Sponsors Link

13 Cara Menjaga Kerukunan Dalam Keluarga

Sponsors Link

Persoalan rumah tangga selalu datang silih berganti, mulai dari masalah yang kecil, bahkan masalah yang bisa dikatakan besar. dalam hal ini keharmonisan diantara pasangan tentu saja harus dijaga, karena keharmonisan merupakan kunci dari rumah tangga bahagia.

ads

Jika anda sering mengalami pertengkaran di dalam rumah tangga, bukan tidak mungkin perpisahan akan menjadi jalan keluar. tentu siappaun tidak menginginkan hal tersebut. untuk itu sangatlah penting untuk saling menjaga keharmonisan diantara satu sama lain.

Perpisahan terkadang selalu dijdikan solusi yang terbaik, padahal dengan keputusan tersebt akan banyak sekali yang terluka. mulai dari anak-anak, bahkan orang tua masing-masing. anak- anak bisa saja menjadi korban akibat keegosisan kedua orang tua nya, untuk itu jangan sampai hal tersebut menimpa pada keluarga anda.

Sebaiknya anda harus mencari cara bagaimana untuk menyelesaikan cara terbaik untuk mencari solusi dari semua permasalahan yang ada. psikologis keluarga pun dalam hal ini akan snagat membantu.

Kehidupan beurmah tangga memang tidak akan jauh dari konflik untuk itu la perlunya rasa kasih sayang dan cinta diantara sesama pasangan, dan juga snagat penting mencari cara memupuk cinta dalam rumah tangga agar hal yang tidak diinginkan tidak akan terjadi. untuk itu dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai 13 cara menjaga kerukunan dalam keluarga. diantaranya.

  1. Saling memahami satu sama lain.

Terkadang pertengkaran di rumah tangga muncul karena satu sama lain diantara pasangan tidak dapat saling memahami, padahal dnegan memahami satu sama lain akan menjalin keharmonisan di dalam berumah tangga. Dimana tugas masing-maisng harus diberikan. Mislanya tugas utama suami adalah mencari nafkah, sedangkan tugas utama sang istri adalah mengatur rumah tangga.

Saling memahami juga bisa dicontohkan dnegan saling mmebantu pekerjaan masing-masing, misalkan istri sedang sibuk memasak, dan anak sedang rewel malah anda asik bermain game. Hal ini pasti akan membuat istri anda emosi. Nah, hal ini lah yang biasanya akan muncul ketidakharmonisan.

  1. Saling percaya satu sama lain

Sebuah hubungan tanpa rasa percaya tidak akan akan terjalin keharmonisan, karena kepercayaan diantara pasangan sangatlah penting. Anda juga harus bisa menjaga kepercayaan amsing-masing diantara pasangan. Karena yang namanya membangun kepercayaanitu tidak lah mudah. Sekalinya anda melakukan penghianatan, tentu saja rasa saling percaya diantara pasangan akan hilang. karena dampak psikologis perselingkungan pria dan wanita akan berimbas kandasnya hubungan.

  1. Saling menghargai.

Di dalam kehidupan berumah tangga yang namanya menyatukan dua fikiran yang berbeda tentu saja tidaklah mudah, untuk itu anda harus saling memahami satu sama lain, dan menghargai sifat masing-masing dari pasangan. Mislanya saja bentuk penghargaan istri kepada suami adalah bersikap sopan dan menghormatinya, dan sebagai suami pun harus sebaliknya, menghargai istri dan jangan pernah memaksakan kehendak. karena makna cinta dalam psikologi adalah saling menghargai.

  1. Menjaga komunikasi

Komunikasi di dalam hubungan tentu saja merupakan hal yang paling penting,karena tanpa komunikasi yang baik, keharmonisan diantara kehidupan rumah tangga tidak akan terjadi, oleh karena itu sangatlah penting untuk selalu memberi kabar dimanapun anda berada, sehingga  dengan begitu keharmonisan di rumah tangga akan terjadi. karena tips bahagia di dalam rumah tangga selamanya, salah satunya adalah komunikais.

  1. Menjaga perasaan

Menjaga perasaan diantara pasangan sangatlah penting. Untuk itu diperlukan  hal- hal yang memang membuat sesame pasangan saling menjaga perasaan. Misalnya saja jangan pernah mengatakan sesuatu yang membuat tersinggung perasaan istri anda. Mungkin menurut anda itu adalah hal sepele, namun jika dimata istri anda hal yang anda katakana bisa menyinggung perasannya, mungkin akan terjadi kesalahpahaman dan malah menimbulkan pertengkaran nantinya.


  1. Saling mengingatkan

Untuk menjaga keharonisan rumah tangga tentu saja bukan hal yang harus dilakukan satu pihak saja, hal ini juga perlu bantuan dari keduanya.

Agar terjalin keharmonisan itu sendiri. Untuk itu di dalam berumah tangga tentu saja harus saling mengingatkan, mislanya anda yang selalu mengingatkan istri untuk bisa mengatur rumah tangga dan menjaga ank-anak dnegan baik, dan anda pun sebagai istri harus selalu mengingatkan suami untuk selalu bekerja di jalan yang di ridhoi allah.

  1. Jujur satu sama lain

Perbedaan pendapat kerap kali terjadi diantara pasangan,  untuk itu agar mendapatkan rumah tangga yang harmonis dan  dan juga bahagia perlu sikap saling terbuka dan jujur satu sama lain. Karena kejujura diantara pasangan merupakan pondasi yang sangat kuat untuk emnciptakan rumah tangga yang harmonis dan juga bahagia.

  1. Berusaha menyenangkan pasangan

Menyenangkan pasangan bukan hanya dilakukan dengan cara memberi hadiah yang mahal saja, namun menyenangkan pasangan bisa anda lakukan dengan saling memebri support atau bahkan pujian masing-masing. Mislanya saja istri anda sedang memasak makanan kesukaan anda, tidak ada salahnya anda mmeuji masakannya yang enak, dnegan begitu istri akan merasa sangat bahagia. Mulai dari hal kecil saja anda pun bisa menyenangkan pasangan.

  1. Peduli satu sama lain.

Saling peduli diantara pasangan merupakan wujud nyata dari cinta kasih di rumah tangga. Untuk itu agar terjadin keharmonisan diantara rumah tangga, anda harus menjaga sikap slaing peduli satu sama lain. Mislakan istri atau suami sedang sakit, tentu anda harus merawatnya dnegan penuh kasih sayang, karena dengan saling peduli, akan membuat keharmonisan di rumah tangga akan terjaga.

  1. Bersyukur

Agar dapat menjaga keharmonisan di rumah tangga, bersyukur adakah hal yang paling penting. Anda harus bersyukur  karena tuhan telah memberikan pasnagan sebaik pasangan anda.

Meski tekadang terjaid pertengkaran kecil, setidaknya anda harus dapat ebrsyukur, karena istri anda merupakan wanita yang anda pilih , dan berusaha anda yakinkan untuk dapat hidup bersama anda. Untuk itu rasa bersyukur diantara pasangan tentu saja harus lebih dijaga.


  1. Liburan bersama

Tidak ada salahnya di sela-sela aktivitas atau waktu weekend anda melakukan liburan ersama pasangan. Degan melakukan liburan bersama juga dapat membuat perasaan and aterhadap pasnagan akan tumbuh kembali seperti masih pacaran, dengan begitu keharmonisan diantara pasangan pun akan terjaga

  1. Menghindari KDRT

Yang namanya perselisihan atau pertengkaran di rumah tangga memang seringkali terjadi, meski begitu jika anda sedang etrslut emosi, sebaiknya untuk menahan emosi anda, dan jangan sampai yang namanya KDRT terjadi di dalam rumah tangga anda.

  1. Menjaga kualitas hubungan intim

Menjaga kualitas hubungan di ranjang tenyata bisa menjaga rumah tangga anda untuk sellau harmonis. Karena setidaknya anda harus melakukannya 1 kali dalam seminggu, hal ini juga dilakukan untuk menjaga keharmonisan hubungan anda nantinya.

Demikian penjelasan terkait bagaimana cara menjaga kerukunan dalam keluarga. Semoga bermanfaat

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Keluarga