadi sendiri

9. Gunakan Waktu dengan Berkualitas

Dengan melakukan sesuatu yang berkualitas ini, Sobat akan lebih bisa menggunakan waktu secara lebih berkualitas dengan membantu individu lain sehingga merasa menjadi orang yang berarti dan bermanfaat.

10. Rayakan dan Berikan Hadiah Kepada Pribadi Sendiri

Ini yaitu bagian yang sangat menyenangkan dari berlatih cara peduli terhadap pribadi sendiri , memberikan hadiah kepada pribadi sendiri! Jika Sobat meraih pencapaian penting, rayakan dengan makan malam di restoran mewah kesukaan Sobat.

Ingatlah semua kerja keras yang Sobat lakukan setiap hari dan carilah alasan untuk memberikan hadiah yang menyenangkan kepada pribadi sendiri. Belilah buku atau gim video yang Sobat sukai. Putarlah acara TV atau film kesukaan Sobat. Pergilah berlibur sendirian atau nikmatilah relaksasi yang nyaman.

11. Jika Menghadapi Respon Negatif

Siapkan rencana untuk menghadapi masalah atau sikap negatif. Mencari tahu sesuatu sesuatu apa yang mungkin akan mencegah usaha Sobat untuk peduli terhadap pribadi sendiri dan tentukan cara menghadapinya. Sadarilah bahwa Sobat tidak bisa mengendalikan ucapan dan tindakan individu lain, tetapi Sobat bisa mengendalikan respon dan reaksi Sobat sendiri.

12. Terima Saran yang Baik dan Lupakan Ucapan Buruk

Mungkin Sobat akan mendengar komentar negatif dari individu individu tertentu, mungkin ibu Sobat atau atasan Sobat, yang menjerat Sobat dalam situasi negatif. Jika sesuatu ini terus terjadi, cobalah mencari tahu apa sebabnya. Tentukan cara yang akan


Sobat lakukan untuk menghadapi pikiran negatif. Mungkin Sobat perlu menyediakan waktu untuk bermeditasi atau berlatih pernapasan. Akuilah perasaan Sobat dan ubahlah reaksi negatif menggunakan pengingat positif tentang kebaikan pribadi Sobat.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga menjadi wawasan bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya ya sobat, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,