Sponsors Link

12 Cara Mengatasi Panik Saat Melahirkan

Sponsors Link

Rasa takut dan cemas akan melahirkan merupakan hal yang sangat wajar terjadi pada para wanita. Apalagi jika saat ini adalah masa persalinan anda untuk yang pertama kali. Bukan tanpa alasan hal ini terjadi, cukup banyak faktor yang membuat calon ibu merasa takut dan khawatir mengalami masa persalinan tersebut.

ads

Bisa juga hal tersebut karena saat persalinan pertama berjalan dengan baik, dan anda malah merasa khawatir persalinan kedua mengalami masa persalinan yang tidak baik. Perlu anda ketahui, masa kehamilan merupakan masa paling indah yang hanya bisa dirasakan wanita. Rasa takut dan khawatir memang seharusnya tidak terjadi pada diri anda.

Meskipun hal tersebut sangat normal, namun setidaknya calon ibu juga harus lebih mengetahui mengenai cara mengatasi panik saat akan melahirkan. Karena persalinan tidak harus menjadi sesuatu yang membuat calon ibu takut. Perlu diingat bahwa tuhan sudah mengatur dan merancang tubuh wanita yang memang bisa melewati masa persalinan tersebut, sehingga tidak lagi ada yang harus anda takuti.

Alasan lain yang biasanya dijadikan faktor ketakutan dalam melahirkan diantaranya karena takutnya menahan rasa sakit. Melahirkan memang sangat menyakitkan, namun seharusnya tidak ada yang perlu anda khawatirkan. Karena tubuh anda tentunya bisa melewati hal tersebut. Anda juga bisa meminta berbagai tindakan pada dokter yang bisa membuat rasa sakit pada diri anda menjadi semakin berkurang. Nah cara mengatasi panik saat melahirkan, sebaiknya anda perhatikan cara-cara berikut ini.

1. Memilih Dokter yang Dapat Dipercaya.

Untuk anda yang seringkali merasa takut saat akan menjalani proses melahirkan. Sebaiknya hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih dokter atau bidan yang memang sudah sangat berpengalaman mengalami kondisi saat melahirkan. Dan tentunya dokter atau bidan tersebut pun harus benar-benar bisa anda percaya, begitu pun dengan suami dan keluarga anda.

Jangan lupa untuk selalu mendengar perkataan dokter atau bidan tersebut selama proses melahirkan, sehingga rasa takut tersebut pun bisa menjadi lebih berkurang. Tetap percaya pada apa yang mereka katakan dan jalani proses persalinan setenang dan senyaman mungkin.

2. Jangan Menutupi Rasa Takut

Memang ada saatnya ketika anda sedang akan melahirkan rasa takut dan juga cemas menghampiri secara bersamaan. Namun, ada juga yang merasa seolah-olah tidak terjadi apapun. Hal ini terjadi karena calon ibu takut dikatakan sebagai calon ibu yang lemah, tapi hal tersebut malah sebaliknya jangan anda lakukan.

Karena jika anda menutupi rasa cemas dan takut anda, ha; tersebut malah akan semakin membuat anda stress. Ada baiknya utarakan semua yang anda beban yang Anda rasakan pada suami dan juga keluarga.

3. Lakukan Relaksasi

Relaksasi dilakukan untuk mencegah ketakutan yang ibu rasakan saat proses melahirkan. Caranya bisa bermacam-macam, salah satunya mendengarkan music yang menenangkan hati. Hati yang tenang tentu akan menghilangkan rasa takut dan cemas di dalam diri ada.

Anda juga bisa melakukan olahraga yoga yang sejak awal kehamilan dapat dilakukan. Hal tersebut akan sangat membantu untuk mengatur ketenangan dan juga kenyamanan yang ada di dalam diri anda. Bayangkan juga semua akan baik-baik saja, sehingga rasa takut itu akan hilang dengan sendirinya.

4. Pahami Rasa Sakit

Rasa sakit saat melahirkan memang berbeda dengan rasa sakit yang umumnya anda sering rasakan. Seperti kita ketahui, kebanyakan wanita memang memiliki rasa takut yang cukup besar dengan proses rasa takut yang akan dialaminya. Hal ini tentu akan membuat anda merasa sangat tidak nyaman untuk merasakannya, padahal rasa sakit saat melahirkan akan membawa kebahagaian, yaitu dengan lahirnya putra atau putri yang anda kandung. Sehingga pahami rasa sakit tersebut.

5. Minta Dukungan Keluarga dan Suami.

Psikologis keluarga tentunya akan sangat membantu untuk semua proses melahirkan yang akan anda alami, anda bisa meminta dukungan suami dan juga keluarga agar bisa menghilangkan rasa takut dan juga cemas yang sedang anda alami. Dan jangan malu juga untuk mengakui bahwa anda merasa takut dengan proses ini, karena hal tersebut sangat wajar. Dengan dukungan keluarga dan suami tentunya bisa membantu anda mengatasi rasa takut dan cemas tersebut.

6. Lakukan Terapi

Terapi seperti ini mungkin bisa dilakukan pada seseorang yang rasa takutnya sudah masuk dalam kategori parah. Sebaiknya anda meminta bantuan terapi atau psikologis yang berpengalaman untuk bisa menghadapi rasa takut yang anda alami. Karena dengan ketakutan yang sangat tinggi tentunya akan semakin mempengaruhi proses persalinan yang malah dirasa semakin sulit nantinya, untuk itu jangan pernah menganggap masalah psikologis ini sebagai hal yang sepele.

Terapi juga perlu dilakukan setelah melahirkan, apabila calon ibu masih mengalami trauma pasca melahirkan. Dan ada beberapa cara mengatasi trauma berkepanjangan setelah melahirkan bagi calon ibu. Jadi jangan khawatir lagi jika calon ibu terus-menerus merasa depresi setelah melahirkan.


7. Membayangkan Kehadiran Bayi Anda.

Melahirkan adalah sebuah proses perjuangan yang sangat luar biasa. Kondisi tersebut juga bisa membawa anda pada kondisi hidup dan mati. Dimana rasa sakit yang dilalui memang cukup lama bahkan hingga belasan jam. Akan tetapi, anda juga harus bisa menghadapinya, caranya bisa dengan membayangkan betapa lucunya wajah anak anda. Hal ini dapat dijadikan prioritas utama yang harus anda pikirkan nantinya. Bayangkan kehadiran bayi yang lucu setelah semua rasa sakit tersebut. Sehingga bisa dijadikan cara menghilangkan depresi setelah melahirkan.

8. Senam Hamil

Saat sedang hamil ada beberapa jenis olahraga yang bisa anda lakukan, dan hal tersebut nantinya dapat mengontrol diri anda agar bisa jauh lebih tenang. Anda bisa melakukan enam hamil dan juga yoga pada saat masa kehamilan dan hal tersebut tentunya bisa membantu sebagai cara menghilangkan trauma saat melahikran.

9. Mengikuti Kelas Prenatal

Tidak ada salahnya ketika hamil anda mengikuti kelas prenatal, dimana bagi anda yang sudah bergabung di dalamnya bisa mendapatkan banyak ilmu mengenai cara mengatur napas, prosedur melahirkan yang tepat, mengatasi stress dan takut saat melahirkan dan juga menghilangkan rasa nyeri. Dimana hal tersebut tentu akan sangat membantu proses selama melahirkan dan juga cara mengatasi trauma saat melahirkan normal.

10. Pilih Jenis Persalinan yang Nyaman

Memiliki kesiapan mental dan fisik saat melahirkan memang sangatlah penting. Untuk menghadapinya, Anda jangan terlalu memaksakan diri, sebaiknya jika Anda merasa sudah tak sanggup melahirkan secara normal, tidak ada salahnya melakukan jenis persalinan cesar. Dimana hal tersebut juga bisa mengurangi hal-hal buruk yang bisa  terjadi selama proses melahirkan.

Anda juga bisa memilih jenis melahirkan dengan water birth. Teknik ini sudah hadir selama beberapa tahun terakhir di indonesia. Teknik melahirkan dengan berendam di air hangat ini ternyata bisa mengurangi rasa sakit dan stress saat melahirkan. Tentunya akan sangat menyenangkan jika melahirkan dengan rasa nyaman ketika berendam.

11. Percaya Diri

Percaya diri merupakan hal psikologis yang bisa membuat anda yakin dengan kemampuan diri anda. Untuk itu sebaiknya saat menghadapi proses melahirkan pun anda harus memiliki rasa percaya diri karena bisa membantu anda mengatasi rasa takut dan cemas. Anda pun bisa jauh lebih yakin bahwa diri anda bisa melakukan hal tersebut.

12. Lepaskan Semua Rasa Stress Anda

Jangan pernah takut menghadapi proses melahirkan. Anda harus meyakini bahwa semua wanita akan melalui proses yang sama dan sudah sangat banyak yang berhasil dan dapat mengatasinya dengan baik. Untuk itu perlu dilakukan pengendalian emosi yang baik.

Itulah beberapa cara mengatasi panik saat melahirkan. Semoga membantu.

Sponsors Link
, , , , , , , , , ,




Oleh :
Kategori : Fobia