Sponsors Link

13 Ciri-Ciri Skizofrenia Paranoid Mudah Dikenali

Sponsors Link

Penyakit yang seringkali menyebabkan seseorang menjadi ketakutan, diluar batas dan sejenisnya adalah Skizofrenia. Dimana penyakit ini dibagi dalam berbagai jenis dan salah satunya adalah skizofrenia paranoid. Skizofrenia paranoid yaitu salah satu Tanda-Tanda Depresi yang bisa dilihat dengan mudah. Selain itu, skizofrenia memang penyakit Depresi dalam Psikologi  yang cukup dipelajari dan didalami.

ads

Selain itu, skizofrenia paranoid yaitu suatu penyakit mental yang kronis di mana seseorang kehilangan kontak dengan kenyataan/ realitas (psikosis). Gambaran umum dari skizofrenia paranoid adalah adanya delusi (waham) dan mendengar hal-hal yang tidak nyata dan seringkali mereka sulit membedakan dan sulit memisahkan dengan baik.

Selain dari kejelasan skizofrenia, ada beberapa tanda atau gejala ataupun ciri yang bisa anda kenali. Diantaranya :

1. Mengisolasi diri

Mengisolasi diri dan juga takut akan dunia luar atau orang lain seringkali menyebabkan penderita mengalami hal yang bermasalah dan juga diluar batas. Mengisolasi diri disini karena mereka takut akan berbagai hal seperti disakiti, orang lain ingin membunuh mereka dan lainnya.

2. Irasional atau meyakini sesuatu yang aneh atau ganjil

Irasional seringkali terjadi pada skizofrenia paranoid. Mereka mengatakan hal yang tidak terjadi dan mengada-ngada. Semua itu bukan untuk menarik perhatian melainkan untuk menyatakan bahwa mereka merasa ada yang aneh dan merasa ketakutan dengan hal tersebut. Selain itu, ada juga hal yang seringkali menyebabkan mereka mengatakan hal irasional. Skizofrenia tak tahu batasan antara dunia nyata dan tidak.

3. Peningkatan paranoid atau mempertanyakan motivasi orang lain

Skizofrenia paranoid akan memiliki gejala sesuai dengan namanya. Dimana mereka akan mengalami perasaan kacau dan ketakutan yang luar biasa.

4. Mudah emosi

Orang yang menderita skizofrenia mengalami emosi yang mengambang dan naik turun dengan drastis. Tak jarang karena hal ini yang menyebabkan mereka sulit mendapat teman atau membuat orang lain justru merasa takut. Dengan begitu mudah emosi skizofrenia tak pernah membawa mereka ke kondisi yang tenang.

5. Permusuhan atau kecurigaan

Sebab penderita gangguan skizofrenia adalah permusuhan dan kecurigaan yang tinggi yang bahkan tidak terpikirkan oleh orang normal. Hal ini disebabkan karena kejiwaan mereka yang terganggu dan paranoid yang sangat tinggi sehingga menyebabkan penderita juga jadi anti sosial.

Baca juga:


6. Peningkatan ketergantungan pada obat-obatan

Karena rasa khawatir yang berlebih, tak jarang orang yang menderita skizofrenia merasa cemas dan tidak bisa menahan rasa cemas mereka. Dengan begitu agar tenang dan mencoba untuk lupa dengan hal yang menuntut atau memaksa mereka untuk terus khawatir, sering penderita skizofrenia mengonsumsi oba-obatan dan juga alkohol sebagai bahan penenang. Meskipun begitu, dengan menggunakan obat memang hanya mendapat kenikmatan sesaat dan akhirnya mereka kembali pada rasa khawatirnya.

7. Kurangnya motivasi

Skizofrenia paranoid akan mencoba mencari alasan untuk melakukan hal-hal yang tidak mau ia lakukan. Biasanya ia akan beralasan atau berkelit dan mencoba mencari celah untuk bisa mundur atau lari dari orang lain atau permintaan orang lain. Hal ini yang menyebabkan banyak sekali skizofrenia menjadi kurang termotivasi.

8. Berbicara dengan cara yang aneh tidak seperti diri mereka sendiri

Anda mungkin beberapa kali memergoki para penderita skizofrenia menampilkan cara bicara yang bukan mereka atau cara bicara yang aneh, bahkan tak jarang melantur dan tidak jelas. Hal ini disebabkan rasa khawatir tingkat tinggi yang membuat mereka mengatakan hal aneh dan tidak terkontrol.

9. Sering tertawa pada waktu yang tidak tepat

Tertawa memang menyehatkan, namun tertawa saat tidak tepat tentu akan membuat aneh orang lain. Tak jarang membuat orang lain merasa ada yang salah pada anda atau bahkan mereka marah karena dianggap mentertawakan. Padahal orang skizofrenia merasa kesulitan mengontrol cara tertawa mereka dan seringkali pada waktu yang salah karena mereka tidak bisa membedakan momen membahagiakan, menyedihkan dan sebagainya.

10. Insomnia atau susah tidur

Manusia normal saja akan merasa sulit tidur jika sedang khawatir apalagi skizofrenia dengan masalah akut paranoid. Hal ini terjadi karena tingkat khawatir mereka yang tidak bisa ditoleransi lagi. Sehingga insomnia atau susah tidur akan mereka obati dengan obat-obatan atau terapi.

Baca juga :


11. Penurunan dalam penampilan pribadi dan kebersihan

Tidak ada waktu bagi mereka memperhatikan penampilan.Ketakutan merekalah yang terbesar dan dianggap bisa membahayakan mereka. Maka tak aneh atau tak jarang jika banyak skizofrenia akut dan skizofrenia paranoid yang tidak mementingkan penampilan dan terlihat semraut.

12. Makan Sulit

Skizofrenia paranoid akan merasakan sulit makan atau nafsu makan yang hilang. Bukan tanpa sebab, mereka tidak mau membuang waktu untuk makan dan membiarkan ketakutan mengejar mereka atau disebutnya sebagai “kesempatan untuk meraih mereka”. Karena para penderita skizofrenia akan berusaha untuk tidak membuat celah atau kesalahan.

13. Menganggap Semua Sama

Apapun masalah dan bentuknya atau orangnya bagi orang yang menderita skizofrenia akan menakutkan, membahayakan dan sebagainya. Semua  bentuk sama bahkan orang terdekat sekalipun seperti keluarga atau bahkan pasangan hidupnya. Mereka bisa saja membunuh atau membahayakan orang disekitar.

Demikian penjelasan terkait beberapa ciri – ciri skizofrenia paranoid yang bisa dideteksi sedari dini agar bisa dengan cepat untuk diatasi. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gangguan Psikologi