Sponsors Link

13 Cara Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri

Sponsors Link

Ada beberapa alasan seseorang yang memiliki rasa tidak percaya diri pada hidupnya, hal tersebut juga bisa saja dikarenakan perasaan tidak yakin, selalu merasa nervous, adanya tekanan di dalam diri ataupun rasa rendah diri yang seringkali muncul pada dirinya, meskipun hal tersebut masih sangat lumrah, namun apabila rasa tidak percaya diri sampai bisa menganggu pergaulan dan kehidupan bersosialisasi tentulah tidak akan baik, sehingga anda sendiri pun harus mencari cara agar bisa mengatasi rasa tidak percaya diri pada diri anda.

ads

Adapun menurut teori kepercayaan diri dan ciri-ciri seseorang yang memiliki rasa kurang percaya diri biasanya selalu memiliki fikiran yang negatif baik pada diri sendiri maupun pada orang lain. orang tersebut juga cenderung lebih suka menyendiri dibandingkan dengan bergaul dengan banyak orang, sehingga akan sangat kesulitan untuk membuka diri dengan orang lain. orang tersebut pun akan terlihat salah tingkah dan juga kaku apabila berhadapan dengan orang lain, tentu sikap yang seperti ini memang dibutuhkan perubahan agar tidak terjadi secara terus menerus..

Lalu bagaimana  cara untuk mengatasi rasa minder atau kurang percaya diri? untuk itu dalam artikel kali ini kita akan sedikit membahas mengenai cara agar bisa mengatasi rasa kurang percaya diri yang terkadang dimiliki oleh beberapa orang diantaranya:

  1. Berfikir positif

Banyak diantaranya yang memiliki rasa tidak percaya diri dikarenakan fikiran negatif yang ada pada dirinya, untuk itu ada baiknya anda hilangkan semua hal buruk yang selalu anda fikirkan, karena hal tersebut pun belum tentu akan terjadi. Dengan memiliki fikiran yang positif tentu akan mendatangkan hal-hal yang positif pada diri anda. sehingga anda pun akan mampu mengatasi rasa minder atau kurang percaya diri yang sedang anda hadapi.

  1. Menghargai diri sendiri

Sebenarnya cara membahagiakan diri sendiri itu sangatlah mudah, yang pertama adalah hargai diri anda sendiri, nah dengan cara ini pun bisa mengatasi rasa kurang percaya diri yang seringkali terjadi pada seseorang. Bertemanlah dengan orang sebaik mungkin sehingga hal tersebut pun mampu membuat rasa kurang percaya diri yang ada pada diri anda menjadi berkurang. Anda juga perlu menghargai diri anda sendiri, sehingga hal ini akan membantu anda pula untuk menghargai diri sendiri.

  1. Melakukan introspeksi diri

Apabila seseorang merasa tidak percaya diri, biasanya orang tersebut tidak menyadari potensi yang ada di dalam dirinya, untuk itu sebaiknya agar bisa mengatasi hal tersebut kembangkan apa yang ada di dalam diri anda, sehingga anda pun mampu untuk mengatasi dan juga memperbaiki apa saja yang kurang pada diri anda, karena setiap manusia memang kepribadian yang unik dan tentunya berbeda-beda.

  1. Mengenali diri anda sebenarnya

Langkah yang paling sulit agar bisa mengurangi rasa kurang percaya diri adalah dengan mengenali diri anda yang sebenarnya.  Dengan dapat mengenali diri sendiri juga merupakan sebuah proses yang di dalamnya bisa membantu kejujuran pada diri anda dan juga melakukan introspeksi dalam melakukan evaluasi diri. Dengan jujur pada diri sendiri pun mampu membuat anda mengetahui apa saja kelebihan ya ada di dalam diri anda, dan , hal apa saja yang bisa dibenahi dan juga dikembangkan lagi.

Dengan mengetahui diri anda dengan baik juga bisa menjadi langkah yang tepat agar bisa masuk ke dalam kehidupan social. Sehingga apabila kita bisa mengenal diri kita dengan baik nantinya kesadaran yang ada pada diri kita akan diketahui oleh orang lain.

  1. Menghargai pencapaian diri anda

Memberikan penghargaan pada diri sendiri merupakan langkah dan juga cara yang baik agar bisa mengatasi rasa kurang percaya diri. Dengan mensyukuri pecapaian apa saja yang sudah anda dapatkan meski hal tersbeut sangat kecil akan membuat anda jauh lebih menghargai apa yang dianugrahkan pada diri anda.


  1. Melakukan peningkatan pengetahuan

Memiliki pengetahuan yang melebihi dari orang lain tentu saja bisa dijadikan sebagai sebuah kekuatan. Dengan menyerap informasi sebanyak-banyaknya tentu bisa sangat berguna dan juga membuat pengetahuan anda menjadi lebih tajam dan juga baik. Dengan memiliki pengetahuan yang melebihi orang lain juga bisa sangat bermanfaat agar wawasan yang anda miliki semakin mengalami peningkatan, hal tersebut tentu bisa dijadikans ebagai sarana dalam hal meningkatkan rasa percaya diri. Khususnya dalam pergaulan dan juga pendidikan yang anda miliki.

  1. Jangan takut mencoba sesuatu yang baru.

Dengan menemukan hal yang baru dan melakukan hal tersebut tentu akan membuat kepercayaan diri anda semakin meningkat. Hal tersebut juga sangat penting dilakukan agar nantinya bisa membuat anda mengatasi rasa ketidak percayaan diri yang terkadang timbul dan dimiliki oleh sebagian orang.

  1. Berbuat baik

Dengan selalu melakukan hal baik dan juga berbuat baik pada orang lain tentu akan bisa membuat rasa kepercayaan diri anda muncul kembali. Hal tersebut juga berhubungan dengan hal positif yang anda lakukan pada orang lain, secara otomatis kepercayaan diri akan meningkat dan membuat anda dapat mengatasi rasa kurang percaya diri yang muncul.

  1. Menemukan kelebihan yang ada pada diri anda

Jika seseorang memiliki kelebihan dibandingkan orang lain tentu hal tersbeut bisa lebih meningkatkan rasa kepercayaan diri pada diri orang tersebut. Untuk itu sebaiknya anda temukan  cara meningkatkan rasa percaya diri  dan juga minat atau sebuah kelebihan yang anda miiki, karena hal tersebut mampu membuat rasa kurang percaya diri anda teratasi dan juga sedikit demi sedikit berkurang.

  1. Sering melakukan interaksi

Agar bisa mengatasi rasa kurang percaya diri ada baiknya anda sering-sering melakukan interaksi dengan orang lain. Hal tesebut juga mampu membuat anda keluar dari zona nyaman yang sedang anda hadapi, karena dengan sering melakukan interaksi juga bisa membuat perasaan minder atau kurang percaya diri akan berkurang dengan sendiri, hal tersebut juga mampu menghilangkan rasa tidak nyaman pada diri anda nantinya.


  1. Mengubah penampilan

Melakukan perubahan pada diri sendiri bukan berarti anda melakukan perubahan yang secara signifikan pada diri anda, untuk itu anda uga bisa melakukan banyak perubahan dan juga memberikan energy positif khususnya untuk diri anda. bahkan dengan memiliki penampilan yang menarik juga ternyata mampu membuat kepercayaan diri seseorang semakin tinggi.

  1. Berperan aktif pada lingkungan

Jika anda masuk ke dalam sebuah organisasi dan juga berperan aktif di dalamnya tentu hal tersebut pun mampu membuat diri anda lebih sering melakukan interaksi, dan secara tidak langsung tentunya bisa mmebuat kepercayaan diri pada diri anda semakin tinggi

  1. Menjadi diri sendiri

Dengan menjadi diri sendiri  dan mencari cara percaya terhadap diri sendiri membuat anda pun bisa menumbuhkan rasa percaya diri timbul dan membuat rasa minder yag anda miliki semakin berkurang, untuk itu sebaiknya jangan pernah merubah diri anda Nampak seperti orang lain, karena hal tersebut malah akan membuat diri anda semakin minder dan tidak yakin pada diri sendiri. Lakukanlah hal yang menurut anda baik dan juga positif serta menjadikan diri anda sebagai sebuah kelebihan yang dimiliki.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Sosial