Sponsors Link

10 Pengaruh Musik Terhadap Jiwa Manusia

Sponsors Link

Musik adalah salah satu yang paling banyak diminati oleh seluruh lapisan masyarakat dunia. Lewat musik biasanya kita akan mendapatkan ketenangan jiwa. Musik sendiri merupakan salah satu seni yang melukiskan pemikiran dan perasaan manusia. Melukiskannya lewat keindahan nada atau suara dengan konsep dan tehnik tertentu.

ads

Musik tercipta karena seseorang yang mempunyai bakat tertentu dalam hal musik. Bakat dalam mengekspresikan ide yang bisa muncul secara seketika atau melalui perencanaan. Seperti halnya ragam seni lain, musik merupakan refleksi perasaan suatu individu atau masyarakat. (Baca juga mengenai manfaat musik dalam psikoterapi dan konseling).

Musik bukan berarti tidak ada hubungannya dengan psikologi seseorang. Nyatanya musik dan psikologi kejiwaan manusia memiliki hubungan yang erat. Musik dan Psikologi dapat dianggap sebagai cabang psikologi atau cabang musikologi. Ilmu ini bertujuan menjelaskan dan memahami perilaku dan pengalaman musik. (Baca juga mengenai pengaruh musik terhadap emosi remaja).

Musik dan Psikologi modern lebih bersifat empiris atau dikumpulkan melalui observasi sistematik dan interaksi dengan manusia. Psikologi manusia adalah bidang penelitian dengan relevansi praktis untuk pertunjukan musik, komposisi musik, pendidikan musik, pengobatan musik, dan terapi musik. Oleh sebab itu musik memiliki pengaruh yang besar terhadap kejiwaan seseorang. (Baca juga mengenai ciri ciri anak kurang konsentrasi)

Berbagai penelitian dilakukan untuk membuktikan pengaruh musik terhadap kejiwaan manusia. Hasil penelitian yang dilakukan Lembaga Aplikasi Musik di Iran mengenai fungsi terapan musik terhadap kesehatan fisik dan mental manusia menunjukkan bahwa terapi musik bisa menjadi metode penyembuhan baru pada gangguan mental di kalangan anak-anak cacat mental. (Baca juga mengenai faktor psikologis dalam masalah sosial).

Penelitian itu membuktikan, terapi musik bisa meningkatkan rasa percaya diri dan mengontrol tindakan hyperaktif di kalangan anak-anak cacat mental serta bisa menciptakan perubahan mental dan perilaku yang signifikan. (Baca juga mengenai gejala sosial dalam bidang psikologi).

Dr. Ali Zadeh Muhammadi, seorang psikolog klinis yang sudah hampir 20 tahun melakukan penelitian dan praktek terapi musik. Menurutnya, selain jenis musik, alat musik juga punya peranan penting. Untuk langkah awal, sebaiknya menggunakan jenis alat musik ritmik seperti jenis instrument musik pukul.

Dr Ali Zadeh berpendapat, anak-anak cacat mental tidak bisa diajari dengan alat-alat musik yang rumit semacam gitar. Tapi mesti dengan instrumen yang sederhana dan mudah dimainkan serta cepat menjalin hubungan. Ditambahkannya, musik di kalangan orang-orang tuna netra memiliki pengaruh yang sangat ajaib, khususnya terhadap daya pendengaran mereka, sehingga banyak berpengaruh positif terhadap kualitas hidupnnya.

Berikut 10 pengaruh musik terhadap jiwa manusia.

1. RasaPercaya Diri

Mendengarkan musik menjadikan hidup Kita lebih percaya diri dengan berkembangnya intelektual serta pengetahuan bagi kita. Musik dan Psikologi akan bermanfaat bagi siapa saja yang mendengarkannya. Baik itu untuk anak-anak, orang dewasa maupun orang tua. Bahkan dalam proses perkembangan janin dan bayi, musik juga sangat bermanfaat bagi janin dan bayi.

2. Ketenangan Hati

Orang yang suka mendengarkan musik akan memiliki kondisi psikologis yang tenang. Jiwa mereka terasa direfres terus, sehingga dalam beraktivitas, kita akan lebih semangat dan lebih tenang.


3. Konsentrasi

Musik dapat mengembalikan berkonsentrasi. Serta bisa mencapai keadaan yang benar-benar rileks saat Kita sedang mengalami kegelisahan atau rasa cemas. Musik dan Psikologi.

4. Bekerja pada Sel Syaraf

Musik, sesuai dengan susunan interval dan ritmenya memiliki refleksi khusus yang bisa merangsang sel-sel saraf sehingga perasaan manusia bisa diperlemah, diperkuat ataupun dialihkan.

5. Kesehatan Fisik

Musik terbukti berpengaruh pada sistem saraf sensorik-motorik, sistem saraf sadar, dan sel saraf lain. Hasil penelitian yang dilakukan Lembaga Aplikasi Musik di Iran mengenai fungsi terapan musik terhadap kesehatan fisik dan mental manusia menunjukkan bahwa terapi musik bisa menjadi metode penyembuhan baru,

pada gangguan mental di kalangan anak-anak cacat mental. Penelitian itu membuktikan, terapi musik bisa meningkatkan rasa percaya diri dan mengontrol tindakan hyperaktif di kalangan anak-anak cacat mental serta bisa menciptakan perubahan mental dan perilaku yang signifikan.

6. Menyembuhkan Stress

Musik bertema trance adalah jenis musik yang mengandung ungkapan rasa ceria yang luar biasa. Jenis musik semacam itu cocok untuk menyembuhkan orang yang mengalami tekanan mental atau stress.

7. Berhubungan dengan Semangat

Musik yang berirama melow dan melankolis merupakan jenis musik yang menyayat perasaan. Musik semacam itu bisa menurunkan asupan sejumlah komposisi kimia dalam otak. Musik bertema melankolis dalam kondisi normal bisa mengurangi rasa sakit dan nyeri. Sementara jika didengar di saat sedih, bisa mempermudah bagi seseorang untuk menahan rasa duka. Namun, penggunaan musik bertema seperti itu secara berlebihan bisa menurunkan semangat dan kebencian.

8. Meningkatkan Gerak Badan

Musik bertema semangat merupakan jenis musik yang bisa membangkitkan reaksi kuat dan cepat yang disertai dengan tanggapan fisiologis. Para komposer musik menggunakan tema semacam itu untuk meningkatkan gerakan badan. Jenis musik ini sangat diminati kalangan muda. Jika dimanfaatkan secara tepat, jenis musik ini bisa berdampak positif dan meningkatkan semangat.

9. Meningkatkan Daya Kerja

Jenis keempat adalah musik yang bernada ceria dengan sentuhan irama yang menenangkan. Musik seperti ini bisa meningkatkan gairah hidup dan memunculkan perasaan positif, sehingga bisa meningkatkan daya kerja. Jenis musik ini juga sangat bermanfaat untuk membangkitkan semangat dan keceriaan di kalangan anak-anak ataupun remaja.

10. Relaksasi

Jenis yang terakhir adalah musik relaksasi. Musik ini bernuansa lembut, monoton, dan datar. Kelembutan musiknya itu bisa menenangkan perasaan dan emosi manusia. Musik jenis ini dimanfaatkan untuk meningkatkan konsentrasi dan menyeimbangkan emosi.

Berbagai penelitian yang dilakukan untuk membuktikan pengaruh musik terhadap kejiwaan seseorang. Dan  hasilnya bahwa mendengarkan musik kita sudah banyak mendapatkan manfaat bagi kesehatan jiwa kita. Musik yang kita sukai akan membawa kita ke dalam alam bawah sadar dan membuat kita menjadi tenang, masalah menjadi hilang, stress berkurang, semangat meningkat hasilnya kesehatan fisik maupun jiwa pun menjadi baik.

Sebenarnya dari hobi atau hal yang kita sukai dapat membantu kita untuk mendapatkan ketenangan. Ada sebagian orang berusaha memperolehnya dengan mendengarkan musik, ada yang dengan membaca buku, melakukan wisata alam, atau bahkan hanya sekedar makan dan tidur.

Tetapi perlu diingatkan jangan jadikan hal seperti musik atau yang lainnya sebagai sumber utama ketenangan jiwa kita. Karena sesungguhnya ketenangan jiwa yang hakiki adalah dengan cara lebih mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa.

Demikian yang dapat disampaikan penulis, semoga menjadi wawasan yang berkualitas untuk anda. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,