Sponsors Link

13 Pengaruh Budaya Dalam Perkembangan Remaja

Sponsors Link

Di dalam kehidupan sosial yang namanya kebudayaan tidak akan pernah lepas dari diri pribadi seseorang, khusunya untuk para remaja yang memiliki pola fikir dan tindakan masih dalam taraf ketidak seimbangan, maka untuk itu dibutuhkan proses belajar yang cukup panjang agar lebih memahami dari tingkah laku, pola pikir, dam juga gagasan dari tindakan yang dilakukan oleh manusia.

ads

Kebudayaan sendiri sangat berperan dalam menyumbangkan norma-norma kehidupan, pola pikir serta tingkah laku yang dilakukan oleh seorang remaja, meskipun satu dengan yang lainnya memiliki perbedaan, namun, dari proses sosialisasi tentu yang namanya kebudayaan akan dipengaruhi dari lingkungan masa kecil anak- anak tersebut.

Karena hal itu semua sudah dapat tererlihat dari kepribadian yang sudah ditanmakan sejak mereka masih sangat kecil, yang mereka dapatkan dari lingkungan keluarga dan juga bisa dipengaruhi dari agama, kelas sosial dan juga cara hidupnya.

Kebudayaan sendiri memiliki pengertian mengenai cara hidup yang dapat berkembang dan dimiliki secara bersama oleh sebuah kelompok orang yang kemudian diwariskan dari generasi ke generasi, budaya yang merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari diri manusia sehingga banyak juga orang yang menganggapnya di wariskan secara genetis.

Di Indonesia sendiri memiliki banyak beragam budaya, salah satunya yaitu budaya masa kini yang berkembang di dalam kehidupan remaja.

Dari kebudayaan indonesia sendiri sangat kental dengan sebuah perilaku yang ramah, sopan santun dan juga saling menghargai satu sama lainnya, sehingga akan sangat mudah dalam menjalin tali persaudaraan.

Di Indonesia sendiri sayangnya kebudayaan tersebut sudah mulai memudar, seiring dengan berjalannya waktu pengaruh budaya bagi kesehatan mental dan banyaknya budaya asing yang masuk ke indonesia, membuat kebdayaan kita teriris oleh perkembangan jaman dan teknologi. sehingga banyak juga para remaja yang melupakan kebudayaan nya sendiri. Berikut 13 pengaruh perkembangan budaya pada remaja, diantaranya.

  1. Terkikisnya nilai budaya tradisonal

Jaman sekarang, para remaja lebih bangga akan budaya asing yang masuk ke dalam kebudayaan kita, khusunya nilai-nilai tradisional yang sudah di gunakan sejak jaman dahulu kala.

Misalnya anak remaja masa kini lebih senang menonton film-flm barat dibandingkan flm kebudayaan bangsanya sendiri, mereka lebih bangga menonton flm luar yang menunjukan kepribadian pergaulan bebas yang sangat bertolak belakang dengan budaya Indonesia.

  1. Melupakan makanan tradisional

Anak- anak remaja kini lebih suka mengkonsumsi makanan-makanan luar seperti  restoran junk food yang sudah mulai bertebaran di mall, mungkin ada kebanggan tersendiri saat memakan makanan tersebut sementara merupakan makanan khas tradisional bangsanya sendiri, padahal belum tentu makanan junk foof tersebut lebih sehat dibanding makanan tradisional  sendiri.

  1. Latah dalam berpakaian

Remaja saat ini bisa dikatakan selalu mengikuti trend budaya luar dalam hal penampilan, mungkin mereka takut dikatakan kampungan, apabila tidak mengikuti cara berpakaian yang menjadi trend di kalangan para remaja, padahal ini sebenarnya sangat tidak sesuai dengan kebudayaan bangsa Indonesia yang selalu menganut budaya kesopanan dalam hal berpakaian.


  1. Pergaulan bebas

Kehidupan remaja yang bergejolak dan banyak pengaruh dari lingkungan tentu akan mempengaruhi sifat dan tingkah lakunya juga, bahkan sampai ada yang melakukan pergaulan bebas dengan perilaku yang menyimpang, hal itu semua tentu merupakan ciri dari pergaulan luar dan bukan dari budaya Negara kita,untuk itu diperlukan cara menghindari pergaulan bebas pada remaja .

Karena pada umumnya tingkah laku remaja yang selalu ikut-ikutan seperti itu, tidak bisa selektif dalam memilih pergaulannya sendiri karena banyaknya pengaruh dari lingkungan di sekitarnya, sehingga membuatnya jadi seperti itu.

  1. Menurunnya nilai moral keagamaan

Remaja yang merasa dirinya harus selalu mengikuti perkembangan jaman, mungkin akan gengsi jika selalu mengikuti kebudayaan sediri yang mereka anggap jauh dari kata modern, sehingga hal ini akan menurunkan nilai moral psikologi agama mereka sendiri, bahkan kegiatan mengaji sehabis magrib yang biasa dilakukan oleh anak-anak jaman dahulu sekarang sudah mulai jarang terlihat.

Para remaja lebih memilih pergi ke mall bersama teman dan menghabiskan waktu mereka dengan jalan-jalan dan menghabiskan uang.

  1. Penampilan yang ikut-ikutan

Penampilan seperti rambut di cat warna warni, bola mata memakai soft lensa tentu bukanlah adat budaya dari bangsa Indonesia, namun para remaja jaman sekarang cenderung memilih gaya penampilan layaknya anak-anak remaja di luar negri.

Mereka lebih bangga mengenakan hal-hal yang berkaitan erat dengan budaya luar, dimana kebudayaannya sendiri mencerminkan kelakuan yang sangat berbeda dengan bangsa kita.

  1. Pudarnya norma sopan santun

Budaya Indonesia sendiri selalu mengajarkan norma sopan santun pada yang lebih tua dalam segi usia, namun anak- anak remaja jaman sekarang cenderung lebih memilih mengikuti budaya asing, yang jauh dari kata nilai kesopanan.

Contohnya saja dalam hal penyebutan nama pada yang lebih tua tidak mengesankan terdapat nilai sopan santun, karena selalu menyebut nama langsung tanpa ada tambahan imbuhan kata di depan nama tersebut.

  1. Kemajuan teknologi

Meski banyak sisi negatifnya dalam mengkitu perkembangan budaya, namun masih ada sisi positif yang bisa diambil dari pengaruh perkembangan budaya tersebut, contohnya saja dalam hal teknologi.  Karena seiring perkembangan jaman tentunya ilmu teknologi semakin maju dan canggih.

Sehingga banyak anak-anak remaja Indonesia yang memiliki prestasi dalam hal kemajuan teknologi, untuk itu kita bisa mengambil hal positif dari pengeruh perkembangan jaman tersebut.

  1. System pengetahuan

Perkembangan jaman tentu akan mempengaruhi dalam hal ilmu pengetahuan, sisi positif lainnya yang dapat kia ambil adalah ilmu pengetahuan yang semakin maju, sehingga dapat lebih mencerdaskan anak bangsa yang dapat mengikuti perkembangan jaman yang semakin pesat seperti sekarang ini.

  1. Kesenian budaya memudar

Anak remaja jaman sekarang cenderung lebih memilih budaya kesenian luar dibandingkan negaranya sendiri, mereka lebih menyukai hal-hal yang modern sehingga hal ini dapat berimbas dari kesenian budaya dalam negeri yang pudar tergerus oleh perkembangan jaman yang modern seperti saat ini

  1. Mempengaruhi bahasa

Tentu kita sudah sangat sering melihat anak-anak kecil atau bahkan remaja di kota kota lebih banyak yang menggunakan bahasa asing daripada bahasa daerahnya sendiri, malah kebanyakan orang tua lebih bangga ankanya mempelajari dan bicara bahasa asing daripada berbicara menggunakan bahasa daerahnya sendiri.

  1. Berkurangnya waktu belajar

Remaja saat ini kebanyakn lebih memilih menghabiskan waktu mereka dengan gadget, bermain game atau sekedar bermain social media sehingga tentu waktu belajar mereka akan banyak berkurang dengan penagruh-pengaruh tersebut, sayangnya masih banyak orang tua juga yang belum menyadarinya, bahwa anak remaja masih perlu dibimbing, karena ha ini demi masa depannya kelak

  1. Tingkah laku

Tingkah laku anak-anak remaja jaman sekarang juga lebih cenderung pada hal yang tidak sesuai dengan aturan norma kebudayaan bangsa, mereka lebih senang mengikuti arus perkembangan jaman yang sesungguhnya tidak semua memiliki nilai positif, untuk itu peran penting psikologi keluarga dan juga psikologi social yang perlu diterapkan di dalam lingkungannya.

Demikian penjelasan terkait apa saja pengaruh budaya dalam perkembangan remaja yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Sosial